Forum Diskusi dan Komunitas Online
Selalu Berpikir Positif sebagai Solusi Overthinking - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Selalu Berpikir Positif sebagai Solusi Overthinking (/Thread-Selalu-Berpikir-Positif-sebagai-Solusi-Overthinking)



Selalu Berpikir Positif sebagai Solusi Overthinking - info.sehat - 20 January 2021

Dalam keadaan sendiri, seringkali berbagai pikiran tak menentu datang. Kemudian Anda mulai merangkai kemungkinan yang menyebabkan ketakutan tanpa solusi. Overthinking memang wajar terjadi dalam proses berpikir manusia. Akan tetapi, kondisi ini tidak dapat dibiarkan terus menerus karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Biasakan untuk selalu berpikir positif sebagai cara sederhana mengatasi overthinking.

Penyebab sering overthinking

Secara garis besar, penyebab overthinking yaitu ketakutan masa depan atau penyesalan masa lalu. Pada dasarnya, ketakutan merupakan respon alami tubuh agar seseorang tetap waspada jika ada bahaya mengancam kelangsungan hidupnya. Sedangkan penyesalan menunjukkan permasalahan atau keluhan yang belum sepenuhnya terselesaikan.

Trauma juga dapat menjadi penyebab overthinking lainnya. Salah satu jenis trauma yang memicu seseorang mudah overthinking yaitu pelecehan atau pengabaian saat masih anak-anak. Kasus ini cukup sering terjadi. Seiring bertambahnya usia, anak yang mengalami trauma akan tumbuh dan memiliki tingkat kewaspadaan yang berlebihan.

Dampak overthinking terhadap kesehatan

Kebiasaan overhinking berdampak pada kesehatan mental maupun fisik. Banyak pikiran negatif yang mengalihkan fokus pikiran, termasuk perenungan masa lalu atau khawatir akan masa depan. Overthinking memengaruhi aktivitas sehari-hari sehingga produktivitas pun akan menurun.
Overthinking membuat seseorang sulit tidur atau insomnia di malam hari. Selain itu, nafsu makan Anda juga berkurang sehingga mengakibatkan penurunan asupan gizi jika  kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu lama. Dalam tahap serius, seseorang dapat menarik diri dari lingkungan karena menganggap tidak ada satu orang pun di sekitarnya yang dapat dipercaya.
Bentuk kecemasan berdampak pada kondisi fisik, seperti sering sakit kepala, nyeri badan, dan sakit perut. Dampak terhadap mental diantaranya stres, cemas, bahkan depresi.
Berdasarkan Journal of Knowledge, Culture, and Policy, cara utama untuk mengetahui pikiran orang lain yaitu dengan membangun interaksi yang menunjukkan keterlibatan secara nyata. Artinya, bagi Anda yang ingin mengetahui isi pikiran seseorang yang sedang overthinking atau berkeinginan untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut maka yang bisa dilakukan yaitu membangun komunikasi yang baik.   
Berpikir positif meringankan beban pikiran
Meskipun overthinking merupakan kejadian yang pernah dialami semua orang, tetapi jika dilakukan berulang-ulang mampu merusak kualitas hidup. Berpikir positif mampu menjadi solusi overthinking agar otak dilatih untuk tidak bepikir berlebihan. Berikut cara berpikir positif yang mungkin bisa Anda lakukan:
Menyadari semua masalah pasti ada solusinya
Menurut Journal of Abnormal Psychology, memikirkan hal yang sama terus menerus dapat meningkatkan risiko kesehatan mental. Setelah mencari akar permasalahan, sadari bahwa akan selalu ada solusi untuk setiap masalah tersebut. Libatkan pihak lain yang mungkin dapat membantu.
Mengatur pikiran
Pikiran yang terstruktur membuat Anda paham tentang apa yang diinginkan. Gunakan metode Automated Negative Thoughts (ANTs) sebagai upaya mencatat berbagai pikiran dan emosi serta berupaya untuk memperbaikinya. Catat semua pikiran dan perasaan yang terlintas kemudian evaluasi penyebabnya. Ubah sudut pandang negatif tentang pikiran dan perasaan tersebut menjadi lebih positif dan penuh optimisme.
Mengakui keberhasilan yang telah Anda capai
Saat pikiran-pikiran negatif datang, segara hentikan dan keluarkan buku catatan atau aplikasi catatan harian di handphone. Tulis 5 hal mengenai keberhasilan Anda selama seminggu terakhir. Jenis keberhasilannya pun tidak selalu dalam skala besar, misalnya berhasil menghemat uang atau mampu membersihkan mobil setelah sekian lama hanya menjadi wacana.