Forum Diskusi dan Komunitas Online
Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat Beragam, Adakah Risikonya? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat Beragam, Adakah Risikonya? (/Thread-Manfaat-Lidah-Buaya-untuk-Jerawat-Beragam-Adakah-Risikonya)



Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat Beragam, Adakah Risikonya? - info.sehat - 3 May 2021

[Image: lidah-buaya-untuk-jerawat.jpg]

Tahukah Anda bahwa 9,4 persen dari seluruh populasi dunia menderita jerawat? Meskipun dianggap sebagai sebuah gangguan kulit yang sepele, jerawat dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Ada banyak jenis perawatan yang tersedia saat ini, seperti tindakan medis khusus yang dapat mengatasi jerawat secara permanen.

Namun, apabila Anda mencari cara alami dan lembut, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk jerawat. Masuk ke dalam keluarga sukulen, gel yang terkandung di dalam daun bergerigi lidah buaya memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Namun, yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana menggunakan lidah buaya untuk jerawat dan adakah risiko efek samping yang terkandung di dalam bahan alami ini? Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk jerawat dengan menjadikannya masker wajah atau bahkan semprotan antibakteri. Karena lidah buaya dapat menstimulasi pertumbuhan sel kulit sehat, Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai semprotan pembersih yang menyegarkan.

Semprotan lidah buaya dapat menghidrasi kulit tanpa menyebabkan kilau atau produksi minyak berlebih, yang nantinya malah dapat menyumbat pori-pori. Anda bisa mencampur 1 ¼ ons air dan 1 ½ ons lidah buaya, dan teteskan sedikit minyak esensial tidak beracun, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Berhati-hatilah untuk menghindari daerah mata saat Anda menggunakannya, dan kocok terlebih dahulu sebelum digunakan.

Selain menggunakan lidah buaya untuk jerawat dalam bentuk semprotan, Anda bisa membuat scrub dengan mencampur lidah buaya, gula, dan minyak kelapa. Eksfoliasi kulit dapat membersihkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Gula tebu putih atau mentah dapat membersihkan sel-sel kulit mati tersebut dengan lembut dan mudah, memberikan akses bagi lidah buaya untuk terserap ke dalam kulit dan menstimulasi pertumbuhan kulit yang sehat. Sementara itu, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan juga bekerja sebagai emolien alami. Asam utama di minyak kelapa telah diteliti dan dibuktikan memiliki manfaat yang menjanjikan untuk perawatan jerawat. Mencampur ketiganya dapat membuat kulit Anda terasa halus dan segar.

Untuk membuat scrub ini, campur ½ cup minyak kelapa ke dalam ½ cup gula putih dan campur hingga merata. Tuangkan ¼ cup gel lidah buaya murni, dan Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Untuk menggunakannya, ambil sedikit campuran dan letakkan ke kulit wajah dengan menghindari daerah sekitar mata. Diamkan selama beberapa saat dan bilas hingga bersih menggunakan air.

Selain cara alami, Anda bisa menggunakan krim jerawat dan produk perawatan jerawat over-the-counter yang mengandung lidah buaya di dalamnya. Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan, menjadikannya sebagai bahan populer untuk perawatan jerawat komersil.

Risiko dan komplikasi
Beberapa orang menggunakan lidah buaya untuk jerawat dalam bentuk teh lidah buaya dan jus lidah buaya untuk merawat jerawat. Namun, sejauh ini, belum ada bukti bahwa cara tersebut efektif bekerja. Ada pula bukti yang menunjukkan terlalu banyak mengonsumsi lidah buaya dapat berbahaya untuk tubuh dan menempatkan Anda dalam risiko yang lebih tinggi untuk menderita jenis kanker tertentu.

Hindari mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang tinggi hingga Anda tahu risiko yang dibawanya. Selain itu, lidah buaya dapat menyebabkan interaksi dengan obat-obatan lain. Beritahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi lidah buaya untuk jerawat. Sebelum Anda menggunakan zat apapun dan mengoleskannya ke wajah, lakukan “patch test” pada pergelangan tangan, bagian belakang telinga, dan bagian atas tangan untuk menguji kulit. Jika terdapat reaksi apapun setelah menggunakan lidah buaya, jangan gunakan lidah buaya untuk jerawat.