Forum Diskusi dan Komunitas Online
Mengenal 7 Jenis Kemasan Plastik yang Aman untuk Makanan - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Mengenal 7 Jenis Kemasan Plastik yang Aman untuk Makanan (/Thread-Mengenal-7-Jenis-Kemasan-Plastik-yang-Aman-untuk-Makanan)



Mengenal 7 Jenis Kemasan Plastik yang Aman untuk Makanan - creokreasi - 19 November 2021

[Image: jual-kemasan-di-medan-450x250.jpg]

Menggunakan salah satu atau beberapa dari jenis kemasan plastik yang aman untuk makanan adalah hal penting. Sebab isu keamanan kemasan plastik untuk mengemas makanan selalu hangat diperbincangkan. Masyarakat modern kemudian berusaha selektif memilih produk makanan, supaya tidak hanya enak namun dikemas dengan kemasan yang aman bagi kesehatan.
 
Jenis Kemasan Plastik untuk Makanan

Kemasan plastik memang menjadi jenis kemasan yang banyak dipilih oleh pelaku bisnis di bidang kuliner. Sebab praktis, ekonomis, dan mampu menampilkan produk makanan terlihat menggiurkan. Hanya saja tidak semua jenis plastik cocok dijadikan bahan pengemas makanan. Sebab kandungan bahan kimia tertentu di dalamnya bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, para pelaku bisnis perlu memilih jenis kemasan plastik yang aman untuk makanan supaya produknya punya nilai tambah di mata konsumen. Berikut adalah beberapa jenis plastik yang diketahui aman untuk mengemas produk makanan dan tentunya aman untuk dipilih:

1. Plastik Kemasan PET
Jenis plastik yang pertama adalah plastik PET, biasanya ditunjukan dengan logo segitiga dan diberi angka 1 di tengah kemudian di bawah diberi keterangan bertuliskan PET. PET merupakan jenis plastik yang kuat, berwarna bening, dan tidak tahan panas. Sehingga produk dalam kemasan plastik ini tidak boleh dipanaskan.

2. Plastik Kemasan PVC
Jenis kedua adalah plastik PVC yang ditunjukan dengan logo berbentuk segitiga dan ada angka 3 di bagian tengah sekaligus ditambah keterangan huruf V di bagian bawah. Plastik jenis ini berbentuk seperti kotak makan sehingga sering digunakan untuk membungkus gorengan, nasi kotak, dan sejenisnya.

3. Plastik Kemasan HDPE
Jika menjual produk susu, maka salah satu jenis kemasan plastik yang aman untuk makanan adalah plastik HDPE. Plastik ini memiliki logo segitiga dengan angka 2 di dalamnya. Plastik memiliki tampilan buram dan tidak tembus cahaya, sehingga cocok untuk mengemas produk susu maupun olahannya.

4. Plastik Side Gusset Pouches
Jenis berikutnya adalah Side Gusset Pouches yang umumnya digunakan untuk mengemas makanan dalam bentuk bubuk. Seperti tepung terigu, oat, susu bubuk, tepung roti, dan sejenisnya. Plastik ini tidak dilengkapi zipper sehingga usai dibuka tidak bisa ditutup rapat. Produk sebaiknya dipindahkan ke wadah lain yang kedap udara.

5. Plastik Stand Up Pouches
Jika suka belanja produk makanan ringan dijamin kenal dengan jenis plastik satu ini, yaitu Stand Up Pouches. Sesuai namanya plastik ini didesain bisa  berdiri dengan bagian bawah lebih lebar sebagai kaki. Ujung bagian atas terdapat zipper sehingga cocok untuk makanan ringan yang tidak habis sekali makan.

6. Plastik LDPE
Jika sering belanja produk makanan yang belum matang atau bahan mentah maka dijamin akrab dengan plastik LDPE. Plastik ini memiliki logo segitiga dengan angka 4 di bagian tengah. Transparan namun tidak tembus cahaya sekaligus tahan air. Sehingga cocok untuk mengemas makanan mentah maupun makanan beku.

7. Plastik Flat Bottom Pouches
Terakhir adalah plastik jenis Flat Bottom Pouches yang memiliki zipper di bagian atas. Kemasan plastik jenis ini cocok untuk kue kering atau makanan renyah lainnya. Hanya saja harganya lumayan dan lebih sering digunakan untuk mengemas produk makanan premium yang dijual juga dengan harga lumayan.

Butuh jasa cetak kemasan plastik untuk berbagai jenis kemasan plastik yang aman untuk makanan? Maka bisa menggunakan jasa dari Creo House yang melayani pembuatan plastik kemasan makanan yang dijamin aman. Desain beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, info lebih lanjut bisa menghubungi kontak 081375556969.