Forum Diskusi dan Komunitas Online
Waspadai Bahaya Air Garam Untuk Kulit Wajah Sensitif - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Waspadai Bahaya Air Garam Untuk Kulit Wajah Sensitif (/Thread-Waspadai-Bahaya-Air-Garam-Untuk-Kulit-Wajah-Sensitif--5828)



Waspadai Bahaya Air Garam Untuk Kulit Wajah Sensitif - info.sehat - 11 February 2021

[Image: bahaya-air-garam.jpg]
Air garam telah diyakini memberi berbagai manfaat kesehatan termasuk untuk kulit wajah. Manfaat tersebut membuat banyak orang mencoba menggunakan air garam untuk proses perawatan kulit wajah. Sayangnya, air garam ini tidak dapat sembarangan digunakan sebab berisiko menimbulkan efek samping pada jenis kulit tertentu. Beberapa jenis kulit seperti kulit kering, sensitif, dan berjerawat mungkin menunjukkan efek samping tertentu dengan air garam. Oleh karena itu, Anda perlu sangat berhati-hati dalam menggunakan air garam untuk menghindari bahayanya.

Manfaat air garam untuk kulit wajah
Meski terdapat peringatan mengenai bahaya air garam bagi jenis kulit tertentu, namun tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat yang ditawarkan pun cukup beragam. Anda termasuk beruntung apabila kulit Anda cocok menggunakan air garam. Berikut beberapa manfaat air garam untuk kulit wajah.
  • Sebagai toner untuk kulit wajah kering. Garam membantu membersihkan pori-pori serta menyeimbangkan produksi minyak sehingga mencegah timbulnya jerawat.
  • Membantu mengurangi kondisi kulit tertentu seperti eksim, psoriasis, serta kulit bersisik akibat terlalu kering.
  • Mengatasi mata bengkak. Caranya pun mudah hanya dengan merendam kapas pada larutan air garam hangat kemudian letakkan kapas tersebut di area sekitar mata.
  • Membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Hal tersebut dikarenakan air garam merupakan antibakteri yang baik bagi kulit wajah berjerawat.
Bahaya air garam untuk kulit wajah
Secara umum, air garam sebenarnya aman untuk digunakan. Hanya saja, waspada terhadap bahaya air garam tetap diperlukan sebab kondisi masing-masing kulit bisa berbeda. Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang paling berisiko mengalami efek samping dari penggunaan air garam. Bahaya air garam yang mungkin muncul di antaranya yaitu:
  • Kulit terasa kering setelah menggunakan air garam.
  • Jerawat muncul akibat penggunaan yang terlalu lama dan kurang bersih saat membilas.
  • Iritasi kulit dan memerah akibat pengangkatan sel kulit mati berlebihan.
  • Reaksi alergi seperti ruam, biduran,, gatal, perih, hingga sulit bernapas.
Hal lain yang perlu diperhatikan
Anda kini telah mengetahui manfaat serta bahaya air garam untuk kulit wajah. Lalu, bagaimana cara penggunaannya agar lebih aman? Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan ketika menggunakan air garam untuk kulit wajah.
  • Cek reaksi pada kulit terlebih dahulu
Meski Anda yakin bahwa kulit Anda tidaklah sensitif, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menggunakan air garam. Hal tersebut bertujuan untuk melihat reaksi dari kulit saat terkena air garam. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit air garam ke area kulit selain wajah misalnya bawah dagu atau di belakang telinga. Tunggu hingga 24-48 jam untuk mengecek reaksinya pada kulit. Anda bisa mulai menggunakan air garam untuk wajah jika tidak muncul reaksi alergi seperti kulit kemerahan, gatal, perih, bengkak, ruam, dan iritasi.
  • Hindari penggunaan berlebihan
Penggunaan air garam tetap perlu dikontrol walaupun wajah Anda tidak menunjukkan efek samping tertentu. Hindari penggunaan secara berlebihan. Anda cukup menggunakan air garam sebanyak 2 sampai 3 kali selama satu minggu.

Agar lebih yakin, sebelum menggunakan air garam untuk perawatan kulit wajah sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari munculnya risiko dan efek samping penggunaan air garam untuk wajah. Meski berbagai bahan alami diyakini mampu memberi manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, namun penggunaannya harus tepat dan berhati-hati. Jika salah, bukannya mendapat manfaat namun Anda malah dapat terkena efek samping serius. Apabila Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai bahaya air garam, tanyakan langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store atau Google Play.