Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Obat Tradisional Tetap Aman
#1
Perkembangan ilmu kedokteran barat rupanya lebih pesat sehingga obat tradisional sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan ditambah lagi dengan banyaknya obat herbal palsu yang beredar membuat kita ragu dan khawatir untuk mengkonsumsi. Padahal Indonesia itu sangat kaya raya akan tanaman obat dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak jaman dahulu.

Menurut Badan POM, obat herbal yang berasal dari tanaman, dikelompokkan menjadi tiga bagian :

  1. JAMU Yang dikelompokkan sebagai jamu adalah ramuan herbal yang biasanya merupakan warisan budaya turun temurun dan belum pernah dilakukan uji pra klinis maupun klinis. Biasanya merupakan hasil produksi rumahan
  2. HERBAL TERSTANDAR Merupakan obat herbal yang sudah dilakukan uji, tetapi baru pada tahap pra klinis (uji pada hewan), belum dilakukan uji klinis pada manusia. Saat ini sudah banyak perusahaan jamu dan farmasi yang melakukan uji pra klinis ini.
  3. FITOFARMAKA Obat herbal kelompok ini telah melalui tahapan uji pra klinis dan uji klinis.
Dalam mengkonsumsi obat herbal memang sebaiknya memperhatikan beberapa hal untuk mencegah kita dari akibat buruk atau kerugian yang tidak diinginkan. Masalah mendasar yang kita hadapi adalah belum adanya uji coba, baik pra klinis ataupun klinis pada sebagian besar jamu-jamuan yang beredar luas, terlebih jamu-jamuan yang diproduksi sebagai home industry.

Dari tiga kelompok tersebut di atas, pilihan paling aman adalah nomor 3, fitofarmaka. Jamu fitofarmaka biasanya diproduksi oleh perusahaan jamu yang sudah cukup berpengalaman.

Sumber: Persepsi negatif obat tradisional sudah saatnya diubah

#2
kalau saya lebih suka jamunya





Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id