Forum Diskusi dan Komunitas Online
Manfaat Tepung Tapioka bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Manfaat Tepung Tapioka bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui (/Thread-Manfaat-Tepung-Tapioka-bagi-Kesehatan-yang-Perlu-Diketahui)



Manfaat Tepung Tapioka bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui - info.sehat - 14 January 2022

[Image: 1631111893.jpg]


Anda pasti sudah tidak asing dengan tepung tapioka. Ya, ini adalah salah satu tepung yang sering dijadikan sebagai salah satu bahan dasar makanan.

Tepung-tepung lain yang dimaksud adalah tepung beras, tepung terigu, tepung sagu, dan tepung kanji.
Tapioka sendiri terbuat dari singkong serta mempunyai tekstur yang cenderung lengket serta kental.
Karena itu, tak mengherankan jika tepung ini sering digunakan sebagai perekat dalam berbagai menu makanan ringan dan camilan seperti kue-kue kering.

Tak hanya dalam kuliner, tepung ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Hal itu ditunjukkan dari berbagai kandungan yang ada, yaitu karbohidrat, serat, protein, dan zat-zat bergizi lainnya.

Apalagi bahan dasarnya yang berasal dari singkong, membuat tapioka tidak mengandung gluten sama sekali. Hal ini tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi Anda yang diet namun tetap ingin bisa makan enak.
Lalu apa saja manfaat kesehatan yang dihasilkan dari tepung ini? Simak di bawah ini!

Bantu menaikkan berat badan
Bagi Anda yang susah sekali menaikkan berat badan sehingga badan selalu tampak kurus dan kerempeng, konsumsi makanan yang berbahan dasar tapioka bisa menjadi solusi praktis.

Kemampuan menaikkan berat badan ini tidak lepas dari kandungan karbohidrat yang ada dalam tepung.

Menjaga kesehatan pencernaan
Tapioka sendiri mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat inilah yang sangat baik bagi pencernaan.
Sebab, dalam prosesnya serat akan membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan baik, dan mampu menjaga organ-organ pencernaan tetap sehat, dalam hal ini lambung dan usus.

Karena itu, dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar tapioka saja secara rutin, Anda setidaknya menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit pencernaan seperti sembelit dan nyeri usus.

Menjaga tekanan darah
Bagi Anda yang rentan terkena hipertensi atau hipotensi, yuk mulailah rutin mengonsumsi tepung tapioka.
Ini karena tepung singkong mampu menjaga tekanan darah Anda dalam kondisi selalu stabil dan normal. Kondisi tersebut tentu saja sangat berpengaruh pada jantung.

Mengatasi flu, sakit kepala, dan demam
Flu, sakit kepala, dan demam merupakan tiga penyakit yang sering ditemui terutama saat musim hujan.
Ketiga bisa terjadi secara terpisah dan berbarengan. Jika berbarengan, tentu saja sangat merepotkan diri Anda sehingga Anda tidak bisa sama sekali beraktivitas.

Selain minum obat sebagai tindakan untuk menghilangkan gejala, Anda juga disarankan konsumsi makanan-makanan berbahan dasar tepung singkong atau meminum langsung larutan tepung tersebut yang sudah dicampur dengan air dan sedikit gula.

Menambah kepadatan tulang
Tulang merupakan bagian penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tulang yang tersusun menjadi rangka, memudahkan tubuh Anda bergerak serta melakukan aktivitas harian.

Karena perannya yang sangat penting itulah, kesehatan tulang merupakan hal yang sangat penting.
Sebab, jika tulang rapuh, keropos, bahkan patah, Anda jadi susah untuk melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan.
Agar tidak terjadi hal demikian, konsumsi tapioka sangatlah penting supaya tulang Anda tetap padat dan kuat.

Mengatasi asam lambung
Terakhir, bagi Anda yang sering mengalami asam lambung dan masalah-masalah lambung lainnya seperti maag dan tukak lambung, Anda bisa mengonsumsi tapioka sebagai solusinya.

Hal ini karena singkong sebagai bahan alami tepung mampu menebalkan lapisan lambung secara alami karena sifatnya yang merekat.
Jadi, konsumsilah makanan-makanan berbahan dasar tepung tapioka supaya Anda tidak selalu mengalami masalah pada lambung Anda.