Forum Diskusi dan Komunitas Online
5 Manfaat Kurma Ajwa dan Kapan Waktu Terbaik Mengkonsumsinya - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: 5 Manfaat Kurma Ajwa dan Kapan Waktu Terbaik Mengkonsumsinya (/Thread-5-Manfaat-Kurma-Ajwa-dan-Kapan-Waktu-Terbaik-Mengkonsumsinya)



5 Manfaat Kurma Ajwa dan Kapan Waktu Terbaik Mengkonsumsinya - info.sehat - 29 January 2021

Kurma merupakan salah satu buah yang enak dan memiliki banyak nutrisi serta bergizi. Selain itu, kurma pun hadir dengan berbagai jenis varian, salah satunya kurma Ajwa. Manfaat kurma Ajwa sangat banyak dibandingkan dengan kurma-kurma lain pada umumnya.
Artikel kali ini akan membahas apa saja manfaat yang diberikan dari kurma Ajwa dan kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah kurma ini. Yuk, simak penjelasannya!
Manfaat kurma ajwa
Buah manis dari pohon kurma terkenal kaya akan nutrisi, vitamin dan serat yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran manusia. Kurma ajwa adalah salah satu jenis kurma yang terkenal dengan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat kurma ajwa:
Kesehatan jantung
Asupan kurma ajwa dapat menghentikan penyempitan pembuluh darah, memperkuat jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Manfaat kurma ajwa untuk jantung dapat dikonfirmasi dengan fakta bahwa ia mengandung vitamin B yang berperan penting dalam menghilangkan kadar homositein yang berbahaya dalam darah. Magnesium yang ditemukan dalam kurma ini membantu menjaga irama jantung.
Tulang dan gigi
Kurma ini kaya akan kalsium dan fosfor yang pada gilirannya membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, manfaat kesehatan kurma ajwa antara lain mengatasi kekurangan kalsium. Jumlah mineral yang signifikan dalam kurma ini menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit yang menyakitkan.
Diabetes
Kurma mengandung banyak gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang segera meningkatkan energi Anda. Manfaat jwa pada penderita diabetes adalah memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti makan kurma ajwa tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang signifikan.
Meningkatkan sistem kekebalan
Kurma ajwa berfungsi sebagai sumber antioksidan yang sangat baik. Selenium dan nutrisi penting lainnya yang ada di dalamnya juga dapat mencegah terjadinya kanker. Termasuk kurma ajwa dalam makanan harian Anda yang akan membantu  tubuh dalam memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini juga akan membantu melawan berbagai infeksi dan memperkuat kekebalan tubuh.
Kehamilan
Manfaat kurma ajwa lainnya adalah baik untuk ibu hamil. Mengonsumsi kurma ajwa secara teratur selama kehamilan dapat mengaktifkan otot rahim dan membantu gerakan rahim pada saat melahirkan. Selain itu, ajwa pun dapat meminimalkan perdarahan pasca persalinan.
Kapan waktu terbaik mengonsumsi kurma?
Meskipun manfaat kurma ajwa tidak akan berkurang kapan pun Anda konsumsi, namun ternyata ada waktu yang ideal dalam mengonsumsi kurma. Misalnya saja seperti:
Saat sarapan. Kurma bisa menjadi cara terbaik untuk menambahkan rasa manis dan serat alami ke dalam makanan Anda di pagi hari. Terlebih lagi, kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat Anda kenyang sepanjang hari.
Sebagai camilan sore hari. Kurma merupakan sumber serat yang baik dan tinggi gula alami. Perpaduan serat dan gula ini memungkinkan peningkatan gula darah yang lebih lambat untuk membantu Anda merasa berenergi tanpa merasa lelah.
Saat Anda lapar. Mereka adalah bentuk kalori terkonsentrasi dan sangat mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi. Jika Anda merasa lapar tetapi belum siap untuk makan lengkap, pasangkan kurma dengan selai kacang untuk sumber serat, karbohidrat dan protein yang baik.
Sebelum berolahraga. Meskipun kurma secara alami mengandung gula yang tinggi, kurma tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat. Sebaliknya, mereka akan menyediakan jenis karbohidrat yang dilepaskan secara lambat yang memungkinkan aliran energi yang stabil untuk memicu latihan Anda. Cobalah untuk melakukan 2-4 kurma 30-60 menit sebelum berolahraga.
Sebagai camilan malam. Mereka adalah camilan sebelum tidur yang sangat baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang dapat membantu Anda tetap kenyang dan mencegah rasa lapar tengah malam.

Jangan mengonsumsi kurma jika:
Memiliki sindrom iritasi usus besar. Karena penderita mungkin sensitif terhadap makanan yang mengandung FODMAP, yang merupakan karbohidrat rantai kecil yang sulit dicerna beberapa orang, serta dapat menyebabkan kembung dan sakit perut.
Setelah makan besar, karena dapat membuat Anda merasa sangat kenyang dan tidak nyaman, karena kandungan serat yang tinggi pada kurma.
Memiliki alergi. Meski jarang, beberapa orang menjadi sensitif atau bahkan alergi pada buah ini.
Mengalami diare atau buang air besar. Kurma mengandung gula alkohol yang dikenal sebagai sorbitol, yang dapat meningkatkan pergerakan usus pada beberapa orang. Jadi baiknya batasi atau hindari makan kurma sampai usus Anda normal.
Kesimpulannya, manfaat kurma ajwa banyak sekali, mulai dari menjaga kesehatan tulang dan gigi, diabetes, kesehatan jantung, hingga kehamilan. Meski begitu, Anda harus tetap mengonsumsi pada batas yang wajar atau tidak berlebihan untuk menghindari efek samping yang bisa muncul.