Forum Diskusi dan Komunitas Online
Konsumsi Suplemen Blackmores Multi B untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin B Tubuh, Ini Manf - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Konsumsi Suplemen Blackmores Multi B untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin B Tubuh, Ini Manf (/Thread-Konsumsi-Suplemen-Blackmores-Multi-B-untuk-Penuhi-Kebutuhan-Vitamin-B-Tubuh-Ini-Manf)



Konsumsi Suplemen Blackmores Multi B untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin B Tubuh, Ini Manf - info.sehat - 18 May 2021

Vitamin B sangat penting bagi tubuh agar sel-sel tubuh bisa berfungsi dengan baik. Vitamin B ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tapi ada berbagai jenis atau disebut vitamin B kompleks. Untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin B kompleks ini bisa dengan mengkonsumsi suplemen, salah satunya Blackmores Multi B
Mengenal Berbagai Jenis Vitamin B dan Manfaatnya
Vitamin B terdiri dari 8 jenis atau disebut vitamin B kompleks. Masing-masing jenis vitamin B ini punya manfaat bagi tubuh. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.
  1. Vitamin B1 (Thiamin)
Vitamin B1 ini bermanfaat mencegah dan melepaskan energi dari makanan, menjaga kesehatan sistem saraf, memproduksi asam lemak, membuat neurotransmiter tertentu, mensintesis hormon tertentu, hingga memproduksi asam lemak.
Jumlah vitamin B1 yang dibutuhkan tubuh orang dewasa 1 mg sehari untuk pria, dan 0,8 mg untuk wanita per harinya.
  1. Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 ini memiliki manfaat berupa menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf, mengubah vitamin B6 menjadi koenzim yang dibutuhkan tubuh, membantu tubuh melepaskan energi dari makanan, memecah lemak dan obat-obatan, serta mengubah triptofan menjadi niasin.
Jumlah vitamin B2 yang diperlukan tubuh orang dewasa pria sekitar 1,3 mg sehari dan 1,1 mg untuk wanita per hari.
  1. Vitamin B3 (Niacin)
Tubuh akan mengubah vitamin B3 atau niacin ini menjadi koenzim bernama nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). Enzim ini akan membantu mengubah energi yang ada dalam karbohidrat, lemak, dan juga protein menjadi bentuk yang bisa digunakan oleh tubuh. Selain itu juga bermanfaat dalam proses metabolisme sel tubuh, ekspresi DNA dalam sel, dan komunikasi antar sel.
Pria dewasa membutuhkan 16,5 mg sehari dan 13,2 mg untuk wanita dalam sehari. 
  1. Vitamin B5 (asam pantotenat)
Vitamin B5 diperlukan oleh tubuh dalam membuat koenzim, protein, dan lemak baru yang digunakan dalam berbagai proses untuk energi dan metabolisme.
Pria dan wanita dewasa membutuhkan asupan vitamin B5 dalam jumlah yang sama, yaitu sekitar 5mg sehari.
  1. Vitamin B6
Vitamin B6 dikenal sebagai piridoksin yang diperlukan oleh tubuh untuk menyimpan energi dari protein dan karbohidrat dalam makanan, pengembangan otak, fungsi kekebalan, dan memberntuk hemoglobin yang berguna membawa oksigen ke seluruh tubuh.
Dalam sehari, wanita dewasa membutuhkan asupan vitamin B6 sebanyak 1,2 mg dan pria 1,4 mg dalam sehari.
  1. Vitamin B7 (Biotin)
Biotin atau vitamin B7 dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Vitamin B7 ini berguna memecah lemak, protein, dan karbohidrat, regulasi DNA, dan komunikasi antar sel dalam tubuh.
Namun, bakteri yang hidup alami di usus mampu membuat biotin atau vitamin B7 ini. Sehigga masih belum jelas apakah tubuh membutuhkan biotin tambahan dari makanan atau tidak.
  1. Vitamin B9 (Folat dan asam folat)
Vitamin B9 atau folat memang bisa ditemukan dalam makanan. Ada pula asam folat yang merupakan buatan manusia. Vitamin B9 ini berfungsi membentuk sel darah merah yang sehat dna mengurangi adanya risiko cacat lahir seperti spina bifida pada bayi yang belum lahir.
Orang yang kekurangan folat akan mengalami anemia defisiensi folat. Pada orang dewasa, kadar folat yang dibutuhkan dalam sehari sebanyak 200 mcg. Jika sedang hamil atau dalam program hamil, maka disarankan mengonsumsi suplemen 400 mcg asam folat setiap hari selama 12 minggu kehamilan.
Mengonsumsi suplemen asam folat ini penting untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf seperti spina bifida pada bayi.
  1. Vitamin B12
Jenis selanjutnya dari vitamin B adalah B12 yang membantu tubuh membuat sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, sintesis DNA, melepaskan energi dari makanan, penggunaan folat, serta mendukung fungsi otak neurologis.
Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan anemia defisiensi vitamin B12. 
Orang dewasa membutuhkan 1,5 mcg vitamin B12 dalam sehari. 
Suplemen yang Memenuhi Kebutuhan Vitamin B 
Salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi adalah Blackmores Multi B. Suplemen ini membantu mengolah makanan menjadi energi secara optimal, mengatasi stres berkelanjutan, dan mengandung passion flower yang sering digunakan dalam pengobatan herbal barat dalam merdakan ketegangan saraf.
Komposisi Blackmores Multi B ini berupa vitamin B1, B2, Niasin, Vitamin B5, B6, B12, Vitamin H, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, kalsium, kalium, asam folat, ekstrak avena sativa, ekstrak passiflora incamata, kolin bitartrat, dan inositol.
Tentu kandungan dalam Blackmores Multi B ini bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B dan nutrisi lainnya.