Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mitos atau Bukti Mengenai Dongkel Tenaga Motor Harian Gunakan Knalpot Racing?
#1
Pernah kamu lihat, belakangan ini di jalan raya seringkali kelihatan motor standard memakai knalpot racing. Tidak didapati tujuan serta arah pemilik motor yang berubah dari knalpot bawaan pabrikan ke knalpot racing, mungkin untuk bergaya atau yang lain. Jelas cuma terdengar suaranya yang bising saja. 

Ya, satu diantara langkah buat beberapa pemotor untuk tingkatkan perform tunggangan ialah mengubah knalpot motor standard dengan knalpot aftermarket atau biasa diketahui dengan knalpot racing. Apakah benar dapat dongkel tenaga motor harian gunakan knalpot racing atau cuma mitos? Baca artikel ini.

1. Makin banyak dampak negatifnya

Diambil dari lamannya, menurut Konsultan Mesin Motor PT Bintang Niaga Jaya, Andriyanto, menjelaskan jika sebetulnya pemakaian knalpot racing pada motor standard tidak dianjurkan. Ada beberapa dampak jelek yang diakibatkan bila memakai knalpot racing.

Pemakaian knalpot racing pada motor standard sebetulnya tidak direferensikan, sebab dampak positifnya sedikit. Justru makin banyak dampak negatif khususnya permasalahan suara bising yang buat jengkel tetangga.

Baca Juga : Oli Motor Terbaik Paling Recommended Saat Ini

2. Ditambah lagi mesin motornya masih standard, semakin banyak dampak jeleknya untuk motor

Andriyanto memberikan tambahan jika dampak itu akan makin jelek serta banyak jika pemakaian knalpot racing masih dipaksakan pada motor dengan mesin standard. Karena, pemakaian knalpot free flow memerlukan kombinasi bensin yang makin banyak supaya tenaga mesin lebih baik sedang pada motor yang masih standard saluran bahan bakar telah ditata demikian rupa untuk knalpot standard.

Akhirnya umumnya dengan knalpot racing mesin bisa saja bertambah cepat panas, sebab pembakaran kering.

3. Bila dipaksakan, justru mengakibatkan kerusakan mesin

Jika ini dibiarkan pasti percepat keausan pada elemen mesin. Hasilnya, mesin bisa ‘ngelitik’ sebab pada suhu panas sebab berlangsung pemuaian. Hingga sela klep bisa menjadi lebih longgar serta mesin semakin lebih ‘ngelitik’.

Oleh karenanya bila kamu ingin memakai knalpot racing, minimal kamu harus lakukan beberapa modifikasi pada mesin, misalnya dikerjakan porting polish. Sela klep dirubah setelannya serta spuyer diperbesar.

4. Knalpot racing buat semakin boros

Dengan demikian tenaga yang dibuat motor semakin lebih baik, serta tentu saja yang perlu direlakan ialah penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.

Sebaik apa saja knalpotnya masih ada resikonya jika mesin serta aliran bahan bakar masih standard, jadi jika ingin perform lebih baik seharusnya modif sedikit mesinnya agar tidak mubadzir beli knalpotnya.

5. Jadi target Polisi

Knalpot racing keluarkan suara yang berisik serta mengganggu ketenangan beberapa orang. Oleh karenanya banyak yang mempermasalahkan tentang kehadiran serta otoritas motor yang berisik itu. Kemungkinan banyak yang belum mengetahui jika tingkat keributan kendaraan bermotor sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Lingkungan Hidup no. 7 tahun 2009.

Dalam lampiran II ketentuan itu ada tabel yang tunjukkan jika sepeda motor dengan mesin memiliki volume sampai 80cc punya tingkat batas keributan 77dB. Motor dengan mesin 80cc-175 cc tingkat batas kebisingannya 80dB, sesaat di atas 175cc ialah 83dB.

Melihat ketentuan itu jadi harusnya motor yang memakai knalpot racing tetapi tidak berisik bisa berkeliaran di jalanan serta tak perlu takut untuk ditilang polisi. Serta telah lama ada alat untuk menahan keributan knalpot racing yang disebutkan DB Killer.

Tetapi, bila motor itu didapati memakai knalpot yang bukan bawaan dari pabriknya serta bising, jadi kemungkinan akan ditilang.

Jadi, masih ingin bikin ubah knalpot?

Mencari Info Lomba Blog Hanya di Masirwin Blog - Oli Motor Terbaik
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id