Forum Diskusi dan Komunitas Online
Kenali Faktor Penyebab Kulit Telinga Kering dan Mengelupas Berikut Ini - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Kenali Faktor Penyebab Kulit Telinga Kering dan Mengelupas Berikut Ini (/Thread-Kenali-Faktor-Penyebab-Kulit-Telinga-Kering-dan-Mengelupas-Berikut-Ini)



Kenali Faktor Penyebab Kulit Telinga Kering dan Mengelupas Berikut Ini - Artikelsehat - 10 February 2022

Pernahkah kamu mengalami keluhan kulit telinga kering dan mengelupas? Jika iya, tentunya kamu akan bertanya-tanya apa penyebab kulit telinga kering dan mengelupas ini. Kulit telinga kering dan mengelupas pada umunnya disebabkan oleh beberapa faktor dari tubuh kita sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab kulit telinga kering dan mengelupas, yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Kenali penyebab kulit telinga kering dan mengelupas
Kulit telinga kering dan mengelupas adalah gangguan kesehatan kulit telinga yang dapat muncul kapan saja tanpa diketahui secara pasti apa penyebabnya. Kebanyakan orang mungkin akan menganggap kulit telinga kering dan mengelupas adalah hal biasa. Namun, kulit telinga kering dan mengelupas seringkali menjadi tanda penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kulit telinga kering dan mengelupas:

- Faktor eksternal seperti cuaca yang cenderung panas dan kering
- Faktor alergi dengan produk kulit dan kecantikan seperti sabun
- Faktor internal dari penyakit bawaan yang menyebabkan kulit kering

Beberapa faktor penyebab kulit telinga kering dan mengelupas ini mungkin harus diteliti dengan seksama, sebab faktor penyebab ini dapat menentukan obat yang tepat untuk kulit telinga kering dan mengelupas.

Pengaruh kondisi kulit telinga kering dan mengelupas
Kulit telinga kering dan mengelupas dipengaruhi oleh beberapa hal yang sebetulnya dapat kita teliti. Beberapa pengaruh kesehatan yang menyebabkan kulit telinga kering dan mengelupas adalah sebagai berikut:

1. Lingkungan
Pengaruh lingkungan adalah penyebab yang paling umum dari kulit kering dan mengelupas. Pengaruh lingkungan dapat berasal dari hal-hal yang kita gunakan sehari-hari, antara lain:

- Sabun mandi
- Minyak wangi atau parfum
- Shampoo
- Pelembab kulit

2. Pertambahan usia
Pertambahan usia adalah pengaruh berikutnya dari kulit telinga kering dan mengelupas. Pertambahan usia akan membuat elastisitas kulit berkurang sehingga membuat kulit mudah kering dan mengelupas. Begitu pula dengan kulit telinga yang kering dan mengelupas. Penurunan elastisitas kulit ini juga dapat diperparah oleh beberapa hal, yaitu:

- Gangguan kesehatan ginjal
- Gangguan kesehatan tiroid
- Gangguan pola makan atau anoreksia
- Sedang menjalani kemoterapi
- Gangguan kesehatan diabetes
- Kurangnya vitamin dan mineral

3. Riwayat penyakit kulit
Penyakit kulit juga menjadi penyebab terbesar dari kulit telinga kering dan mengelupas. Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering adalah sebagai berikut:

- Gangguan penyakit kulit eksim
- Gangguan penyakit kulit psoriasis
- Gangguan penyakit kulit dermatitis seboroik (ketombe)

Obat kulit telinga kering dan mengelupas
Untuk mengobati kulit telinga kering dan mengelupas, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebab dan pengaruh yang dialami. Sebab, kulit telinga kering dan mengelupas dapat disebabkan oleh beberapa hal sehingga pengobatannya pun dapat berbeda.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab kulit telinga kering dan mengelupas, yaitu:

- Telitilah saat menentukan penyebab kulit kering
- Perhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan alergi kulit
- Gunakanlah lotion atau pelembab kulit untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit kering

Jika kulit telinga kering dan mengelupas tidak kunjung sembuh dan bertambah parah, maka periksakanlah kondisi ini kepada dokter spesialis kulit. Dokter biasanya akan meresepkan obat yang disesuaikan dengan penyebab yang dialami dan memberikan penanganan terbaik.