Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Manfaat Hobi Memancing
#1
Waduh... menurut sebagian orang ada yang menganggap bahwa memancing itu merupakan kegiatan pemalas yang menghabiskan uang, cuma duduk-duduk saja, buang waktu dan sebagainya. Bagi yang hobi mancing, jangan tersinggung, yah? Itu menurut orang yang nggak pernah mancing.

Tapi ada benarnya sih... Sebagian besar kegiatan memancing harus duduk lama di pinggir sungai, danau, atau laut, menunggu umpan disambar ikan. Apalagi kalau dibandingkan dengan hasil tangkapan dengan pengeluaran memang sepertinya tak sebanding. Namun yang namanya hobi, terkadang mengalahkan semuanya. Namun dibalik itu, ada beberapa manfaat dibalik kegiatan memancing tersebut. Apa saja itu? 

[Image: df8f90c50ebf4da7b9075f40ad1deb14.jpg]


Manfaat Hobi Memancing

Berikut penjelasan  singkat yang ditulis ulang dari artikel Hobi Memancing Yang terlupakan

Memancing itu menyenangkan. Hore aku dapat ikan...  Ungkapan itu mungkin akan muncul saat umpan disambar ikan setelah beberapa saat menunggu. Pengalaman perjuangan menarik dan mengangkat ikan dengan aman agar tidak lepas lagi. Ketrampilan yang membuahkan kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Bagaimana jika orang merasa senang?

Melatih kesabaran. Jika ikan masih kenyang atau memang bukan jalur ikan yang ramai, memancing membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan bisa berjam-jam menunggu umpan disambar ikan. Jika gagal akhirnya mencoba dan mencoba kembali berusaha mendapat ikan. Hal ini bisa menjadi seperti terapi kesabaran dalam sebuah usaha meraih sesuatu. Apalagi jika memancing di terapkan sebagai sebuah permainan yang dapat melatih kesabaran dan konsentrasi pada anak-anak.

Melatih konsentrasi. Jika kita melempar umpan sembarangan bisa-bisa kena orang lain atau nyangkut ditempat lain. Untuk itu ketika akan melempar umpan, pemancing akan berkonsentrasi/berfokus arah tujuan lemparan. Setelah umpan terlempar, pemancing harus berkonsentrasi terhadap kailnya karena sulit diketahui kapan ikan akan menyambar umpan. Jika umpan disambar harus berkonsentrasi bagaimana menarik dan mengangkat ikan yang melakukan perlawanan.

Mendapat teman baru. Biasanya para pemancing akan sering bertemu dengan pemancing lainnya. Bagi pemancing pemula jangan terkejut jika suatu saat banyak orang berkumpul untuk memancing, terutama di hari libur atau ada event atau lomba mancing. Nah, biasanya pemancing akan senang diajak ngomong soal ikan, jadi dapat teman baru deh.

Mancing itu sehat. Benar memang memancing itu banyak duduknya, apalagi ikannya kenyang. Tapi nggak duduk terus loh... Memancing memerlukan aktivitas fisik seperti melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktivitas fisik lainnya. Maka memancing dapat dikategorikan sebagai olah raga yang tentunya baik untuk kesehatan.

Manfaat hobi memancing lain. Ada yang mengatakan memancing dapat mengobati stress, padahal jika seharian umpan nggak disambar ikan malah bisa menimbulkan stres. Namun bagi yang hobi mancing itu dapat menghilangkan kejenuhan pikiran, mengurangi perasaan bosan dari aktivitas sehari-hari dan Refreshing meski pulang nggak bawa ikan. 

Jika anda tahu manfaat lain, silahkan ditambah...
Mancing mania MANTAP!
#2
ane kadang suka mancing, cari spot gratisan. Big Grin
terasa lebih mantap tarikannya kalo gratis. Wkwk.. Kalo spot bayar rada puyeng pas angkut joran...
#3
(14 April 2015, 02:04 AM)deirkova Wrote: ane kadang suka mancing, cari spot gratisan. Big Grin
terasa lebih mantap tarikannya kalo gratis. Wkwk.. Kalo spot bayar rada puyeng pas angkut joran...

kalau spot bayar menurut saya sih beli ikan... Big Grin
#4
Iya juga ya, untun sekitaran rumah ane masih ada sedikit spot gratis. Kadang di kali juga ane jabanin. Lumayan ikan mujaer, lele sama betok bro. Dagingnya gurih. Umpan cuma cacing Big Grin
#5
Kalo ane biasa mancing dilaut, selain bisa untuk santai juga bisa mendapatkan teman-teman baru.. Biasanya berlanjut dengan ajang ngumpul diwarung kopi sambil ngobrol seputar dunia memancing Big Grin
#6
@adheen sekarang laut di dekat rumah nggak ada ikannya. Jangankan mancing, yg njaring aja kdng gak ada hasil. Kalo ke tengah sih lumayan, cuma mabok laut itu yg bikin males...
#7
kalau mancingnya ingin cepat dapet banyak dan langsung pulang ya mancing ditempat pemancingan, tapi gak gratissssssssssssssss
#8
(27 April 2016, 11:57 AM)putri11 Wrote: kalau mancingnya ingin cepat dapet banyak dan langsung pulang ya mancing ditempat pemancingan, tapi gak gratissssssssssssssss

sekitar pulau menjangan, banyak ikannya tuh....
Dulu seringnya di Meneng.....




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by