Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Competency Management System dan Manfaatnya untuk Perusahaan
#1
[Image: penyebabgagalinteriew.jpg]

Competency management system atau sistem manajemen kompetensi berperan penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan maupun karyawan sendiri. Dengan pengelolaan yang tepat oleh tim HR, kompetensi karyawan akan lebih terarah dan terukur sesuai keterampilan dan keahlian masing – masing yang dibutuhkan karyawan.
Lalu, apa sebenarnya competency management system dan apa manfaatnya bagi perusahaan? Simak terus ulasan berikut.

Pengertian Competency Management System
Sistem manajemen kompetensi atau competency management system merupakan metode pengkategorian dan pelacakan kualifikasi sehingga karyawan nantinya  bisa lebih kompeten dan memiliki keahlian yang terasah. 
Kompetensi atau kemampuan ini bisa dalam bentuk apa saja. Termasuk keterampilan menggunakan software tertentu, keterampilan berbahasa asing, hingga soft skill seperti keterampilan komunikasi, bersosialisasi dan masih banyak lagi. Perusahaan perlu menerapkan software atau perangkat lunak khusus untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki para karyawan.
Dengan mengoperasikan perangkat lunak atau software competency management system, perusahaan akan lebih mudah dalam menetapkan, menilai, atau melacak keterampilan karyawan. 
Selain itu,  perusahaan juga bisa mendapatkan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan - pekerjaan selama perusahaan beroperasional. Oleh karena itu, perusahaan dapat mendeteksi peran kunci yang dapat memicu kinerja mereka untuk mencapai tujuan bisnis.


Manfaat Competency Management System Bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat potensial ketika perusahaan Anda menerapkan sistem manajemen kompetensi atau competency management system. Tidak heran bahwa semakin banyak perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak atau software competency management system tertentu. 
Competency management system yang ideal akan mampu mengidentifikasi keterampilan sumber daya atau karyawan dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa manfaat competency management system bagi perusahaan:

1. Pengembangan
Karyawan akan tahu persis apa yang mereka kuasai dan tidak mereka kuasai atau istilahnya karyawan bisa mengenal kekurangan dan kelebihan masing - masing. Jika perusahaan menerapkan competency management system dengan benar, hal ini akan memicu karyawan untuk semakin meningkatkan keterampilan mereka sehingga karyawan bisa memenuhi target kerja dari perusahaan. 
Selanjutnya, karyawan akan mendapatkan wawasan tentang apa yang mereka harus lakukan dan dapat membantu kedua pihak, baik karyawan maupun perusahaan sama- sama tumbuh secara mengesankan.

2. Pembelajaran
Jika terdapat kesenjangan kompetensi atau keterampilan karyawan yang terlihat jelas, ini saatnya tim HR perlu memberi karyawan pelatihan yang tepat. Dengan memanfaatkan competency management system ini secara efisien, baik karyawan maupun perusahaan akan mengetahui program apa yang sebenarnya mereka butuhkan. 
Karyawan yang berkualitas dan terlatih sangat bagus untuk perusahaan. Oleh karena itu, mempertimbangkan pelatihan terbaik yang mereka butuhkan adalah sebuah keharusan.

3. Perencanaan Tenaga Kerja
Manajemen kompetensi atau competency management system memungkinkan tim HR untuk melakukan perencanaan tenaga kerja di perusahaan Anda menjadi lebih baik dan lebih efisien. 
Dengan melacak dan mengelola segala sesuatu dalam satu competency management system, Anda dapat melihat ke berbagai aspek, menganalisis proyek dengan cermat, dan menetapkan karyawan terbaik Anda berdasarkan kompetensi mereka. Competency management system juga memungkinkan Anda untuk menyelesaikan proses dengan cepat menggunakan software yang hanya perlu beberapa klik.
Fungsi Competency Management System Untuk Perusahaan
  • Memastikan bahwa pelatihan yang didanai perusahaan dapat berlangsung secara  produktif, tepat sasaran dan efisien biaya.Memungkinkan karyawan untuk mencapai tingkat kompetensi yang tinggi secara efisien.Meningkatkan komunikasi antara karyawan dan manajemen.Meningkatkan mobilitas karyawan internal, menyediakan skala kemampuan yang lebih besar bagi perusahaan sesuai kebutuhanMenetapkan kerangka kerja untuk umpan balik konstruktif oleh manajemen pada pelatihan terjadwal dan penilaian kinerja rutin.Memperjelas standar pekerjaan untuk penilaian kinerja.Mendukung pengembangan karyawan dan jalur promosi dalam perusahaan.
Itulah penjelasan mengenai competency management dan manfaat nya untuk perusahaan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat

Reply
#2
Saya akui ekspresi2 baru ini kalo dalam bahasa HR agak membingungkan. Ya seharusnya para pegawai terus mengasah skillnya dan ini seharusnya proses berkelanjutan. Apakah ini yg dimaksud manajemen kompetensi atau saya yang gagal faham?

Reply
#3
Menurut saya perusahaan seharusnya nyari orang2 yg punya skill spesifik yg pentung buat bisnis perusahaan itu. Tapi, semua skill bisa dipelajari. Perusahaan mungkin bakal keluar duit, tapi saya liat lebih banyak manfaatnya buat bisnis.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise