Forum Diskusi dan Komunitas Online
Sudah Tahu Belum? 7 Cara Menunda Kehamilan dengan Aman - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Sudah Tahu Belum? 7 Cara Menunda Kehamilan dengan Aman (/Thread-Sudah-Tahu-Belum-7-Cara-Menunda-Kehamilan-dengan-Aman)



Sudah Tahu Belum? 7 Cara Menunda Kehamilan dengan Aman - Artikelsehat - 16 November 2021

Bagi sebagian pasangan, kehamilan adalah suatu hal yang membahagiakan. Tapi tidak sedikit juga pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan. Tentunya, pasangan yang menunda kehamilan tetap dapat melakukan hubungan seksual dengan memperhatikan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan kehamilan.

Berikut adalah cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan, antara lain:

Menggunakan alat kontrasepsi
Alat kontrasepsi adalah suatu alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Beberapa alat kontrasepsi sangat umum untuk digunakan, baik pada laki-laki maupun perempuan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), alat kontrasepsi pada laki-laki efektif mencegah kehamilan sebesar 80% dan pada perempuan sebesar 79% jika digunakan secara benar.

Selain itu, alat kontrasepsi juga dapat mencegah penularan penyakit infeksi menular seksual (IMS). Alat kontrasepsi sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Kondom
Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan dan dapat dibeli dengan mudah di apotek atau toko-toko lainnya tanpa resep dokter. Kondom terbuat dari lateks yang aman untuk digunakan dan dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan sesuai dengan jenisnya.

2. Diafragma
Diafragma adalah alat yang ditempatkan di dalam vagina dengan efektivitas sebesar 90%. Diafragma dapat didiamkan selama 6 jam setelah berhubungan seksual dan dilepas setelah 24 jam.

3. Spons
Spons adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari busa dan diletakan di dalam vagina. Spons berfungsi untuk mematikan sel sperma yang masuk ke dalam vagina.

4. Pil Kontrasepsi (Pil KB)
Pil kontrasepsi menurut penelitian memiliki efektivitas sebesar 95%. Pil kontrasepsi sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu:

Pil kombinasi : Pil dengan kandungan estrogen dan progestin yang dikonsumsi setiap hari
Pil mini : Pil dengan kandungan progestin yang dikonsumsi setiap hari pada waktu yang sama setiap harinya.

5. Kontrasepsi suntik
Kontrasepsi suntik adalah jenis alat kontrasepsi yang disuntikan ke dalam tubuh setiap 12 minggu, dengan efektivitas diangka 90% lebih.

6. Pil kontrasepsi darurat
Pil kontrasepsi darurat adalah pil yang diminum oleh perempuan pada pagi hari. Pil kontrasepsi darurat sendiri dibagi menjadi 2(dua) yaitu:

Pil hormon progestin : Pil ini harus diminum dalam kurun waktu 3 hari setelah berhubungan seksual
Pil ulipristal asetat : Pil ulipristal asetat diminum dalam waktu 5 hari setelah berhubungan seksual.

7. Ejakulasi di luar vagina
Cara mencegah kehamilan yang umum untuk dilakukan adalah dengan tidak mengeluarkan sperma di dalam rahim. Cara ini memiliki efektivitas sebesar 78% untuk mencegah kehamilan.

Demikian beberapa cara mencegah kehamilan yang dapat dilakukan. Selalu konsultasikan terlebih dahulu tentang kesehatan reproduksi kamu dan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual. Konsultasi dengan dokter juga dapat membantu kamu dan pasangan agar dapat menemukan alat kontrasepsi yang tepat.