Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Apa itu Ultrasonic Cleaner?
#1
[/url][url=http://alat-ukur-indonesia.com/kategori-produk/alat-pembersih-ultrasonik/]Ultrasonic Cleaner adalah sebuah alat yang berguna untuk membersihkan gelombang ultrasonik pada suatu benda secara tepat dan cepat. Pada dunia kedokteran alat ini berfungsi untuk membersihkan atau mensterilkan peralatan hingga komponen yang terkecil. Selain itu, alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencuci jenis perhiasan, supaya terlihat bersih dan mengkilap.
[Image: digital-ultrasonic-cleaner-amtast-ce5600a.jpg]
Gelombang ultrasonik dapat menggunakan air biasa, namun tidak akan se-efektif ketika ditambah solvent khusus yang akan membuat efek yang lebih maksimal. Proses pembersihan pada ultrasonic cleaner sekitar 3 hingga 6 menit. Dengan pesatnya perkembangan pada alat pengukur dan tester sekarang alat ini sudah banyak dijual di berbagai media baik media online maupun media offline.

Pembersihan ultrasonik ini dilakukan dengan gelombang kavitasi yang diinduksikan dengan tekanan frekuensi yang tinggi. Proses agitasi akan menyebabkan tekanan besar pada objek yang melekat seperti gelas, karet, keramik dan plastik. Tekanan akan masuk melalui lubang objek di atas.

Tujuan sebenarnya yaitu melakukan pembersihan dari segala kontaminasi yang terdapat pada benda padat. Cairan pembersihnya juga berbeda, tergantung dengan jenis kontaminasinya. Kontaminan ini dapat berupa debu, jamur, bakteri dan masih banyak lagi.

Pembersih ultrasonik ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai ukuran, jenis dan juga material alat bantu, serta tidak perlu memisahkan bagian-bagiannya saat dibersihkan. Sampel tidak boleh diletakan pada kondisi bawah alat pada saat proses pembersihan, karena dapat mencegah proses kavitasi pada sampel tersebut tidak terkena cairan atau air. Oleh karena itu dibutuhkan alat untuk menahan sampel diatas bagian bawah.

Saat mendapatkan sistem ultrasonik dengan jumlah frekuensi antara 20 sampai 950 kHz, dan dapat dipilih berdasar pekerjaan, jenis dari kontaminan alat yang akan dibersihkan serta tingkat kebersihannya yang akan dicapai.

Standar frekuensi saat pembersihan:
  • Frekuensi yang paling umum digunakan untuk pembersihan berat pada mesin logam berat, tanah yang sangat berminyak berkisar 20-40 kHz.
  • Frekuensi yang dipakai sebagai pembersihan umum dari mesin optik dan sangat baik untuk membersihkan partikel kecil berkisar 4-70kHz.
  • Frekuensi yang digunakan untuk pembersihan ringan secara ultra dari optik, semikonduktor dan disk drive bernilai 70-200 kHz.
Layanan jasa belanja secara online melalui Jual Sayuran Purwokerto - Jual Bahan Masakan Purwokerto -
catering purwokerto
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by