Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Penggemukan Sapi
#1
Cara Menggemukan Sapi Bali

Di Pulau Bali jenis sapi ini bukan hanya dimanfaatkan untuk produksi daging saja, tapi dimanfaatkan juga untuk membajak disawah, menarik gerobak, dan sebagai sumber pupuk alami pertanian lewat kotorannya. Selain itu juga sapi jenis ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat hindu di Bali untuk upacara keagamaan sebagai lambang pembersihan. Populasi sapi ini di Indonesia sangat baik karena masih banyak yang membudidaya sapi bali terutama di wilayah asalnya yaitu Bali.

Banyak sekali pembudidaya sapi potong membudidayakan jenis sapi bali, hal ini karena sapi bali memiliki tulang yang kecil namun memiliki daging yang begitu tebal. Daging sapi bali memiliki tingkat persentase yang lebih jika dibandingkan dengan sapi jenis lain contohnya sapi jawa.

Sapi bali merupakan hewan asli Indonesia yang dahulunnya seekor banteng yang mengalami beberapa perubahan karena pengaruh persilangan dengan jenis sapi lain. Ciri-ciri sapi bali percis seperti Banteng dengan memiliki ciri untuk sapi jantan memiliki warna hitam sedangkan sapi betina berwarna sawo matang kemerah-merahan.

Pemilihan Bakalan Sapi Bali

Memilih bakalan sapi bali haruslah jeli karena banyak sekali jenis sapi yang memiliki tubuh yang kurang sehat ataupun cacat. Pastikan kuku sapi tidak panas saat Anda raba, selain itu juga pilihlah sapi yang tidak mempunyai permasalahan pada duburnya.

Kandang untuk Keraman Sapi Bali

Pastikan kandang sapi telah dibuat atau telah diperbaiki sebelum membeli bakalan sapi. Buatlah kandang satu kandang satu sapi walaupun dengan ukuran yang minim, hal ini agar tidak terjadi persaingan antara sapi satu dengan yang lainnya. Selain itu carilah tempat yang tidak dekat dengan pemukiman, namun bisa dijangkau dengan baik sehingga proses penggemukan tidak ada kendala.

Pemberian Pakan Sapi Bali

Dalam proses penggemukan harus memperhatiakan kualitas pakan sangat penting sekali agar pertumbuhan sapi tepat sasaran. Yang kedua pakan olahan atau konnsentrat seperti bekatul, gaplek, ataupun obat konsentrat khusus penguat sapi.

Tahap Panen

Ciri-ciri sapi bali percis seperti Banteng dengan memiliki ciri untuk sapi jantan memiliki warna hitam sedangkan sapi betina berwarna sawo matang kemerah-merahan.

Banyak sekali pembudidaya sapi potong membudidayakan jenis sapi bali, hal ini karena sapi bali memiliki tulang yang kecil namun memiliki daging yang begitu tebal. Daging sapi bali memiliki tingkat persentase yang lebih jika dibandingkan dengan sapi jenis lain contohnya sapi jawa. Memilih bakalan sapi bali haruslah jeli karena banyak sekali jenis sapi yang memiliki tubuh yang kurang sehat ataupun cacat. Buatlah kandang satu kandang satu sapi walaupun dengan ukuran yang minim, hal ini agar tidak terjadi persaingan antara sapi satu dengan yang lainnya.

Panen sapi bali sama halnya dengan sapi lainnya yaitu very little 6 bulan, namun jika belum 6 bulan sesuai intended bisa menambah waktu penggemukan agar bobot sapi sesuai intended yang diharapkan. Permintaan akan daging sapi setiap harinya selalu meningkat, penggemukan sapi bali merupakan salah satu solusi untuk membantu pasokan daging sapi di pasaran.

#2
6 bulan lama juga ya Big Grin

Seorang blogger newbie




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise