Forum Diskusi dan Komunitas Online
Konsumsi Blesifen dan Cara Mengatasi Kemandulan - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Konsumsi Blesifen dan Cara Mengatasi Kemandulan (/Thread-Konsumsi-Blesifen-dan-Cara-Mengatasi-Kemandulan)



Konsumsi Blesifen dan Cara Mengatasi Kemandulan - info.sehat - 11 June 2021


[Image: blesifen.jpg]

Kondisi infertilitas bisa diupayakan dengan obat mandul seperti blesifen atau tindakan medis tertentu sesuai penyebabnya. Umumnya untuk mengatasi kemandulan, diperlukan serangkaian penanganan medis. Di antaranya melalui obat-obatan, tindakan operasi seperti konsumsi blesifen, hingga pemanfaatan teknologi reproduksi berbantu.
Ada baiknya kamu dan pasangan membuat rencana mengenai seberapa jauh kalian berdua akan menjalani pengobatan infertilitas. Contohnya kamu bersedia untuk menjalani pengobatan, namun tidak sampai pada proses operasi. Meski selama proses, bisa saja kamu berubah pikiran namun lebih baik buatlah perencanaan.
Jika biaya merupakan hal yang berpotensi menjadi hambatan bagi kamu dan pasangan, diskusikan bersama mengenai seberapa banyak biaya yang dapat dikeluarkan. Membuat perencanaan seperti ini dapat mencegah dari terjadinya pembengkakan biaya yang bisa diperburuk dengan gejolak emosional selama proses pengobatan.
Mencari Tempat dan Tenaga Medis yang Tepat
Jika kamu memiliki masalah kesuburan, sangat penting untuk memilih rumah sakit atau klinik, dan tenaga medis yang memenuhi persyaratan. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, antara lain:
  • Ketersediaan layanan yang kamu butuhkan.
  • Jenis pengobatan apa saja yang disediakan.
  • Tingkat keberhasilan dari pengobatan yang sudah dilakukan.
  • Seberapa banyak pasien yang sedang dalam daftar tunggu.
  • Biaya pengobatan.
Kemudian apa saja yang akan dilakukan dokter untuk pengobatan kemandulan? Beberapa proses yang biasanya dilakukan terdiri dari pemberian obat-obatan, tindakan operasi, inseminasi buatan, hingga teknologi reproduksi berbantu (assisted reproductive technology). Tidak jarang langkah-langkah tersebut merupakan kombinasi.
Dokter akan menentukan pengobatan berdasarkan:
  • Hasil pemeriksaan fisik dan tes penunjang.
  • Seberapa lama pasangan sudah berusaha untuk memiliki keturunan.
  • Usia dari masing-masing individu.
  • Kondisi kesehatan secara keseluruhan.
  • Preferensi dari pasangan.
Pilihan Pengobatan
Untuk menentukan obat mandul yang tepat, masing-masing pasangan akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Hasil dari pemeriksaan tersebut yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh pihak dokter.
Pengobatan untuk pria
Untuk pria, kemungkinan pengobatan termasuk mengatasi kemungkinan masalah seksual secara umum atau kurangnya sperma yang sehat. Beberapa jenis pengobatan antara lain:
  • Mengobati infeksi. Penggunaan antibiotik kemungkinan mampu mengatasi infeksi pada saluran reproduksi. Kabar buruknya, hal itu tidak selalu berarti mampu mengembalikan kesuburan.
  • Obat-obatan dan terapi hormon. Jika penyebab kemandulan disebabkan kadar hormon tertentu yang terlalu rendah atau tinggi, atau masalah tubuh dalam memanfaatkan hormon, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan atau terapi penggantian hormon. Dokter juga mungkin dapat memberikan obat untuk memperbaiki fungsi testis dan meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.
  • Penanganan masalah seksual. Kemungkinan diperlukan konseling atau obat mandul untuk meningkatkan kesuburan dalam kondisi disfungsi ereksi atau ejakulasi dini.
  • Tindakan operasi. Salah satu kondisi yang kerap menjadi penyebab kemandulan adalah varikokel. Kondisi ini dapat diatasi dengan operasi. Sperma biasanya akan kembali muncul dari testis setelah sebelumnya tidak ditemukan pada saat ejakulasi.
Pengobatan untuk wanita
Untuk memulihkan kesuburan seorang wanita, mungkin akan diperlukan beberapa jenis pengobatan, antara lain:
  • Obat kesuburan untuk merangsang ovulasi. Obat jenis ini merupakan perawatan utama bagi perempuan yang tidak subur akibat gangguan ovulasi. Obat-obatan ini akan mengatur atau merangsang ovulasi. Misalnya, obat jenis clomifene atau tamoxifen akan membantu memulai ovulasi atau membuatnya menjadi teratur. Bicarakan dengan dokter mengenai obat yang tepat, sekaligus manfaat dan risikonya.
  • Tindakan operasi untuk memperbaiki kesuburan. Ada beberapa prosedur yang dapat dilakukan. Misalnya, operasi histeroskopi dapat membantu mengatasi polip endometrium atau masalah dinding penyekat rahim dan jaringan parut dalam rahim. Jika masalahnya berupa sumbatan tabung saluran indung telur (tuba Falopi tersumbat), maka dapat dilakukan operasi pada saluran tersebut agar sel telur bergerak lebih mudah.
  • Inseminasi Intrauterin. Disebut juga inseminasi buatan, dalam proses ini, dilakukan pemilihan sperma dengan kualitas terbaik, kemudian ditempatkan ke dalam rahim dengan alat bantu. Prosedur ini biasanya dilakukan saat ovulasi untuk memperbesar kemungkinan dan sebelumnya diberikan hormon kadar rendah untuk menstimulasi sel telur.
Demikian cara menangani kemandulan yang bisa diobati melalui obat salah satunya blesifen. Semoga menambah wawasanmu.