Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Dominasi Center Sebagai Scorer dan Shoot Blocker
#1
Center merupakan pemain yang memiliki tubuh paling tinggi di tim, dan center biasanya memiliki peran dalam permainan bola-bola atas seperti rebounding dan rim protection. Di era 80-an peran pemain Center sangat kuat dimainkan oleh Kareem Abdul-Jabbar Bersama Los Angeles Lakers, kemudian di era 90an kita mengenal Hakeem Ollajuwon Bersama Houston Rockets yang juga memenangkan championship berkat peran vitalnya. Di era sekarang, jika melihat Nikola Jokic, Joel Embiid dan Karl-Anthony Towns memainkan peran center dengan sangat baik dan berbeda dari center klasik.

Center pada dasarnya pemain bernomor 5 dalam permainan bola basket, dan memiliki area operasi di bawah ring basket. Dalam permainan offensive, center juga akan melakukan duel dengan center lainnya untuk berebut bola. Selain sebagai finisher dan blocker, center juga perlu memiliki kemampuan passing yang baik sehingga dapat menciptakan assist untuk pemain lain yang tak terkawal.

Berikut beberapa peran dan tugas Center dalam permainan bola basket:
1. Rebound: Sama halnya seperti Power Forward, Center merupakan rebounder utama di tim karena memiliki standing reach, wingspan, dan tinggi yang melebihi pemain lainnya. Biasanya daerah operasinya persis dibelakang pemain power forward untuk serangan vertikal dan disamping PF untuk serangan wing/horizontal. Kemampuan rebounding center harus bagus untuk menghindari tim dari kekalahan akibat terlalu mudah ditembus.
2. Rim protector: Center memiliki bentang tangan yang paling Panjang dan seharusnya menjadi andalan bagi tim untuk mengantisipasi serangan post-up lawan ataupun percobaan dunk. Center juga dapat memanfaatkan fisiknya untuk memblok lay-up pemain lawan.
3. Pick-and-Roll: Center menjadi andalan saat tim menggunakan strategi PNR, dengan badan yang besar dan tinggi maka center dapat menghambat pemain lawan yang mencoba menutup posisi shooting pemain lain, atau bisa juga melakukan Gerakan untuk memecah pola defensive lawan. Center yang memiliki passing yang bagus juga diharapkan mampu membuat pemain lawan mendapatkan suplai untuk melakukan shooting.
Itulah tiga peran utama Center dalam permainan bola basket, akan sangat lebih bagus lagi jika Center juga mampu melakukan shooting 3-point sehingga akan lebih banyak opsi serangan yang bisa dibangun oleh suatu tim.

Reply




Users browsing this thread: 3 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise