Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mau ekspor import lancar dan aman? Kuasai Incoterm
Incoterm merupakan kumpulan istilah yang digunakan untuk transaksi internasional. Apa saja yang dibutuhkan untuk hal itu?
#1
Photo 
Sumber: Pengertian incoterm dan perannya bagi usaha Anda

Ada banyak istilah yang harus diketahui dalam perdagangan internasional, salah satunya adalah incoterm. Dengan mengetahui hal tersebut, persepsi setiap orang dapat disamakan dan tidak ada perbedaan pendapat.

Incoterm berkaitan dengan ketentuan yang telah ditetapkan secara internasional untuk ekspor atau impor. Anda bisa mengeceknya lewat penjelasan serta hal-hal yang perlu diketahui dan berkaitan dengan incoterm di bawah ini.

Defisini incoterm dan penjelasannya
Incoterm (International commercial terms) adalah sekumpulan istilah penting yang dibuat untuk perdagangan internasional (ekspor dan impor) oleh Chamber of Commerce (ICC) di Paris.  Saat ini, incoterms 2010 merupakan versi terbaru dan digunakan hingga sekarang.

Versi tersebut merupakan penyempurnaan dari versi 2000 dengan 11 istilah. Sebelumnya, ada 13 istilah yang disederhanakan menjadi 11 istilah saja serta diterjemahkan kedalam 31 bahasa lain sebagai terjemahan resmi.

Untuk procurement, istilah ini penting untuk diketahui departemen pengadaan atau divisi ekspor atau impor. Dengan mengetahui hal tersebut, proses ekspor atau impor dapat berjalan lancar tanpa masalah yang dihadapi.
Apa saja isi incoterm?
Incoterm berisi istilah dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh penjual dan pembeli. Isi dari ketentuan tersebut mengatur tanggung jawab yang harus dijalankan baik oleh si pembeli atau penjual berdasarkan faktor-faktor berikut:
  • Pembagian resiko
  • Biaya pengiriman barang
  • Tanggung jawab atas barang saat dikirim
Berdasarkan 3 faktor tersebut, incoterm mengatur akan tanggung jawab yang harus ditanggung oleh pembeli atau penjual.

Jenis-jenis incoterm
Seperti yang telah disebutkan diatas, incoterm terbagi kedalam 11 istilah beserta tanggung jawab yang harus dilakukan baik oleh pembeli maupun penjual seperti yang bisa Anda lihat lewat link dibawah ini

Sumber: Pengertian incoterm dan perannya bagi usaha Anda

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise