Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Cara Mengobati Batu Ginjal Sekaligus Menangkalnya Kambuh
#1
Penyakit batu ginjal, lebih banyak dialami oleh pria daripada wanita dan 50 persen dari penderitanya akan kembali menderita batu ginjal dalam jangka waktu 5 sampai 15 tahun kemudian. Cara mengobati batu ginjal tidak mesti dengan operasi atau tindakan invasive lainnya, tentu saja dengan syarat batu yang terbentuk masih berukuran relatif kecil. 

Batu ginjal akan muncul ketika zat-zat seperti kalsium, oksalat dan asam urat terkonsentrasi cukup banyak di dalam ginjal sampai akhirnya mengkristal. Ukuran zat-zat yang mengkristal tersebut dapat membesar dan jadi batu. Sekitar 80 persen batu ginjal terbentuk dari kalsium.
Setelah terbentuk di ginjal, batu bisa terdorong masuk ke ureter dan jika ukurannya agak besar mungkin akan menyumbat aliran urine. Gejala adanya sumbatan batu ginjal adalah rasa sakit di salah satu pinggang, kadangkala muncul darah di dalam urine, mual dan muntah. Jika batu berpindah ke kandung kemih, biasanya muncul gejala sering buang air kecil, terasa ada tekanan di kandung kemih, atau sakit di selangkangan.

Untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami bisa butuh waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung jumlah dan ukuran batunya. Beberapa obat pereda sakit yang dijual bebas bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan sampai batu berhasil keluar.
Penderita juga bisa ke dokter untuk mendapatkan resep alpha blocker yang membuat otot saluran kemih rileks sehingga batu ginjal lebih mudah dikeluarkan.

Agar batu bisa keluar dengan alami, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati batu ginjal dan mencegah pembentukan kembali;
● Minum banyak air putih untuk membantu mendorong batu ginjal keluar dari saluran kemih. Selain itu, penelitian tahun 2015 menemukan bahwa orang yang mengeluarkan urine hingga 2 liter perhari lebih rendah 50 persen risikonya menderita batu ginjal. Untuk memproduksi urine sebanyak itu, kita mesti minum kurang-lebih 2 liter air putih tiap hari.
● Hindari makanan dengan kandungan oksalat tinggi, misalnya bayam, bit dan kacang almond.
● Konsumsi jus jeruk dan jus lemon karena mengandung sitrat yang mengikat kalsium dan mencegahnya membentuk batu ginjal.
● Kurangi konsumsi garam dan camilan yang tinggi garam. Asupan garam tinggi akan meningkatkan kadar kalsium dalam urine sehingga rawan membentuk batu ginjal.
● Kurangi konsumsi daging hewani, telur dan makan laut karena jenis makanan tersebut tinggi kandungan asam urat yang berpengaruh terhadap pembentukan batu ginjal.


Sumber: SehatQ.com

Reply
#2
Batu ginjal sering tumbuh lagi, ini masalahnya. Seberapa efektifkah mengganti nutrisi? Saya pengen dengar pengalaman anggota2 forum tentang seberapa aktifkah pergantian nutrisi kalo menyangkut masalah ginjal.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise