Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Gejala Hepatitis B yang Seringnya Muncul Saat Penyakit Sudah Parah
#1
Salah satu jenis hepatitis yang berpotensi fatal adalah hepatitis B karena dapat menimbulkan infeksi kronis dan berkembang jadi kanker hati. Banyak orang tidak menyadari mereka menderita penyakit tersebut karena memang gejala hepatitis B seringkali tidak muncul jika penyakit belum parah. 

Hepatitis yang sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, merupakan peradangan pada hati akibat infeksi virus. Namun, hepatitis juga ada yang disebabkan oleh kondisi autoimun, ketika sistem kekebalan tubuh malah menyerang sel-sel hati yang sehat.

Beberapa tipe hepatitis dapat sembuh dengan sendirinya tetapi ada juga hepatitis yang bisa menyebabkan jaringan parut pada hati, menyebabkan gagal hati atau menjadi kanker hati.

Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B yang menular lewat darah orang yang terinfeksi. Proses penularan yang paling banyak terjadi di dunia adalah melalui ibu hamil yang terkena hepatitis B dan kemudian menularkan ke bayinya.

Jalan penularan lainnya adalah melalui perilaku seks tidak aman serta penggunaan bersama jarum suntik. Sebagian besar orang dewasa yang terkena hepatitis B, mampu melawan infeksi virus dan kembali sembuh dalam waktu beberapa bulan. Akan tetapi, sebagian besar anak-anak yang terinfeksi virus hepatitis B akan menderita hepatitis B kronis yang bisa berkembang menjadi sirosis hati serta kanker hati.

Gejala hepatitis B kronis seringkali tidak muncul sampai hati sudah benar-benar terganggu fungsinya atau memang terdeteksi saat pemeriksaan kesehatan. Pada tahap lanjut, gejala hepatitis B antara lain kulit dan mata kekuningan, pembengkakan di pergelangan kaki, serta muncul darah di feses atau di muntah.

Secara umum, gejala hepatitis B adalah sakit di otot dan sendi, sering merasa lelah dan lesu, hilang nafsu makan, sakit perut, urin berwarna gelap dan feses berwarna keabu-abuan.

Tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan penyakit yang menurut WHO menyebabkan 1.4 juta kematian tiap tahunnya di seluruh dunia. Hepatitis termasuk penyakit infeksi yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia, posisinya ada di nomor 2 di bawah tuberculosis.

Menurut World Hepatitis Alliance, sebuah organisasi global yang dimotori oleh penderita hepatitis, 9 dari 10 pengidap hepatitis tidak menyadari dirinya terinfeksi. Hal ini tentu berbahaya karena mereka bisa secara tidak sengaja menyebarkan virus hepatitis ke banyak orang sepanjang hidupnya. Tragis juga ketika para pengidap hepatitis tersebut merasa sehat namun tiba-tiba sudah menderita sirosis hati atau kanker hati.
 
Mendapatkan vaksinasi hepatitis B dan pemeriksaan kesehatan berkala merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah hepatitis. Vaksinasi hepatitis B sangatlah efektif dengan tingkat kesuksesan hingga 98 sampai 100 persen dalam mencegah terjadinya infeksi.


Sumber: SehatQ.com

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise