Forum Diskusi dan Komunitas Online
Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Secara Teratur - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Secara Teratur (/Thread-Cara-Meningkatkan-Motivasi-Olahraga-Secara-Teratur)



Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga Secara Teratur - info.sehat - 13 January 2021

[Image: cara-meningkatkan-motivasi-olahraga.jpg]


Siapapun tahu olahraga secara teratur dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Sayangnya dengan alasan seperti itu pun masih banyak orang yang malas berolahraga atau beralasan tidak punya waktu untuk itu. Anda mungkin juga pernah merasa tidak termotivasi dan ingin berhenti di tengah-tengah rutinitas olahraga.
Agar hal itu tidak terjadi, ada beberapa cara meningkatkan motivasi olahraga agar tubuh lebih sehat. Berikut tips unik dan sederhana yang bisa Anda coba.
1.    Buat tujuan jangka panjang
Cara meningkatkan motivasi olahraga adalah menetapkan tujuan. Apa alasan Anda berolahraga? Apakah menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan tubuh? Mulailah dengan tujuan sederhana dan secara perlahan tujuan jangka panjang yang realistis dan bisa Anda capai.

Misalnya, jika Anda sudah lama tidak berolahraga, tujuan jangka pendeknya bisa berjalan 10 menit sehari, dan 30 menit setiap hari sebagai tujuan jangka panjang. Agar tidak lupa, Anda bisa menuliskan tujuan ini di kertas dan menempelkannya di tempat yang mudah terlihat.

2.    Jadwalkan waktu latihan
Buat jadwal latihan Anda secara rinci, misalnya setiap pukul 6 hingga 7 pagi dengan istirahat beberapa menit di setiap sesi. Jadwal ini bisa dibuat secara fleksibel tergantung pada waktu luang Anda.

3.    Jadikan olahraga hal yang menyenangkan
Temukan jenis olahraga atau aktivitas yang Anda sukai, lalu ubah rutinitasnya agar tetap menarik. Atau jika tidak, coa sesuatu yang berbeda. Misalnya, mengikuti kelas olahraga tertentu.

4.    Berolahraga di pagi hari
Dengan vitamin D dari paparan sinar matahari, pagi hari menjadi waktu terbaik untuk olahraga. Cara ini juga menempatkan olahraga pada daftar pertama tugas harian Anda. Ditambah lagi ada banyak manfaat yang bisa diperoleh saat berolahraga di pagi hari, seperti meningkatkan kemampuan otak dan mempercepat metabolisme dari makanan yang Anda makan sebelumnya.

5.    Jadikan aktivitas fisik sebagai rutinitas harian
Jika sulit menemukan waktu berolahraga, Anda bisa membuat tubuh tetap bugar dengan melakukan aktivitas fisik. Daripada menggunakan lift, gunakan tangga untuk sampai ke ruangan kerja Anda. Dengan begini kurang lebih sekitar 111 kalori tubuh Anda terbakar.


6.    Jangan menyerah jika ada hari olahraga yang terlewat
Kebanyakan orang melewati satu atau dua waktu olahraga karena merasa kelelahan akibat aktivitas fisik yang dilakukan seharian. Hal ini pun berlanjut sampai berhari-hari dan merasa akan percuma jika melanjutkan kembali rutinitas yang tertunda.

Pemikiran seperti ini dapat menurunkan semangat Anda. Padahal Anda bisa menganggap waktu yang terlewat itu sebagai waktu istirahat. Istirahat dari berolahraga diperlukan tubuh dan pikiran, jadi tidak masalah jika Anda ingin melanjutkannya lagi.

Setelah antusiasme Anda kembali, mulailah berolahraga dengan mengurangi intensitas dan durasi latihan.

7.    Berolahraga bersama teman atau keluarga
Berolahraga bersama menjadi salah satu cara meningkatkan motivasi olahraga yang menyenangkan daripada berolahraga seorang diri. Ajak teman atau keluarga untuk olahraga bersama. Mengikuti klub olahraga atau berolahraga di gym juga dapat meningkatkan semangat.

8.    Menghadiahi diri sendiri
Setelah selesai tiap sesi latihan, hadiahi diri Anda dengan meluangkan beberapa menit untuk menikmati efek positif dari olahraga yang Anda jalani. Penghargaan eksternal seperti membeli sepatu olahraga baru juga bisa dilakukan. Hal semacam ini membantu Anda berkomitmen dalam jangka panjang untuk olahraga teratur.
Selain cara meningkatkan motivasi olahraga di atas, Anda juga bisa mengambil inspirasi dari orang lain yang Anda kagumi, baik berupa public figure maupun orang terdekat. Kalau perlu tempelkan foto orang tersebut di kamar atau buku catatan Anda agar Anda merasa bersemangat tiap melihatnya.