Forum Diskusi dan Komunitas Online
Omset Saya Naik Karena POS Gratis! - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kuliner (https://ziuma.com/Forum-Kuliner)
+--- Thread: Omset Saya Naik Karena POS Gratis! (/Thread-Omset-Saya-Naik-Karena-POS-Gratis)



Omset Saya Naik Karena POS Gratis! - Cheryl Huang - 22 November 2022

Hai, saya adalah salah satu pemilik bisnis FnB coffee shop di daerah Rempoa, Tangerang Selatan. Awal mula saya mau ngebangun bisnis coffee shop adalah karena ngeliat banyak orang dan temen-temen sukses bangun usahanya sendiri. Gara-gara itu, saya jadi terinspirasi banget buat bangun coffee shop sendiri. Selain ngejalanin bisnis coffee shop, saya juga kerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan start-up multinasional. Kalian tau sendiri, kerja di perusahaan start-up kita dituntut untuk berpikir dan gerak cepet juga. Punya coffee shop di tengah-tengah padatnya kerjaan di kantor, memang jadi suatu tantangan tersendiri, sih.

[Image: 4bb7170fc5c902fa1b2c19a6ed32322.jpg]


        Walaupun sibuk dengan kerjaan diluar bisnis coffee shop, saya bisa dapetin kenaikan omset lebih dari 50% setiap bulannya. Padahal mah, awal-awal bangun coffee shop ini dapetin omset stabil aja susah banget! Dulu pas awal buka coffee shop ini, omset penjualan perbulannya kurang lebih cuma Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000. Tapi sekarang, coffee shop saya berhasil bisa dapetin omset sampai Rp. 15.000.000 setiap bulannya. Kalian pada penasaran gak, sih? Dengan kerjaan kantor start-up yang super sibuk, tapi saya masih bisa dapetin kenaikan omset yang lumayan signifikan dari bisnis coffee shop saya ini. Saya mau berbagi sedikit cara buat kalian yang mau naikin omset bisnis FnB kalian di artikel ini, nih!
        Menjalankan sebuah bisnis, omset yang naik sudah pasti jadi keingan semua pegiat bisnis seperti saya. Karena dengan naiknya omset, bisa membuat umur bisnis yang kita jalanin bakal semakin punya umut panjang. Tapi yang namanya bisnis, omset memang sebuah aspek yang tidak pasti. Kadang omset bisa naik, kadang juga omset bisa turun.
        Dulu pas awal bangun coffee shop ini, saya cukup beruntung karena berkat bantuan teman dan keluarga, para pelanggan mulai banyak yang berdatangan setiap harinya. Selain itu, mungkin juga berkat kabar mouth to mouth, ada aja pelangggan baru mulai berdatangan juga. Memang hal ini karunia buat saya, tapi hal ini juga menjadi awal mula masalah yang saya hadapi di coffee shop saya ini. Loh kok, malah jadi masalah? Jadi, karena pas awal bangun coffee shop ini budget saya minimal, saya tidak bisa menyewa lahan yang lebih luas. Jadi, kapasitas tempat saya selalu penuh, apalagi di hari Jumat sampai Minggu. Seharusnya di weekend, coffee shop saya bisa memaksimalkan omset. Tetapi karena tempatnya yang full, omset jadi sering stuck di weekend itu. Walaupun seneng, karena coffee shop saya sering full dengan pelanggan, tapi terkadang rasa cemas datang juga karena saya merasa kurang bisa memaksimalkan omset. Masalah ini juga ditambah makin pusing dengan kesibukan kerjaan kantoran yang ada aja setiap harinya. Rasanya jadi kayak pengen belah diri aja, biar semuanya bisa di kerjakan bareng-bareng. Sempat kepikiran untuk ngelakuin renovasi tempat, tapi keuntungan dari bisnis coffee shop ini masih belum cukup buat ngelakuin renovasi. Coba aja di dunia ini bisa menanam pohon duit, yaa.

[Image: 9f3820f7bcfb2647db281a790f1dd74.jpg]


       
Setiap kebingungan, biasanya jawabannya ada di google. Yaudah deh, saya coba buka google untuk cari solusi menaikan omset coffee shop saya ini. Dari sesi cari solusi di google ini, saya mendapatkan dua metode yang mungkin bisa saya lakukan di coffee shop saya. Yang pertama, naikin harga produk dan yang kedua, memperbanyak kuantitas pembelian. Kalau di pikir-pikir, coffee shop saya yang masih baru ini tidak mungkin untuk menaikan harga. Coffee shop masih baru, tapi udah berani naikin harga nanti customer pada kabur jadinya. Yaudah deh, saya terus memperdalam pencarian saya di google dan akhirnya dapat cara mempercepat produksi dan pelayanan yang bisa menaikan kuantitas pembelian. Sekarang tinggal, bagaimana cara mengaplikasikan metode satu ini ke coffee shop saya? Untuk mengaplikasikan metode tadi, saya butuh petunjuk dan info yang jelas. Lalu, saya menemukan website  Big Grin  orderpin.id Big Grin yang menyediakan sistem POS dengan segala penjelasan fitur yang dimilikinya untuk para pegiat bisnis.


[Image: a06a4e2f99e9154031861d3384050a6.jpg]

        Saat saya melihat penjelasan Order Pin itu apa dan segala macam fiturnya, saya pun langsung tertarik. Karena sistem kasir Order Pin punya fitur E-Menu yang membuat pesanan customer akan langsung sampai ke dapur hanya via aplikasi. Fitur satu ini benar-benar memangkas waktu para customer di meja untuk gantian duduk dengan customer lainnya. Karena jika customer memanggil pelayan untuk minta di tulisin pesanannya, lalu pelayan masukin data pesanan dan baru di sampaikan ke dapur, itu makan banyak waktu banget. Tapi dengan E-Menu ini, semua benar-benar bergerak cepat.
        Jika ada customer yang punya banyak request, Order Pin ada fitur Call Waitress. Fitur ini hampir sama seperti E-Menu. Bedanya adalah fitur ini memnungkinkan customer minta hal-hal tambahan seperti asbak, tisu, tusuk gigi, dan lain-lain kepada pelayan via aplikasi. Berkat hal ini, gaperlu tuh ada customer yang manggil pelayan dulu buat minta sesuatu.
        Lalu fitur terakhir yang bikin saya tertarik adalah integrasi online delivery. Dengan fitur ini, semua pesanan para customer yang di pesan lewat online delivery platform akan masuk kedalam sistem Order Pin secara instan tanpa harus di cek dulu dari aplikasi 3rd party. Jadi, hal ini sangat meminimalisir human error dan tentunya memangkas waktu produksi pesanan dari online delivery customer.
        Setelah memahami fitur-fitur utama ini, saya langsung menghubungi Order Pin dan tidak butuh waktu lama, ada tim lapangan dari Order Pin datang ke coffee shop saya untuk menjelaskan lebih lanjut tentang Order Pin untuk coffee shop saya. Mulai dari fitur sampai pelayanannya, Order Pin ini semuanya cepat. Gak cuma itu doang, sistem Order Pin ini juga GRATIS! Jadi makin paham kan sekarang, kenapa saya langsung tertarik untuk menggunakan Order Pin?
        Setelah memakai Order Pin, kenaikan omset sangat terasa yang akhirnya sekarang ini saya bisa mendapatkan omset sampai Rp. 15.000.000 setiap bulannya. Karena dengan sistem dari Order Pin, proses pemesanan pelanggan hingga selesainya pelanggan dari coffee shop saya akan menjadi lebih cepat. Hal ini membuat pergantian penempatan pelanggan satu dengan pelanggan selanjutnya terjadi makin efektif. Hasil omset dari coffee shop saya ini, akhirnya bisa merealisasikan Rencana renovasi coffee shop saya ini yang tadinya sempat tertunda. Bisa dikatakan, Order Pin memang jadi solusi coffee shop saya dalam mempercepat produksi dan pelayanan untuk menaikan kuantitas pembelian.


RE: Omset Saya Naik Karena POS Gratis! - nak belog - 22 November 2022

semoga usaha  coffee shop nya semakin berkembang 

top markotop