Forum Diskusi dan Komunitas Online
Scrub Wajah Pria, Perlukah? Adakah Manfaatnya? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Scrub Wajah Pria, Perlukah? Adakah Manfaatnya? (/Thread-Scrub-Wajah-Pria-Perlukah-Adakah-Manfaatnya)



Scrub Wajah Pria, Perlukah? Adakah Manfaatnya? - info.sehat - 25 November 2020

Perawatan kulit wajah kini tidak hanya untuk para wanita saja. Pasalnya, saat ini sudah banyak para pria yang memperhatikan kesehatan dan penampilan kulit mereka. Bahkan tidak sedikit pula para pria yang melakukan perawatan wajah, salah satunya scrub wajah pria.

Fungsi scrub atau eksfoliasi adalah untuk mengangkan semua kotoran yang ada pada wajah, pun dengan minyak wajah dan sel-sel kulit mati. Lalu, apakah ada manfaat atau fungsi lain dari scrub wajah untuk pria? Tentu saja ada! Berikut penjelasannya.

Apa itu scrub wajah pria?

Scrub atau eksfoliasi adalah tindakan menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit wajah Anda dengan bantuan exfoliator atau yang lebih dikenal dengan scrub wajah. Hasilnya, proses tersebut akan memberi kulit Anda lebih  sehat dan tampak lebih muda.

Mengapa harus menggunakan scrub wajah pria?

Para pria akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari scrub kulit daripada wanita. Pengelupasan tersebut dapat membantu mengencangkan kulit pria, membuka pori-pori, menjaga kebersihan kulit dan pada akhirnya akan mengurangi  munculnya jerawat.

Sayangnya, para pria lebih sering menggunakan sabun biasa untuk mencuci wajahnya tanpa mengetahui apa kegunaan dan kandungan pada sabun cuci muka tersebut. Sabun memang bisa menjaga kebersihan kulit, tetapi tidak membuat kulit tampak lebih sehat.

Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya seringkali dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan kulit tampak kasar dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengekspos folikel rambut, yang pada gilirannya dapat mencukur bulu di wajah dengan halus.

Manfaat scrub wajah pria

Kulit wajah sangat sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh manapun, sehingga kerentanan tersebut dapat menjadi masalah, seperti bintik hitam, jerawat, kulit kering, dan masih banyak lagi. Selain itu, wajah pun merupakan bagian tubuh yang paling terbuka yang membutuhkan perhatian khusus.

Banyak orang yang beranggapan, menggunakan scrub wajah adalah berbahaya, padahal sama sekali tidak benar jika Anda menggunakan dengan tepat dan sesuai aturan. Scrub wajah pria berfungsi untuk mengangkat kulit mati dari wajah Anda dan membuat lapisan baru kulit tampak lebih segar. Berikut beberapa manfat lain dari scrub wajah:

Membantu Anda mengeluarkan racun dan sel kulit mati. Dengan demikian, dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru, yang mengarah ke kulit yang lebih segar dan muda.

Merangsang kulit, meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini akan menghasilkan kulit yang kencang dan tampak lebih sehat.
Noda dan flek hitam akan hilang melalui scrub yang digunakan secara teratur. Selain itu, juga dapat mengurangi ketidaksempuranaan kulit, dan memberi warna kulit lebih cerah.

Menghilangkan lapisan bersisik pada sekitaran dagu dan hidung, jika Anda memiliki kulit kering. Serta membantu melembapkan kulit tersebut.
Membuat kulit Anda terlihat lebih rileks dan segar. Scrub wajah pun dapat menghilangkan kotoran, seperti debu dan polusi yang menumpuk seharian.

Mengontrol noda dan penumpukan sebum (minyak) di wajah, yang merupakan salah satu penyebab terbesar kulit berjerawat dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Scrub wajah pria memilliki manfaat mencukur, karena dapat membersihkan kulit sebelum mencukur. Bertindak sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pada pisau cukur Anda (menghasilkan peningkatan luncuran pisau cukur), mengangkat bulu jenggot lebih sempurna.

Selain beberapa manfaat di atas, scrub wajah pria pun dapat meningkatkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, dengan melakukan scrub wajah secara rutin, wajah Anda akan terlihat lebih sehat dan segar, dengan begitu rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya.