Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Yang Perlu Disiapkan Saat Membuat Home Recording
#1
Home Recording tidak hanya dibuat untuk kebutuhan rekam music dan peralatan lainnya. Namun bisa juga digunakan untuk rekaman kebutuhan lainnya seperti untuk merekam suara burung, merekam suara adzan, atau bisa juga digunakan untuk merekam suara sendiri yang sedang bikin video tutorial. 

[Image: yang-perlu-disiapkan-saat-membuat-home-recording.png]


Sebenarnya tidak pakai home recordingpun tidak mengapa, namun untuk membuat kualitas suara yang lebih baik dan juga enak didengar. Membuat home recording sendiri termasuk ide yang brilliant dan ekonomis. Ya, karena menggunakan bahan seadanya saja yang penting bisa berfungsi dengan optimal.

Oke, sebelumnya apa saja sih yang perlu kita buat atau siapkan untuk menjadikan kamar atau salah satu ruangan menjadi home recording ? Berikut ulasannya :

# Komputer Recording

Teknologi rekaman sekarang tidak seprti jaman dulu menggunakan pita kaset. Sekarang eranya digital, eranya software dan file digital. Sebagai salah stu alat yang digunakan untuk merekam suara nantinya yaitu komputer. Bukan komputer khusus, namun komputer secara umum. Komputer apa saja dapat digunakan, namun kalau bisa usahakan spek nya yang lumayan. Jangan terlalu lemot, kita bisa repot sendiri nantinya.

# Software Recording (Aplikasi Untuk Rekaman)

Ada banyak aplikasi atau software yang bisa anda gunakan untuk merekam sekaligus mengedit audio. Anda bisa download versi trialnya atau anda cari yang gratisan. Silahkan dipelajari dan nanti bisa anda gunakan untuk mengolah file audio anda. Cari software yang ringan saja, sesuaikan dengan spek komputer anda. 

# Sound Card

Untuk menghasilkan suara yang bagus, anda butuh sound card tambahan. Sebenarnya perangkat ini sudah ada di komputer. Namun biasanya kualitasnya standar, bahkan rendah. So, jika anda menginginkan kualitas yang baik, belilah sound card tambahan yang cukupan untuk mendukungnya.

# Mikrofon

Menggunakan dan memilih jenis mikrofon cukup berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Ada cukup banyak jenis mikrofon di pasaran dengan berbagai Varian harga. Pilihlah yang cukup murah namun sensitive dan tidak terlalu banyak noise. Hal ini nantinya berhubungan dengan kesulitan anda dalam mengolah audio hasil rekaman melalui software.

# Ruangan Kedap Suara

Tidak perlu studio, anda cukup mengganjal lobang – lobang udara di kamar anda dengan gabus atau yang dapat mencegah udara masuk ke ruangan anda. Dengan begitu rambatan suara dari luar cukup bisa dikurangi. Karena suara yang masuk, dibawa atau dirambatkan oleh udara yang masuk ke kamar kita.
 

Best Regrads | Distributor Nasa
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise