Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda yang Baik untuk Diterapkan
#1
Untuk menghadapi masa depan yang serba penuh tantangan, melakukan perencanaan dengan sebaik mungkin menjadi salah cara yang bisa dilakukan. Dengan melakukan perencanaan, diharapkan apa yang menjadi tujuan di masa depan bisa terealisasikan dengan baik. Sama seperti keuangan dalam suatu keluarga, dimana juga harus dibuat perencanaan dari jauh-jauh hari agar ke depannya tidak akan mengalami kendala. Bagi yang baru menikah, tentu kebutuhan yang harus dipenuhi belum terlalu banyak. Namun jika menerawang beberapa tahun ke depan, pastinya akan ada beberapa impian yang ingin diwujudkan dan membutuhkan perencanaan keuangan keluarga yang baik.
 
Karena setelah menikah, biasanya kebutuhan yang harus dipenuhi akan semakin bertambah dari hari ke hari. Seperti biaya kehamilan hingga melahirkan, biaya mengasuh anak, biaya membeli rumah, biaya membeli kendaraan, tabungan pendidikan anak, dan masih banyak lagi. Bagi pasangan yang baru menikah atau keluarga muda, tentunya pengaturan keuangan yang dilakukan akan sangat berbeda dengan ketika masih single. Karena kini Anda hidup bersama pasangan dan perlu bekerjasama terkait keuangan dengan baik. Proses adaptasi tentunya memang diperlukan mengingat menyatukan dua kepala yang berbeda pikiran. Mengingat keuangan merupakan hal yang krusial bagi masa depan dan bisa berdampak pada aspek kehidupan lainnya jika tidak dihadapi dengan bijak, maka perlu langkah-langkah jitu yang mesti dilakukan.
 
Nah, berikut ini ada beberapa tips perencanaan keuangan bagi keluarga muda yang bisa Anda lakukan agar tidak salah langkah, yaitu:
 
1.      Komunikasikan dengan baik dan terbuka terkait keuangan bersama pasangan.
2.      Membuat tabungan bersama sebagai bagian dari upaya mempersiapkan masa depan.
3.      Mencatat pengeluaran setiap bulannya.
4.      Buat kesepakatan bersama mengenai gaji siapa yang akan digunakan sebagai pengeluaran untuk beberapa jenis kebutuhan, misalnya biaya makan, cicilan kendaraan atau rumah, tagihan listrik, tabungan, dll.
5.      Menyisihkan sebagian dana untuk investasi.
 
Nah, itu tadi beberapa tips perencanaan keuangan keluarga muda yang bisa Anda terapkan. Usahakan selalu berkomunikasi dengan pasangan terkait keuangan agar tidak menimbulkan cekcok di kemudian hari. Karena tak sedikit pasangan yang sudah menikah mengalami perceraian karena masalah uang. Jika menemukan perbedaan pendapat sebaiknya rundingkan dengan kepala dingin bersama pasangan agar menemukan titik tengah yang terbaik.
 

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise