Forum Diskusi dan Komunitas Online
Ketahui Gejala Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Ketahui Gejala Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih (/Thread-Ketahui-Gejala-Sariawan-Penyebab-Lidah-Bayi-Putih)



Ketahui Gejala Sariawan Penyebab Lidah Bayi Putih - info.sehat - 25 May 2021

[Image: lidah-bayi-putih.jpg]

Lidah bayi putih bisa disebabkan karena beberapa hal seperti sisa susu yang menempel di lidah, yang kemungkinan besar menjadi penyebab perubahan warna ini. Tak hanya itu, lidah bayi putih juga bisa disebabkan karena gejala sariawan. Beberapa bayi baru lahir dapat terkena sariawan, yang merupakan infeksi jamur mulut yang sering menyerang bayi dan anak-anak. Pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Candida inilah yang menyebabkan sariawan.

Gejala Sariawan
Gejala sariawan penyebab lidah bayi putih meliputi:
  • sariawan putih menyerupai keju yang tidak terkelupas
  • bercak putih di dalam pipi dan di lidah, gusi, dan langit-langit mulut bayi
  • bintik putih di mulut bayi
  • kemerahan di mulut bayi
  • terdapat retak di sudut mulut bayi
  • lebih rewel saat menyusui
  • terdengar bunyi klik saat memberi makan
  • mengalami ruam popok

Penyebab Sariawan
Sariawan yang dapat menyebabkan timbulnya lidah bayi putih ini diakibatkan karena Candida albicans, yaitu jamur yang merupakan mikrobiota manusia yang paling umum.

Candida ini sering hidup di kulit dan di dalam tubuh manusia seperti mulut, tenggorokan, usus dan vagina. Sebetulnya, Candida tidak menimbulkan masalah apapun. Tetapi, Candida dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi jika lingkungannya telah terdapat perubahan yang mendorong pertumbuhan dari Candida.

Tak hanya itu saja, sistem kekebalan bayi yang baru lahir juga belum berfungsi sepenuhnya. Sistem kekebalan yang lemah ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi pada bayi baru lahir, sehingga memungkinkan Candida berkembang biak dan menimbulkan sariawan. Seperti yang kita tahu, jamur bisa tumbuh subur di area yang kelembapannya tinggi dan hangat, seperti mulut. Oleh karena itu, mulut adalah lingkungan yang sempurna untuk infeksi jamur.

Munculnya lidah bayi putih juga bisa disebabkan saat seseorang mengalami infeksi jamur vagina selama kehamilan, Candida dapat berpindah ke bayi baru lahir saat lahir.

Komplikasi Potensial Lidah Bayi Putih
Sariawan mulut yang dapat menyebabkan lidah bayi putih ini biasanya tidak menyebabkan komplikasi pada bayi baru lahir dan anak-anak yang sehat. Namun, infeksi terkadang bisa menjadi parah bagi orang dengan kekebalan yang rendah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi akibat jamur Candida juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain jika sistem kekebalan seseorang tidak berfungsi dengan baik. Yang paling parah adalah, infeksi jamur Candida juga dapat memengaruhi darah, selaput yang melapisi otot jantung, dan selaput otak. 
Banyak orang yang sering bingung, apakah lidah bayi putih disebabkan karena sariawan atau residu susu, karena memiliki penampilan yang mirip.

Untuk membedakannya, orang tua bayi atau pengasuh dapat mencoba menyeka film putih dari lidah bayi baru lahir dengan lembut menggunakan kain lembap yang hangat. Jika lapisan putih terhapus, kemungkinan lidah bayi putih diakibatkan karena adanya residu susu.

Residu susu biasanya lebih terlihat segera setelah bayi baru lahir baru saja menyusu karena produksi air liurnya yang relatif rendah. Sisa susu cenderung menghilang dalam beberapa jam setelah menyusui atau setelah bayi mulai memproduksi lebih banyak air liur lagi.

Berbeda dengan lidah putih bayi karena susu, sariawan justru tidak menghilang dari permukaan lidah bahkan setelah dilap, tetapi tetap dalam bentuk bercak dengan tampilan seperti keju cottage. Mencoba menghapus bercak putih pada lidah bayi mungkin juga akan meninggalkan bintik merah yang bisa saja berdarah.

Kapan Harus Menghubungi Dokter
Orang tua dan pengasuh harus segera membawa bayi baru lahir ke dokter jika bayi memiliki gejala sariawan. Dokter nantinya akan memeriksa mulut bayi baru lahir untuk mencari lesi putih dan meresepkan obat antijamur. Jika dokter mencurigai bahwa kondisi medis yang mendasari lidah bayi putih menyebabkan sariawan, dokter mungkin melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah.