Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis Layanan Jasa
#1
[Image: target-market-23-2147511678.jpg]
source: freepik

Tinggal di urban area seperti Jakarta tentu memiliki plus dan minus tersendiri. Salah satu plusnya adalah mudahnya mencari layanan jasa – jasa cuci mobil dan motor misalnya. Sayangnya, kemudahan itu sirna begitu saja ketika urban lifestyle dan busy traffic menghantui masyarakat urban. Jangankan untuk mencuci mobil atau kendaraan lain, untuk mengistirahatkan diri saja kadang mereka kekurangan waktu. Belum lagi jika mereka harus mengantre berjam-jam di tempat pencucian mobil yang tidak hanya membuang waktu tapi juga tenaga.
 
Kondisi ini dapat dijadikan ide dan peluang bagi businessman untuk menciptakan layanan jasa bagi masyarakat urban. Memanfaatkan teknologi yang ada, businessman dapat menciptakan aplikasi menawarkan layanan jasa untuk memudahkan keseharian masyarakat urban, salah satunya adalah menyediakan layanan jasa berbasis online.
 
Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan perusahaan pelayan jasa, salah satunya adalah target market atau target pasar. Target market adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi mereka. Segmentasi ini berfungsi untuk menentukan masyarakat yang mana yang paling cocok dengan bisnis yang akan didirikan. Jika kamu tertarik untuk mendirikan bisnis layanan jasa berbasis digital, tentu target market kamu harus yang memiliki digital awareness.
 
Lalu bagaimana cara menentukan target market? Berikut adalah cara menentukan target market untuk bisnis layanan jasa yang dapat kamu coba!
 
Siapa Calon Kosumenmu?
Siapa yang kamu tawarkan untuk menggunakan layanan jasamu? Atau siapa calon konsumen dari layanan yang akan kamu tawarkan? Untuk mendapatkan jawaban, perlu dilakukan survey terlebih dahulu. Kira-kira layanan apa yang saat ini tengah urgent dibutuhkan oleh masyarakat? Lalu, apakah mereka bersedia membayar untuk mendapatkan pelayanan tersebut? Untuk itu, kamu harus terjun ke lapangan agar kamu dapat mengetahui kondisi lapangan dan mendapatkan jawaban pasti, bukan hanya perkiraan.
 
Jasa Apa yang Kamu Tawarkan?
Setalah menentukan siapa calon konsumenmu, selanjutnya kamu perlu menentukan layanan jasa yang akan kamu tawarkan untuk calon konsumenmu. Kamu tidak boleh asal dalam menentukan layanan jasa yang akan kamu jual, atau hanya sekedar mengikuti trend. Pastikan kamu telah melakukan survey terlebih dahulu, terutama mengenai siapa kompetitor kamu, kelebihan dan kekurangan mereka, serta apa yang membedakan layananmu dengan mereka sehingga konsumen berhak memilihmu.
 
Manfaatkan Teknologi untuk Market Place
Jika tujuan bisnismu adalah untuk menciptakan layanan jasa berbasis digital, tentu kamu harus memanfaatkan teknologi dan media yang saat ini tersedia. Tentukan market place yang kamu bidik. kamu bisa membuat aplikasi yang dapat diakses oleh banyak orang kemudian memanfaatkan social media seperti Instagram, Facebook, dan YouTube hingga website untuk mempromosikannya.

Selamat mencoba. Good luck!

Sumber Referensi:
Halo Jasa
Reply


Messages In This Thread
Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis Layanan Jasa - by junbebe - 8 February 2020, 01:09 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by