Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Pahami 3 Ciri Nyeri Pinggang karena Saraf Kejepit
Setiap orang dewasa umumnya pernah merasakan nyeri pinggang. Namun, tidak semua nyeri pinggang disebabkan karena saraf kejepit.
#1
[Image: trauma-pada-cakram-tulang-belakang.jpg?ssl=1&w=450http:]
Setiap orang dewasa umumnya pernah merasakan nyeri pinggang. Namun, tidak semua nyeri pinggang disebabkan karena saraf kejepit. Nyeri pinggang biasa umumnya disebabkan karena kekakuan otot dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Untuk mengetahui adanya indikasi saraf kejepit atau herniated nucleus pulposus (HNP) dibutuhkan pemeriksaan dan evaluasi mendalam. Tapi, setidaknya ada tiga ciri yang bisa menjadi pertanda saraf kejepit.

Orang dengan HNP biasanya punya ciri khas, merasakan nyeri pinggang saat melakukan aktivitas tertentu, rasa nyeri juga menjalar dari pinggang ke kaki, ataupun rasa nyeri pada lutut. Kalau nyeri pinggang biasa cepat sembuhnya, tapi kalau HNP nyerinya akan bertahan lama.

Ketika mulai merasakan tanda-tanda tersebut, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter. Karena jika tak segera mendapat pengobatan yang tepat, tentu akan mengganggu aktivitas dan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Saraf kejepit terjadi akibat tekanan di bagian saraf, terutama di bagian pinggang atau leher. Tekanan inilah menyebabkan penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang sehingga menekan saraf.

Pengobatan saraf kejepit tidak selalu dengan operasi. Bisa dilakukan terapi konservatif (tidur di atas matras keras, fisioterapi, olahraga), pemberian obat nyeri, pemberian obat melalui suntikan, radiofrekuensi, dan teknologi laser.

Harus diakui, orang Indonesia itu takut sekali operasi. Kalau masih ada pilihan lain, pasti akan memilih yang lain. Sekarang sudah ada percutaneous laser disc decompression yang menurut ahli lebih efektif dari radiofrekuensi.

Terapi laser tersebut bisa dilakukan bila nyeri pinggang sudah menjalar ke kaki, refleks tendon menurun, gagal terapi konservatif selama 6 minggu, ataupun pada pasien HNP di atas usia 50 tahun.

Reply
#2
Sakit punggung rasanya sakit bgt. Rasanya seperti ada orang yg tusuk kamu di punggung. Kamu ngga bisa berdiri tegak atau berbaring terlentang. Orang2 harus segera ke dokter kalo kena penyakit ini supaya tau masalahnya di mana. Jangan dianggap remeh loh.

Reply
#3
Nyeri punggung biasanya karena angkat beban berat terlalu cepat atau terlalu cepat bergerak. Orang ini kayaknya juga kena nyeri punggung ya soalnya kebanyakan angkat beban. Kalo diurut sebenarnya bisa cepat ilang nyerinya.

Reply
#4
Sakit punggung rasanya ngga enak banget. Coba deh olahraga peregangan otot seperti yoga, misalnya. Tapi lebih baik pergi ke dokter dulu dan ikuti petunjuknya kalo sakit punggungnya ngga sembuh2.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise