Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Donald Trump Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran
Kesepakatan Nuklir Iran dihindari Donald Trump. Ia pun memutuskan keluar dari konvensi.
#1
Trump Presiden menyatakan pada hari Selasa bahwa ia mengundurkan diri dari kesepakatan nuklir Iran, terurai tanda tangan kebijakan luar negeri pencapaian pendahulunya Barack Obama, mengisolasi Amerika Serikat dari sekutu-sekutu barat dan menabur ketidakpastian sebelum berisiko negosiasi nuklir dengan Korea Utara.

Keputusan, sementara lama dinantikan dan luas mengirim Telegram, meninggalkan perjanjian 2015 dicapai dengan tujuh negara setelah lebih dari dua tahun negosiasi yang melelahkan compang-camping. Amerika Serikat sekarang akan reimpose sanksi ketat itu dikenakan pada Iran sebelum kesepakatan dan sedang mempertimbangkan hukuman baru.

Iran mengatakan itu akan tetap dalam kesepakatan tersebut, yang erat dibatasi Ambisi nuklir selama satu dekade atau lebih untuk mengakhiri sanksi yang telah lumpuh ekonominya.

Jadi Apakah Perancis, Jerman dan Britania, meningkatkan prospek trans-Atlantik bentrokan sebagai perusahaan-perusahaan Eropa wajah kembalinya Amerika sanksi untuk melakukan bisnis dengan Iran. Cina dan Rusia, juga penandatangan kesepakatan, yang cenderung bergabung di menuduh Amerika Serikat melanggar kesepakatan Iran.

Tn. Trump bergerak bisa memberanikan pasukan garis keras di Iran, meningkatkan ancaman Iran pembalasan terhadap Israel atau Amerika Serikat, memicu perlombaan senjata di Timur Tengah dan mengipasi sektarian konflik dari Suriah ke Yaman.

Presiden, namun, dibingkai keputusannya sebagai pemenuhan janji kampanye batuan dasar dan tindakan dealmaker melarutkan kesepakatan Cacat fatal. Dia meramalkan garis keras dengan Iran akan memperkuat tangannya saat ia siap untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, untuk memulai negosiasi penyerahan senjata nuklir.

"Ini adalah kesepakatan sepihak mengerikan yang harus pernah, pernah telah dibuat," bermuka muram Tn. Trump mengatakan dalam Alamat 11 menit dari ruang tamu diplomatik Gedung Putih. "Itu tidak membawa tenang, itu tidak membawa perdamaian, dan itu tidak akan pernah."

[Baca transkrip penuh sambutan Presiden Trump.]

Tn. Trump pengumuman menarik paduan suara oposisi dari para pemimpin Eropa, beberapa di antaranya melobi dia tidak tergesa-gesa untuk menarik diri dari perjanjian dan mencari perbaikan untuk itu yang akan memuaskan dirinya.

Perubahan apa dan apa yang tersisa dalam kesepakatan nuklir Iran
Pembatasan program nuklir Iran di bawah kesepakatan bisa bertahan.

Itu juga menarik menegur publik langka dengan Mr Obama, yang mengatakan Mr Trump penarikan akan meninggalkan dunia kurang aman, menghadapi dengan "kehilangan pilihan antara Iran yang bersenjata nuklir atau perang lain di Timur Tengah."

Tanggapan dari Iran itu sendiri, bagaimanapun, membisu. Presiden Hassan Rouhani menyatakan bahwa Iran dimaksudkan untuk mematuhi ketentuan kesepakatan, dan ia dikritik Mr Trump karena sejarah tidak menghormati perjanjian internasional. Tn. Trump memenangkan dukungan kuat dari Arab Saudi dan Israel, pemimpin, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, memuji dia untuk "bersejarah bergerak" dan "kepemimpinan yang berani."

Tiga kali sebelumnya, pembantu Presiden telah membujuk dia tidak untuk membongkar kesepakatan Iran. Tapi Mr Trump dibuat jelas bahwa kesabarannya sudah dipakai tipis, dan dengan sekelompok baru, lebih hawkish Penasihat — dipimpin oleh Sekretaris Negara Mike Pompeo dan penasihat keamanan nasional, John R. Bolton — Presiden menghadapi resistensi kurang internal daripada sebelumnya dalam administrasi.

Sementara Mr Trump telah lama diejek kesepakatan Iran, mengancam berulang kali untuk menyalin itu selama pemilihan Presiden 2016, nya dorongan untuk bertindak sekarang diperkuat oleh apa yang dilihat sebagai keberhasilan kebijakannya terhadap Korea Utara. Dia telah mengatakan pembantu dan pemimpin asing bahwa kebijakannya tekanan maksimum telah dipaksa Mr Kim untuk meja perundingan, dan bahwa kebijakan serupa tekanan yang luar biasa akan memungkinkan Amerika Serikat untuk mengekstrak kesepakatan yang lebih baik dari Iran.

Seperti Mr Trump ditinggalkan satu proyek diplomatik, ia dipercepat lain — mengumumkan bahwa Mr Pompeo terbang ke Pyongyang, ibukota Korea Utara, untuk melanjutkan diskusi dengan Mr Kim tentang pertemuan KTT mendatang. Dia menyatakan harapan bahwa tiga orang Amerika yang ditahan di utara akan dirilis segera.

"Pesan ke Korea Utara," Mr Bolton kepada para wartawan, "adalah Presiden ingin real deal."

Ia menolak saran bahwa Amerika Serikat tidak bisa dipercaya untuk menjaga perjanjian yang ketika angin politik berubah. "Negara mana pun berhak untuk memperbaiki kesalahan masa lalu," kata Mr Bolton, mengutip keputusan Presiden George W. Bush.

Reply
#2
Siapa sih yg kasih orang ini saran macam begini. Dunia ini penuh kebencian dan semua suka perang. Tindakan2 seperti ini bisa memicu perang. Dunia udah ngga sanggup ngeliat Perang Dunia III. PBB perlu turun tangan dlm hal ini dan mencabut hak VETO.

Reply
#3
Donald Trump perlu duduk manis trus mikir lagi tentang semua tindakannya. Aksi2nya bakal bawa dampak serius buat dunia ini. Kita bakal menuju Perang Dunia III kalo PBB ngga segera bertindak. Percaya deh, dampak Perang Dunia III cuma kehancuran doang.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise