Forum Diskusi dan Komunitas Online
Sari Buah, Bermanfaatkah Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Sari Buah, Bermanfaatkah Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi? (/Thread-Sari-Buah-Bermanfaatkah-Bagi-Tubuh-Jika-Dikonsumsi)



Sari Buah, Bermanfaatkah Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi? - info.sehat - 13 January 2021

[Image: sari-buah.jpg]

Buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat diperlukan tubuh. Kandungan serat dalam buah-buahan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, buah-buahan memiliki berbagai kandungan nutrisi lain yang penting bagi tubuh seperti vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi buah secara teratur maka imunitas tubuh akan ikut meningkat. Selain mengonsumsi secara langsung, Anda bisa juga memilih jus buah atau sari buah. Akan tetapi, pastikan tidak ada pemanis dan pengawet tambahan di dalamnya, ya!

Manfaat sari buah bagi tubuh
Jus buah tentu sudah tidak asing bagi banyak orang, namun sari buah masih kurang populer. Sari buah sendiri seringkali dianggap sama dengan minuman rasa buah. Padahal keduanya berbeda terutama bagi kesehatan. Minuman rasa buah mengandung pemanis buatan dengan kadar tinggi sehingga bisa menyebabkan diabetes tipe 2 dan hipertensi. Sari buah dengan 100% buah tanpa pemanis cukup sehat dikonsumsi dan bisa memberikan nutrisi seperti buah alami. Berbeda dengan minuman rasa buah, sari buah tidak mengandung kalori yang tinggi sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

Lebih sehat sari buah atau jus buah?
Lebih sehat jus buah atau sari buah? Pertanyaan itu tentu membuat banyak orang bingung dalam memilih keduanya. Mengonsumsi buah tanpa mengolahnya terlebih dahulu setiap hari tentu terkadang menimbulkan rasa bosan. Untuk itulah terdapat variasi olahan sehingga buah bisa dinikmati sebagai jus dan sari buah. Keduanya sama-sama sehat selama tidak mengandung pemanis buatan. Keunggulan sari buah adalah lebih awet sebab dalam proses pembuatannya telah diuapkan. Hal itu membuat bakteri tidak hidup pada sari buah. Sedangkan jus buah kurang tahan lama jika dibandingkan dengan sari buah. Akan tetapi, jus buah sudah pasti terhindar dari pengawet. Sari buah kemasan umumnya masih menambahkan pengawet untuk memperpanjang masa simpan dan itu tidak sehat jika dikonsumsi terus menerus.

Minuman buah bentuk bubuk
Minuman buah bentuk bubuk seringkali dikira sebagai sari buah. Padahal keduanya berbeda. Konsentrat minuman buah berbentuk bubuk menggunakan proses freeze-drying. Dengan begitu, semua kandungan air akan dihilangkan. Sebelum mengonsumsi minuman buah bentuk bubuk, ada baiknya perhatikan komposisi pada kemasan. Tambahan berupa pengawet, pemanis buatan, pewarna, serta penguat rasa biasanya diberikan pada minuman buah bentuk bubuk. Hal itu membuat minuman buah bentuk bubuk tidak sehat untuk dikonsumsi. Anda sebaiknya memilih sari buah terutama yang terbuat dari 100% buah asli.

Ekstrak minuman buah
Ekstrak minuman buah berbeda dengan sari buah. Kandungan buah alami pada sari buah lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ada di dalam ekstrak minuman buah. Selain itu, agar rasanya tetap mirip dengan buah asli, ekstrak minuman buah akan diberi tambahan berupa pemanis buatan dan perasa. Untuk itu, sebelum mengonsumsi ekstrak minuman buah sebaiknya Anda memperhatikan komposisinya terlebih dahulu. Jika mengandung  sirup fruktosa atau gula jagung maka sebaiknya hindari mengonsumsi ekstrak minuman buah.

Meski bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk tubuh, batasi konsumsi sari buah sebab jika berlebihan juga bisa memberi efek samping bagi tubuh. Selain itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengganti konsumsi harian buah segar Anda dengan sari buah secara sering serta dalam jangka waktu yang panjang. Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan dokter profesional melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Google Play.