Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mengenal Mendiang Ainun Habibie, Tokoh Kesehatan Pendiri Bank Mata di Indonesia
#1
Setelah lima tahun pandangannya kabur karena digerogoti katarak, Mat Soleh akhirnya bisa melihat kembali. Usai menjalani dua kali operasi katarak, kakek 71 tahun asal Citeureup, Kota Bogor ini menghaturkan doanya kepada Ainun Habibie, salah satu tokoh kesehatan Tanah Air. "Saya sangat bersyukur dapat melihat kembali setelah dioperasi gratis dua kali. Saya tau ini punya Ibu Ainun Habibie. Setiap salat saya selalu mendoakan ibu agar arwahnya tenang di sana," katanya di Gedung P4K (Pusat Pengkajian dan Pengembangan Penyantun Kebutaan), Jalan Semeru, Kota Bogor.

Mat Soleh tidak sendirian. Hari itu, ada 27 warga yang mendapat pelayanan operasi katarak gratis di Bank Mata Bogor. "Sebelu tau ada Bank Mata, saya disarankan membawa nenek saya operasi di rumah sakit dengan biaya Rp 7 juta," kata Nining, warga Batu Tulis, Kota Bogor.

Profil Mendiang Ainun Habibie, Tokoh Kesehatan yang Inspiratif

Lahir dengan nama Hasri Ainun Besari di Semarang pada 11 Agustus 1937, Ainun Habibie merupakan istri Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie--menjabat 1998-1999. Mereka menikah pada 1962. Saat itu Ainun telah lulus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Kisah cinta mereka menjadi bagian dari budaya pop Indonesia setelah buku memoar dan filmnya meledak di pasaran.

Selepas tugas sebagai Ibu Negara, Ainun kembali ke dunia kesehatan. Dia menjadi Ketua Bank Mata Indonesia.  "Beliau ingin agar donor mata menjadi budaya," kata Untung Widodo, Sekretaris Jenderal Bank Mata Indonesia. Bank Mata membutuhkan sumbangan kornea mata dari orang yang sudah wafat. Kornea itu disimpan untuk digunakan kepada orang yang mengalami kerusakan kornea. Di Indonesia, ketersediaan kornea jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhannnya.

Upaya itu tidak berjalan mulus. BJ Habibie mengatakan cita-cita istrinya kerap terbentur berbagai masalah, terutama agama yang tidak membolehkan pendonoran organ tubuh, termasuk kornea. Ainun berjuang meluruskan pandangan itu. Bagi pemeluk agama Islam, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa yang membolehkan donor mata. Fatwa yang dilansir pada 1979 itu menggolongkan donor mata sebagai amal jariyah--pahalanya terus mengalir selama kornea yang disumbangkan digunakan oleh penerima.

Peninggalan mendiang Ainun bagi masyarakat Indonesia

Ainun menghembuskan nafas terakhir pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman. Dia meninggal pada usia 72 akibat kanker ovarium. Namun, cita-citanya jalan terus. Bank Mata melanjutkan perjuangannya dalam memberikan layanan kesehatan mata gratis. Bank Mata Bogor yang kini dikenal dengan Klinik Mata Dr. Hasri Ainun Habibie, tidak hanya menjalankan operasi katarak cuma-cuma.

Di klinik itu, terdapat dua mesin operasi katarak dan empat dokter spesialis mata. Mereka menangani pasien dengan teknologi Phaco Emulsifikasi, teknik mutakhir yang dijalankan di banyak rumah sakit ternama. Dengan teknik ini, dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan lapisan katarak tanpa sayatan lebar. Dibanding operasi manual yang butuh berjam-jam, operasi katarak dengan teknik Phaco rata-rata rampung dalam 30 menit.

Mereka juga melayani orang yang membutuhkan dan pendonor kornea mata, termasuk BJ Habibie. "Silakan kalau saya mati, mata saya sumbangkan," ujarnya. Habibie mengatakan seluruh anggota keluarganya telah menandatangani surat yang menyatakan akan mendonorkan korneanya setelah meninggal.

Kegiatan Bank Mata tidak sebatas tindakan medis. Mereka juga secara rutin membagikan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah dan pekerja kebersihan. "Almarhuman Ibu Ainun menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang memberikan pelayanan kesehatan mata gratis kepada masyarakat," kata Fauziah Diani Budiarto, Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia/Bank Mata cabang Bogor.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise