Forum Diskusi dan Komunitas Online
Pemeriksaan Prostate Spesific Antigen di Klinik Prodia Blitar - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Pemeriksaan Prostate Spesific Antigen di Klinik Prodia Blitar (/Thread-Pemeriksaan-Prostate-Spesific-Antigen-di-Klinik-Prodia-Blitar)



Pemeriksaan Prostate Spesific Antigen di Klinik Prodia Blitar - info.sehat - 7 September 2021

[Image: 5e9e6b4e96065.jpg]


Penulis: Agnes Sarila Wiridhani

Tes antigen spesifik prostat (PSA) bertujuan untuk mengukur jumlah protein yang dihasilkan sel prostat dalam darah. Tes ini dilakukan pada bagian prostat dari sistem reproduksi dan saluran kemih pria. Prodia Blitar menyediakan tes PSA dengan pelayanan baik. Untuk melakukan tes ini, Anda dapat membuat janji terlebih dahulu dengan mendatangi Laboratorium Klinik Prodia Blitar atau melakukan reservasi melalui website resmi Prodia.

Kadar PSA Normal
Tidak ada tingkat PSA normal atau abnormal secara spesifik dalam darah. Kadar PSA dapat bervariasi dari waktu ke waktu yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, genetic, dan gaya hidup.
Sebagian besar dokter menganggap kadar PSA di bawah sampai 4,0 ng/mL dianggap normal. Oleh karena itu, jika seorang pria memiliki tingkat PSA di atas 4,0 ng/mL, dokter akan merekomendasikan biopsi prostat untuk menentukan apakah berpotensi kanker prostat atau tidak.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa pria dengan kadar PSA di bawah 4,0 ng/mL memiliki kanker prostat dan banyak pria dengan kadar PSA yang lebih tinggi tidak menderita kanker prostat. Selain itu, berbagai faktor penyebab PSA pria juga berfluktuasi. Misalnya, tingkat PSA pria dapat meningkat jika pernah menderita prostatitis (infeksi saluran kemih). Selain itu, operasi prostat dan obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan maupun menurunkan kadar PSA.
Namun, secara umum, semakin tinggi tingkat PSA seorang pria, semakin besar kemungkinan dia menderita kanker prostat. Selain itu, peningkatan kadar PSA pria secara terus-menerus dari waktu ke waktu juga dapat menjadi tanda kanker prostat. Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi PSA sejak dini.

Tujuan Tes PSA
Antigen spesifik prostat, atau PSA adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar prostat. Tes PSA dilakukan untuk mendeteksi kanker prostat. Kadar PSA yang tinggi dapat mengindikasikan jika seseorang mengalami kanker prostat. Hasil tes PSA biasanya dilaporkan dalam nanogram PSA per mililiter (ng/mL) darah.

Tujuan pemeriksaan PSA adalah untuk mendiagnosis kanker pada stadium dini bahkan sebelum gejalanya muncul. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk diobati, sehingga meningkatkan peluang untuk sembuh. Selain itu, tes PSA juga bermanfaat untuk:
• perencanaan pengobatan untuk kanker prostat
• memantau penderita kanker prostat yang sedang dirawat intensif
• mengevaluasi pengobatan kanker prostat yang efektif
• memantau setelah prostatektomi total
• mengontrol sel kanker prostat apakah muncul kembali setelah pengobatan

Biaya Pemeriksaan Tes PSA
Biaya pemeriksaan PSA sangat bervariasi di setiap klinik. Namun, pada umumnya harga yang tertera sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan tentu akan memengaruhi biaya pemeriksaan.

Bagaimana Jika Tes PSA Menunjukkan Peningkatan Kadar PSA?
Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya peningkatan PSA secara signifikan, dokter dapat merekomendasikan tes PSA secara berkala. Jika selama beberapa waktu kadar PSA masih tinggi, dokter mungkin menyarankan pemeriksaan DRE dan tes urin untuk mendeteksi apakah ada infeksi saluran kemih. Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan tes pencitraan, seperti ultrasonografi transrektal, rontgen, sistoskopi, atau biopsi.

Jam Operasional Laboratorium Klinik Prodia Blitar
Hari: Senin – Sabtu
Jam: Senin- Jumat 07:00 - 16:00 | Sabtu 07:00 - 14:00

Lokasi Laboratorium Klinik Prodia Blitar
Bagi Anda yang tinggal di sekitar Blitar dapat melakukan tes kesehatan di Laboratorium Klinik Prodia Blitar yang berlokasi di Jalan Mawar Nomor 82, Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur, Kode Pos 66121.