Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Sejarah Ejaan Bahasa Indonesia
#1
Bahasa Indonesia telah mengunakan beberapa kali ejaan yang mengalami perubahan dan perkembangan. Saat ini ejaan bahasa Indonesia yang belaku adalah Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Berikut sejarah ejaan Bahasa Indonesia yang dikutip dari blog Padamu Negeri

1. Ejaan Van Ophuysen (1901-1947)

Ejaan ini merupakan pengembangan ejaan bahasa Melayu dengan menggunakan huruf latin yang dilakukan oleh Prof. Charles van Ophuijsen ahli bahasa berkebangsaan Belanda dibantu oleh Engku Nawawi gelar Sutan Makmur dan Moh. Taib Sultan Ibrahim.

2. Ejaan Republik 1947-1972

Ejaan Republik diresmikan pada tanggal 19 maret 1947 menggantikan ejaan Van Ophuysen. Ejaan ini dikenal juga dengan nama Ejaan Soewandi yang menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

3. Ejaan Pembaharuan (1957)

Ejaan pembaharuan  direncanakan untuk memperbaharui Ejaan Republik. Penyusunan itu dilakukan oleh Panitia Pembaharuan Ejaan Bahasa Indonesia pada tahun 1957 oleh Profesor Prijono dan E. Katoppo. Namun, hasil kerja panitia itu tidak pernah diumumkan secara resmi sehingga ejaan itu pun belum pernah diberlakukan.

4. Ejaan Melindo -Melayu Indonesia (1959)

Ejaan Melindo sebagai hasil usaha penyatuan sistem ejaan dengan huruf Latin di Indonesia dan Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1959. Akan tetapi karena terjadi masalah politik antara Indonesia dan Malaysia selama bertahun-tahun akhirnya peresmian ejaan ini tidak dilaksanakan.

5. Ejaan Baru atau Ejaan LBK (1967)

Ejaan Baru (Ejaan LBK) sebagai pengembangan ejaan Melindo yang tidak ada kepastian. Pada ejaan ini sudah banyak perubahan ejaan yang disempurnakan, hampir tidak ada perbedaan antara ejaan Baru dengan EYD, kecuali pada rincian kaidah-kaidahnya.

6. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan – EYD (1972 – Sekarang)

Ejaan ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1972 berdasarkan putusan presiden No. 57 tahun 1972 oleh presiden Republik Indonesia Suharto, untuk menggantikan ejaan Republik (ejaan Suwandi) dan digunakan hingga saat ini.

Sumber asli: Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia


Idea

#2
ini apa ya gan ane gak tau

Angkasa Bali Distributor Peralatan Kantor Furniture No 1
http://www.angkasakantor.com/ http://peralatankantorbali.blogspot.com/

 
#3
paham dah sekarang





Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise