Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Penyakit Kronis, Ini Perkembangan Diabetes Melitus dalam Tubuh
#1
[Image: diabetes-melitus.jpg]

Diabetes mellitus adalah sebuah gangguan yang mengacu pada sekelompok penyakit yang memengaruhi tubuh terhadap gula darah atau glukosa. Gula darah sangat penting bagi kesehatan seseorang, karena merupakan sumber energi penting bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh. Selain itu, glukosa juga merupakan sumber bahan bakar utama otak.

Penyebab yang mendasari seseorang mengidap diabetes dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis yang menyebabkannya. Namun, apapun jenis diabetes yang dialami, gangguan tersebut dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah kamu. Terlalu banyak gula dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kondisi diabetes kronis yang dapat terjadi pada seseorang adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kondisi diabetes yang masih dapat disembuhkan dengan cepat adalah prediabetes, yaitu ketika kadar gula darah kamu lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk digolongkan sebagai diabetes. Selain itu, diabetes gestasional juga dapat terjadi selama kehamilan, tetapi mungkin sembuh setelah bayi dilahirkan.

Diabetes dapat dikelola secara efektif jika diketahui lebih awal. Namun, jika tidak segera diobati, hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi potensial yang meliputi penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan kerusakan saraf. Seseorang yang mengidap diabetes, pankreasnya menghasilkan terlalu sedikit insulin. Hal tersebut menyebabkan kadar glukosa pada darah meningkat, serta membuat kekurangan energi, yang akhirnya memengaruhi sistem tubuh utama.

Perkembangan Diabetes Melitus pada Tubuh
Diabetes melitus dapat menyerang sistem organ utama pada tiap orang. Gangguan tersebut dapat menyerang ginjal, kulit, hingga sistem saraf. Berikut adalah beberapa gangguan dari diabetes melitus yang mungkin saja terjadi pada seseorang:

1. Kerusakan Ginjal
Diabetes juga dapat merusak ginjal kamu dan memengaruhi kemampuan organ tersebut untuk menyaring produk limbah dari darah. Jika dokter kamu mendeteksi mikroalbuminuria, atau peningkatan jumlah protein dalam urine, kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik.

Penyakit ginjal yang berkaitan dengan diabetes disebut dengan diabetes nefropati. Kondisi ini tidak menunjukkan gejala sampai tahap selanjutnya. Jika kamu mengidap diabetes, dokter akan mengevaluasi gangguan diabetes nefropati yang dialami, untuk mencegah gagal ginjal.

2. Sistem Saraf Pusat
Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf atau disebut juga neuropati diabetik. Hal ini dapat memengaruhi persepsi kamu tentang panas, dingin, dan rasa sakit. Selain itu, gangguan ini juga bisa membuat kamu lebih rentan terhadap cedera. Kemungkinan kamu tidak akan menyadari cedera ini dan membiarkannya berkembang menjadi infeksi hingga kondisi yang serius.
Diabetes juga dapat menyebabkan pembengkakan atau kebocoran pembuluh darah di mata, yang disebut dengan retinopati diabetik. Hal ini dapat merusak pandangan kamu hingga dapat menyebabkan kebutaan. Gejala gangguan mata yang terjadi dapat ringan pada awalnya, jadi penting untuk memeriksakan diri ke dokter mata secara teratur.

3. Sistem Reproduksi
Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan diabetes gestasional dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Terdapat dua jenis kondisi tekanan darah tinggi yang harus diwaspadai oleh wanita hamil, preeklampsia atau eklampsia.
Dalam kebanyakan kasus, diabetes gestasional mudah dikendalikan dan kadar glukosa kembali normal setelah bayi lahir. Gejalanya mirip dengan tipe diabetes lainnya, tetapi mungkin juga termasuk infeksi berulang yang mempengaruhi Miss V dan kandung kemih.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise