Forum Diskusi dan Komunitas Online
Alami Gangguan Kesuburan? Metode Bayi Tabung Ini Bisa Menjadi Solusinya - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Alami Gangguan Kesuburan? Metode Bayi Tabung Ini Bisa Menjadi Solusinya (/Thread-Alami-Gangguan-Kesuburan-Metode-Bayi-Tabung-Ini-Bisa-Menjadi-Solusinya)



Alami Gangguan Kesuburan? Metode Bayi Tabung Ini Bisa Menjadi Solusinya - Artikelsehat - 25 November 2021

Bagi sebagian pasangan yang sudah menikah, tentunya kehadiran buah hati adalah hal yang sangat dinantikan. Namun tidak sedikit pasangan yang memiliki masalah kesehatan reproduksi sehingga mempengaruhi tingkat kesuburan. Masalah kesuburan ini dapat dialami oleh pria dan wanita pada usia produktif.

Masalah kesuburan tentunya akan mempengaruhi proses pembuahan sel telur dan sperma secara alami. Dengan perkembangan teknologi medis yang kian maju, masalah kesuburan yang dialami oleh sebagian pasangan mungkin akan membawa sedikit angin segar.

Dengan teknologi medis untuk membantu proses reproduksi melalui metode bayi tabung misalnya. Metode bayi tabung ini biasa disebut sebagai In Vitro Fertilization (IVF).

Apa sih teknologi bayi tabung ini?
Menurut penelitian, teknologi bayi tabung ini adalah metode yang paling efektif untuk masalah kesuburan pria dan wanita yang ingin memiliki buah hati. Metode bayi tabung juga akan menggunakan sel telur dan sperma dari pasangan itu sendiri maupun dari donor.

Tujuan utama dari metode bayi tabung ini tentunya adalah untuk mencapai kesuksesan kehamilan yang sehat.

Kapan metode bayi tabung bisa dijadikan pilihan?
Metode bayi tabung umumnya akan dijadikan pilihan bagi pasangan yang memiliki beberapa masalah kesuburan, antara lain sebagai berikut:

1. Kondisi tuba falopi yang rusak atau adanya penyumbatan
2. Mengalami gangguan ovulasi
3. Mengalami endometriosis
4. Fibroid rahim
5. Memiliki riwayat pengangkatan rahim/tuba falopi
6. Memiliki gangguan kesehatan sperma dan fungsi sperma
7. Memiliki kelainan genetik
8. Memiliki penyakit kanker yang harus menjalani kemoterapi

Apa saja tahapan yang harus dijalani untuk metode bayi tabung?
Metode bayi tabung memiliki siklus proses sekitar 3 minggu dengan beberapa langkah yang akan diambil oleh tim medis. Beberapa persiapan dan tahapan yang dilakukan pada metode bayi tabung antara lain:

1. Stimulasi Ovarium
Dengan stimulasi ovarium ini, tim medis akan memberikan obat kesuburan agar dapat merangsang produksi sel telur.

2. Pengambilan sel telur dan sel sperma
Jika sel telur sudah diproduksi, maka selanjutnya akan diambil melalui operasi kecil oleh tim medis. Sel sperma juga akan diambil dari pasangan dan akan dilanjutkan ke tahap pembuahan.

3. Fertilisasi (proses pembuahan)
Fertilisasi akan dilakukan di luar rahim dengan harapan sel sperma dapat menyatu dengan sel ovum dan berhasil membentuk embrio yang baik.

4. Transfer embrio
Jika embrio sudah terbentuk dengan baik, tahap selanjutnya adalah memindahkan embrio ke dalam rahim dengan bantuan alat kateter. Nantinya diharapkan embrio tersebut dapat menempel di dinding rahim.

Meskipun metode bayi tabung ini dinilai ampuh sebagai solusi untuk mendapatkan buah hati, namun tetap memiliki beberapa faktor keberhasilan, antara lain:

1. Faktor usia ibu hamil
2. Penyebab infertilitas yang dialami
3. Gangguan kehamilan yang mungkin akan timbul

Untuk mengetahui lebih pasti tentang program kehamilan yang tepat untuk dijalani, berkonsultasilah dengan tim medis mengenai kondisi Anda dengan pasangan. Selalu jalani pola hidup sehat dan hindari merokok atau minum-minuman keras yang dapat mempengaruhi kesehatan sistem reproduksi.