Forum Diskusi dan Komunitas Online
Salep Acyclovir, Ampuh Untuk Atasi Cacar Air - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Salep Acyclovir, Ampuh Untuk Atasi Cacar Air (/Thread-Salep-Acyclovir-Ampuh-Untuk-Atasi-Cacar-Air)



Salep Acyclovir, Ampuh Untuk Atasi Cacar Air - info.sehat - 11 April 2022

[Image: n3tgt16yl6d3u21k79ixrs19jyrk.jpg]


Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini memiliki gejala utama berupa ruam dan bintil berisi air, yang bisa terasa gatal serta mengganggu kenyamanan. Maka dari itu, untuk mengatasi gatal karena ruam, tidak jarang salep cacar air seperti salep Acyclovir menjadi pilihan.
Ruam cacar air umumnya timbul selama 14 sampai 16 hari setelah seseorang terinfeksi virus. Sementara demam ringan, tidak nafsu makan, dan tubuh yang lesu dapat muncul pada sekitar 24 sampai 48 jam sebelum ruam.
Bila dialami oleh anak-anak, gejala cacar air kerap diiringi dengan anak yang rewel dan mudah marah. Saat cacar air melanda, godaan yang terbesar adalah keinginan untuk menggaruk ruam dan bintil.
Berikut ini beberapa salep cair yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi cacar air.
Losion kalamin
Untuk mengurangi rasa gatal yang timbul, Anda bisa mengoleskan losion kalamin (calamine). Senyawa kalamin sendiri dianggap aman ketika dipakai untuk mengurangi rasa gatal pada ruam akibat cacar air. Berdasarkan pengalaman dari sebagian pengguna, salep cacar air ini cukup efektif untuk meredakan gejala gatal-gatal. Manfaat kalamin tersebut diperkirakan mumcul berkat adanya komponen zinc silicate di dalamnya.

Salep acyclovir
Selain kalamin, dokter mungkin dapat meresepkan salep acyclovir. Salep cacar air ini berisi antivirus. Obat ini diberikan guna mengurangi tingkat keparahan bintil cacar air yang dialami oleh pengidap.
Unutk mendapatkan hasil maksimal, berikut ini beberapa catatan yang wajib dijadikan patokan dalam penggunaan salep untuk cacar air.
Losion kalamin untuk cacar air
Jangan mengoleskan losion kalamin untuk menghilangkan gatal ruam cacar air yang muncul di mata, mulut, hidung, alat vital, dan anus. Usahakan agar jari Anda tidak bersentuhan langsung dengan ruam saat mengaplikasikan salep cacar air ini. Pastikan Anda menggunakan losion sesuai dengan petunjuk pemakaian pada label kemasan atau anjuran dokter. Konsultasi dengan dokter sangat disarankan jika Anda ragu menggunakan losion kalamin.

Salep acyclovir
Jangan membeli salep ini tanpa resep dokter. Gunakan sesuai dengan anjuran dokter dan jauhkan dari jangkauan anak. Jangan digunakan pada bintil cacar air yang berada di dekat mata maupun mulut. Hanya boleh digunakan untuk pengobatan luar sehingga jangan sampai tertelan. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan salep ini pada lesi cacar air. Setelah dioleskan, tunggu hingga kering baru mengenakan pakaian.
Cacar air termasuk penyakit yang umumnya bisa sembuh sendiri. Penanganan yang diberikan lebih berfokus untuk meringankan gejala yang dirasakan oleh pasien. Beberapa metode pengobatan cacar air dari dokter bisa meliputi
Obat pereda demam dan rasa sakit
Obat pereda demam dan pengurang rasa sakit, seperti paracetamol, ibuprofen, serta aspirin. Paracetamol termasuk jenis obat yang paling aman dan sering diresepkan. Sementara penggunaan ibuprofen dan aspirin harus lebih berhati-hati. Aspirin tidak boleh diberikan pada anak di bawah 16 tahun karena dapat memicu komplikasi berupa sindrom Reye yang berbahaya.

Suntikan imonoglobulin
Bagi pasien yang pernah terpapar virus dan belum mengalami gejala, dokter mungkin akan memberikan suntikan imonoglobulin. Obat ini akan mencegah gejala cacar air yang parah. Hanya saja, orang yang sedang hamil, merokok, mengidap HIV, dan menjalani kemoterapi untuk mengobati kanker, tidak diperbolehkan menerima suntikan ini.

Obat antivirus
Jika Anda berisiko mengalami cacar air yang parah dan sudah bergejala, dokter mungkin akan meresepkan obat antivirus. Contoh obat ini yang umumnya diberikan adalah acyclovir. Obat antivirus berfungsi meringankan gejala cacar air. Tapi obat ini harus diminum dalam 24 jam setelah pertama muncul ruam, lalu dikonsumsi sebanyak lima tablet sehari selama tujuh hari.
Jadi dalam pengobatan cacar air, memang salep Acyclovir menjadi andalan. Hanya saja, Anda tidak mudah untuk mendapatkannya karena memerlukan resep dari dokter. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi sehingga proses penyembuhan menjadi lebih maksimal.