Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Kenali Kelima Hal Ini Terlebih Dahulu Sebelum Cari Rumah
#1
Rumah merupakan suatu barang yang memiliki nilai tinggi. Rumah sendiri bisa digunakan sebagai tempat tinggal bahkan investasi jangka panjang yang nantinya menghasilkan suatu keuntungan cukup besar. Namun sebelum mencari rumah, baik untuk tempat tinggal maupun investasi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan loh untuk mendapatkan nilai kegunaan dan keuntungan yang berkualitas.


1.     Tujuan pembelian.
Maksudnya adalah tentukan tujuanmu cari rumah untuk tempat  tinggal atau investasi. Jika untuk tempat tinggal pastikan rumah tersebut cocok untuk kamu dari segi lokasi misalnya yaitu dekat dengan kantor, sekolah anak, akses umum, atau bisa dari segi luas rumah yaitu cukup untuk menampung semua anggota keluarga yang akan menempati rumah tersebut dengan memiliki kamar-kamar yang nyaman.
Jika untuk investasi pastikan rumah yang kamu beli memiliki potensi yang cukup bagus dari segala aspek. Misalnya lokasi yang strategis, harga perdana/tangan pertama, dan fasilitas sekitar yang cukup lengkap.
2.     Pastikan budget atau sesuaikan dengan keadaan finansial.
Pastikan ketika kamu akan membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal harus sesuai dengan budget. Misalkan kamu meyesuaikan budget 1 milyar maka harus mencari rumah yang harga kurang lebih sama dengan 1 milyar. Namun ketika kamu memilih rumah di tengah kota tetapi budget masih kurang, kamu dapat mencari kembali rumah ke lokasi-lokasi yang sekiranya masih terjangkau ke kota dengan aksesnya yang mudah. Seperti bisa menjangkau akses umum jalan tol, terminal, dan stasiun untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.
3.     Pilih lokasi.
Mengapa demikian? Karena lokasi yang bagus dan strategis baik itu untuk tempat tinggal maupun investasi adalah point yang cukup penting. Rumah yang dibeli untuk tempat tinggal akan terasa lebih nyaman serta dipermudah dengan adanya akses untuk menunjang kegiatan keseharian seperti kerja, sekolah anak, rumah sakit, dan akses transportasi umum.
4.     Pilih developer atau pengembang yang baik.
Karena jika kamu memilih lokasi dan konsep rumah yang sudah cukup bagus tetapi pengembangnya kurang memumpuni akibatnya rumah tersebut tidak segera dibangun dan terealisasikan serta akan terbengkalai. Jadi pastikan developer yang kamu pilih memiliki kualitas yang bagus atau bisa saja kamu mencari tahu terlebih dahulu jasa developer mana yang menjanjikan sehingga rumah yang dibangun dan diserahterimakan benar-benar sesuai dengan perjanjian awal yang telah ditetapkan. Karena masih banyak sekali kasus di Indonesia pemilihan developer kurang bagus akhirnya rumah terbengkalai dan tidak sesuai dengan kesepakatan awal.
5.     Pilih cara pembayaran yang baik.
Apabila memilih cash biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah dibandingkan dengan cicilan. Atau bisa saja kamu memakai opsi kredit via bank yang sering dipakai orang banyak karena dengan ini kamu dapat mengangsur dengan nominal yang cukup kecil sehingga bisa leluasa untuk mengatur budget. Jadi setelah memilih rumah yang dan lokasi yang diinginkan kamu juga perlu mengerti hal ini. Lalu pilihlah tenor atau jangka waktu pembayaran yang kamu inginkan. Pastikan memilih yang sesuai kemampuan untuk mencicil. Jika sudah selesai itu semua pastikan kamu tidak telat untuk membayar cicilan setiap bulannya.
Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mencari rumah. Ketika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas pastikan aspek-aspek yang telah dibahas diatas juga ikut serta kamu pertimbangkan agar rumah yang kamu beli terasa nyaman saat ditinggali dan mendapat keuntungan yang besar saat kamu investasikan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise