Forum Diskusi dan Komunitas Online
Pemeriksaan Awal Tindakan Bedah Toraks Kardiovaskular - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Pemeriksaan Awal Tindakan Bedah Toraks Kardiovaskular (/Thread-Pemeriksaan-Awal-Tindakan-Bedah-Toraks-Kardiovaskular)



Pemeriksaan Awal Tindakan Bedah Toraks Kardiovaskular - fitrihusna - 13 October 2021

Setiap dokter tentu akan melakukan serangkaian pemeriksaan kepada para pasiennya untuk mendapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat. Hal ini juga berlaku untuk dokter bedah toraks kardiovaskular yang bertugas menangani penyakit organ dalam rongga dada. Terdapat beberapa pemeriksaan yang harus dijalani oleh pasien. Untuk itu, yuk simak ulasannya!

Pemeriksaan Awal

Untuk mendapatkan diagnosis tentang penyakit dari pasien secara tepat, dokter BTKV akan melakukan pemeriksaan awal berdasarkan gejala dan keluhan yang dialami oleh pasien. Umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika dibutuhkan. Namun sebelum itu, dokter BTKV akan menelusuri riwayat penyakit yang pernah anda derita.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menyampaikan segala jenis penyakit yang pernah anda derita supaya dokter bisa melakukan pemeriksaan dengan tepat dan maksimal. Pasalnya, terdapat beberapa penyakit organ dalam rongga dada yang berhubungan dengan penyakit lainnya atau ada faktor keturunan yang mempengaruhinya.

Setelah  menelusuri riwayat penyakit yang pernah anda derita, dokter bedah toraks kardiovaskular akan memeriksa fisik anda secara menyeluruh, mulai dari mata hingga kaki. Selanjutnya, dokter mungkin akan menyarankan beberapa pemeriksaan lanjutan untuk mendukung pemeriksaan sebelumnya yang sudah dilakukan.

Pemeriksaan lanjutan ini bisa berupa biopsi jantung, UDG doppler, elektrokardiogram, tes darah dan urine, ekokardiografi, serta rontgen dada, MRI, CT scan, dan angiografi. Pemeriksaan lanjutan ini akan dilakukan berdasarkan keluhan dan gejala yang anda rasakan karena tiap penyakit memiliki gejala dan keluhan yang berbeda-beda. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan lanjutan


cek salah satu profil dokter BKTV yang kini berpraktek di Heartology : https://heartology.id/dr-dicky-aligheri