Forum Diskusi dan Komunitas Online
Hidung Gatal, Apa Penyebabnya? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Hidung Gatal, Apa Penyebabnya? (/Thread-Hidung-Gatal-Apa-Penyebabnya)



Hidung Gatal, Apa Penyebabnya? - info.sehat - 12 April 2021


[Image: Woman-sneezing-on-bed.jpg]

Hidung gatal
merupakan salah satu gejala yang sering terjadi. Hidung gatal bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya termasuk alergi.


Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang lebih berpotensi mengalami berbagai gejala, karena bagian tersebut terletak di bagian depan wajah. Selain itu, hidung memiliki rambut-rambut halus dimana rambut tersebut memiliki kegunaan dalam menangkap berbagai iritan seperti kotoran dan debu.


Hidung juga dilapisi dengan selaput lembab. Jika bagian tersebut tidak lembab, hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang sakit atau berada di tempat yang panas.


Gejala


Karena hidung gatal bisa terjadi karena rhinitis alergi, hidung gatal tidak hanya menimbulkan rasa gatal, namun juga dapat menimbulkan kemerahan pada hidung, bersin, dan meler.


Hidung gatal dapat mengganggu kehidupan manusia sehari-hari. Jika Anda mengalami masalah yang serius pada hidung Anda, Anda sebaiknya temui dokter supaya kondisinya bisa segera ditangani.


Penyebab


Hidung gatal bisa terjadi karena faktor berikut:
- Hidung kering
Hidung kering merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan hidung gatal. Jika hidung kering, hidung bisa mengalami iritasi dan nyeri. Selain cuaca, hidung kering terjadi karena seseorang membuang ingus (setelah bersin) dan menggunakan obat untuk mengatasi pilek dan alergi.


- Faktor lingkungan
Tidak semua lingkungan memiliki kondisi yang sama. Sebagian lingkungan mungkin lebih bersih dibandingkan dengan lingkungan lain, serta lebih aman karena memiliki cuaca yang lebih baik.


Lingkungan juga berkaitan dengan cuaca dimana rhinitis alergi bisa timbul di musim tertentu dan dapat menimbulkan iritasi seperti gatal pada hidung.


- Alergi
Alergi juga merupakan kondisi yang sering dialami manusia. Ada berbagai sumber yang dapat memicu alergi, dua di antaranya adalah makanan dan hewan. Alergi dapat menimbulkan berbagai reaksi pada tubuh, termasuk hidung gatal.



- Virus
Virus seperti flu berpotensi menimbulkan rasa gatal di hidung. Virus bisa menimbulkan lendir di hidung sehingga tubuh manusia memberikan tanggapan dengan memberikan rasa gatal di bagian tersebut.


Rasa gatal bisa membuat manusia bersin. Hal tersebut dapat membantu mengeluarkan kotoran seperti ingus dari hidung.


- Tumor hidung
Tumor adalah sesuatu yang bisa tumbuh di bagian tubuh manusia. Tumor bisa tumbuh di dalam hidung atau sekitar saluran hidung. Tumornya bisa bersifat kanker atau jinak. Tumor hidung tidak hanya menyebabkan hidung gatal, namun juga dapat menyebabkan hidung tersumbat, kehilangan indera penciuman, luka, dan infeksi.


- Kondisi lain
Contoh kondisi lain yang dapat menyebabkan hidung gatal adalah sinusitis dan migrain. Kedua kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah yang serius pada tubuh. Kedua kondisi tersebut juga dapat menimbulkan gejala lain pada tubuh.


Jika Anda Mengalami Masalah Yang Serius Pada Hidung Anda


Jika Anda mengalami kondisi yang serius pada hidung Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:
- Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
- Daftar gejala yang Anda alami.
- Daftar riwayat medis dan obat yang Anda gunakan (jika ada).


Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:
- Kapan gejala tersebut terjadi?
- Berapa lama gejala tersebut terjadi?
- Apakah Anda alergi terhadap sesuatu?


Pengobatan


Anda tidak perlu mengobati hidung gatal (jika kondisinya tidak parah), karena hidung gatal akan sembuh dengan sendiri. Jika perlu, Anda dapat menggunakan obat yang diresepkan dokter. Cara alami seperti mengkonsumsi air putih juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung gatal.


Pencegahan


Untuk mencegah hidung gatal, Anda juga bisa melakukan beberapa cara seperti:
- Menjaga kelembaban hidung dengan menggunakan pelembab.
- Menggunakan sabun yang lembut ketika Anda mandi.
- Tidak menggaruk hidung.


Kesimpulan


Hidung gatal merupakan kondisi yang perlu diwaspadai, karena bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ada berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung gatal. Jika Anda mengalami kondisi yang serius pada hidung Anda, Anda bisa bertemu dengan dokter.