Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Kenapa banyak produk barang dijual dengan harga akhiran 900 rupiah?
#1
Penggunaan angka akhiran 9, dalam sebuah produk, dianggap akan menimbulkan efek harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga yang telah dibulatkan. Pernyataan itu dikemukakan oleh Thomas dan Morwitz melalui riset mereka yang diberi nama Left Digit Effect.

Selain disebut Left Digit Effect, trik marketing ini selalu dianggap sebagai Charm Pricing karena penggunaan angka akhiran .900 dinilai selalu menjadi daya tarik bagi pelanggan. Khususnya, untuk ibu-ibu yang sedang berbelanja kebutuhan perayaan hari-hari besar.

Singkatnya, Charm Pricing dilakukan dengan cara mengurangi satu digit angka di sebelah kanan. Contohnya, penjual lebih suka mengganti harga Rp. 200.000 dengan Rp. 199.900 karena pelanggan merasa harga tersebut lebih murah dibandingkan harga yang bulat.

Pertanyaan selanjutnya muncul. Kenapa selalu menggunakan angka 9 padahal masih banyak angka lainnya? Angka itu diambil lewat sebuah riset dari University of Chicago. Mereka menjual tiga baju dengan harga $33, $49 dan $56. Yang terjual paling banyak adalah angka dengan akhiran 9.


Masih penasaran dengan kelanjutan kisan dari penggunaan harga berakhiran .900 rupiah ini? Baca di sumber artikel di bawah ini ya gan!

Sumber Artikel: Klik Disini.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id