Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Panggilin, Platform Yang Menghubungkan Pemberi Kerja dan Freelancer
#1
Founder : Fido Tria Brahma, Lima Nady.
Industri : On demand services (Market Place).
Status Pendanaan : Boostrapping/ Pendanaan pribadi.


• Panggilin adalah startup yang menyediakan aplikasi bagi pengguna nya untuk mencari bisnis dan melempar tugas untuk dikerjakan oleh para freelancer di sekitar.

• Panggilin sudah dapat digunakan nationwide di Indonesia, namun untuk saat ini mereka baru berfokus untuk melakukan campaign di daerah Jabodetabek.

• Rencana jangka pendek mereka ingin mengumpulkan sebanyak mungkin pengguna untuk mendaftar sebagai HERO (Freelencer / penyedia bisnis) di daerah Jabodetabek sambil perlahan mengembangkan aplikasi iOS (saat ini hanya tersedia di Android).

• Dalam upaya memperkenalkan layanan, mereka menggunakan strategi pemasaran word of mouth dan media sosial Instagram/Facebook

Pada tanggal 17 Oktober 2018, Sebuah startup yang bergerak dibidang on-demand services meluncurkan sebuah aplikasi bernama Panggilin. Aplikasi ini bertujuan untuk menghubungkan bisnis dan freelancer dengan pelanggan di sekitar.

Dengan mengusung konsep location based platform menggunakan Global Positioning System (GPS), Panggilin berfokus untuk memberdayakan para UKM dan pekerja lepas (Freelancer) untuk dapat membantu kebutuhan pelanggan nya.

Ide pembuatannya berdasarkan pada pengalaman pribadi dari founder nya, Fido Tria Brahma, dan beberapa orang terdekat nya ketika kesulitan dalam mencari suatu kebutuhan entah itu barang ataupun jasa dan pertolongan yang mendesak/urgent, namun mereka tidak mengetahui bahwa kebutuhan dan pertolongan tersebut sebenarnya ada di sekitarnya.

Menyadari adanya masalah tersebut, Fido Tria Brahma melihat adanya peluang bisnis dan kemudian mulai membuat konsep bisnis dengan melakukan riset kecil-kecilan ke beberapa tetangga dan orang di sekitar area rumah nya.

Hingga akhirnya ia menemukan kesimpulan dari hasil wawancara tersebut, yaitu :

1. Kebutuhan akan kepraktisan.
2. Kebutuhan akan kecepatan untuk dilayani.
3. Kebutuhan akan informasi dan pembandingan baik dari harga, jarak, maupun ulasan pengguna lain.


Di sisi lain ia juga menemukan kebutuhan dari para bisnis dan freelancer untuk dapat dipromosikan/ dihubungkan dengan pelanggan disekitar nya tanpa mengurangi kebebasan mereka dalam mengatur harga, waktu buka-tutup, dan jarak jangkauan pelayanan.

Berdasarkan hasil riset tersebut akhirnya terciptalah sebuah konsep dengan memanfaatkan teknologi digital berupa aplikasi mobile Panggilin.

Melalui Panggilin, baik pengguna maupun bisnis/freelancer diberikan kebebasan dalam melakukan transaksi jual-beli, namun tetap dalam koridor perlindungan yang aman dari pihak pengelola aplikasi, yaitu ALIG Co (PT Aliansi Inovasi Global)

[Image: 111.jpg]

YANG MEMBEDAKAN PANGGILIN DENGAN ON DEMAND SERVICES SERUPA

Memang sudah banyak pemain di pasar on-demand services di Indonesia. Namun, menurut pengelola aplikasi Panggilin, fitur pembeda mereka dari yang lain adalah dimana pengguna dapat melempar tugas se-random mungkin. Dari permintaan untuk berbelanja, mengantri, beliin tiket konser/bioskop, bahkan sampai nemenin main game online, dan menjadi pendamping wisuda.

Hal ini ditawarkan oleh mereka karena melihat adanya kebutuhan pasar yang belum tergarap oleh aplikasi on-demand services yang lain.

Kami melihat adanya spektrum pasar yang unik dan belum tersentuh oleh pemain di pasar on-demand services lain. Jika pelanggan ingin mencari laundry, mereka mungkin bisa mencari di aplikasi pencarian laundry. Jika pelanggan membutuhkan cleaning services, perawatan AC, pertukangan, desain, dan lainnya pun sama. Namun, jika pelanggan punya kebutuhan unik seperti menitipkan salam ke gebetan nya mungkin ? bantu packing barang untuk pindahan? dan kebutuhan-kebutuhan unik lainnya seperti itu, tanpa disadari sangat banyak ditemui. So, untuk menjawab kebutuhan tersebut, Panggilin tempatnya.” – Fido Tria Brahma, Founder/CEO Panggilin.

BISNIS MODEL

Tarif yang diberlakukan di aplikasi Panggilin tidak ditentukan oleh pengelola aplikasi, melainkan yang menentukan adalah pengguna nya, baik pelanggan maupun bisnis/freelancer.
Panggilin menerapkan system pembelian token kepada para bisnis/freelancer, dimana fungsi token adalah sebagai indikator untuk memastikan mereka untuk dapat mengambil order di aplikasi Panggilin.


RENCANA EKSPANSI

Saat ini, Panggilin masih berfokus untuk campaign di daerah Jabodetabek. Namun, sebenarnya aplikasi sudah bisa digunakan di daerah manapun di Indonesia, karena fitur ‘tugas’ mereka termasuk dalam User Generated Content (UGT).

Selain itu, dari sisi produk mereka berencana untuk terus melakukan optimasi pada produk Android nya dengan paralel terus mengembangkan produk iOS dan website nya.

PENDANAAN DAN STRATEGI PEMASARAN

Keterbatasan dana memang menjadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh sebagian besar perintis awal bisnis, terlebih di bisnis digital. Begitu pula dialami oleh pengelola aplikasi Panggilin karena tim Panggilin masih menggunakan pendanaan pribadi dari founder untuk menjalankan bisnis nya. Fido mengaku sudah ada tiga investor yang tertarik menjalin kerjasama. Sayangnya, belum ada yang sesuai dengan visi mereka.

Kami mencari yang sesuai dengan visi kami, karena ini bukan lari jarak pendek. Ini marathon.” pungkasnya.

Namun, hal tersebut tidak menjadi batasan bagi mereka untuk terus tumbuh. Dengan menggunakan dana terbatas, mereka berencana untuk memaksimalkan kanal digital yang ada seperti sosial media Instagram, Facebook, aplikasi pesan singkat WhatsApp, Line, Telegram, dan sebagainya.

Selain itu, mereka juga menggunakan pendekatan word-of-mouth melalui komunitas untuk memenangkan pasar di akar rumput. Fido bersama tim sepakat untuk menghindari promosi berdana besar di awal karena ingin memperkuat bisnis proses, bisnis model, dan manajemen tim. Menurutnya, tumbuh perlahan yang natural lebih baik daripada menghabiskan dana besar dan berakhir mati. Kalian bisa mencoba aplikasi Panggilin dengan mendownloadnya di playstore.

Reply
#2
Keren neh, konsepnya hampir mirip dengan ojek online kah?

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise