Forum Diskusi dan Komunitas Online
5 Hal Penting Tentang Obat gatal Cetirizine yang Harus Anda Ketahui - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: 5 Hal Penting Tentang Obat gatal Cetirizine yang Harus Anda Ketahui (/Thread-5-Hal-Penting-Tentang-Obat-gatal-Cetirizine-yang-Harus-Anda-Ketahui)



5 Hal Penting Tentang Obat gatal Cetirizine yang Harus Anda Ketahui - info.sehat - 20 November 2020

Apakah Anda termasuk orang yang alergi terhadap sesuatu, misalnya serbuk sari, debu atau binatang tertentu? Bagi Anda dengan beberapa alergi tersebut mungkin sudah mengenal obat gatal cetirizine. Pasalnya, obat tersebut sering kali digunakan untuk meredakan gejala alergi.
Cetirizine merupakan antihistamin yang digunakan untuk alergi, seperti mata berair, pilek, gatal pada mata atau hidung, bersin, urtikaria, dan gatal-gatal lainnya akibat alergi. Obat ini bekerja dengan memblokir zat alami tertentu (histamin) yang dibutuhkan tubuh Anda selama reaksi alergi. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang obat ini. Yuk, simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini.
Hal yang perlu Anda ketahui tentang obat gatal cetirizine

Bagi beberapa orang yang belum tahu mengenal detail tentang obat gatal cetirizine, berikut beberapa penjelasannya.

Cara kerja cetirizine

Cara kerja obat gatal cetirizine, antara lain:
Cetirizine adalah antihistamin yang bekerja secara selektif pada reseptor histamin-1 (H-1) perifer (ini adalah reseptor histamin yang terletak di luar otak dan sumsum tulang belakang). Karena bekerja pada reseptor histamin perifer, setirizin jauh lebih kecil kemungkinannya menyebabkan kantuk dibandingkan dengan beberapa antihistamin lainnya.
Histamin adalah bahan kimia yang dilepaskan oleh sel mast sebagai respon terhadap allergen, dan bertanggung jawab atas banyak gejala reaksi alergi, seperti pembengkakan selaput lendir, bersin dan gatal. Cetirizine mengikat reseptor histamin dan mencegah histamin agar tidak berpengaruh pada reseptor tersebut, yang mengurangi gejala reaksi alergi.
Cetirizine termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai antihistamin. Cetirizine juga bisa disebut antihistamin H1, antihistamin generasi kedua, atau antihistamin nonsedasi.

Manfaat lain
Digunakan untuk mengobati reaksi tipe alergi akibat rhinitis alergi abadi atau musiman (demam)
Efektif untuk mengendalikan gejala, seperti bersin, gatal, mata berair, dan pilek yang terjadi akibat allergen pernapasan lainnya.
Dapat meredakan gatal yang terjadi akibat urtikaria kronis (urtikaria). Gejala gatal-gatal termasuk timbulnya benjolan, merah, gatal, guratan, atau bercak pada kulit.
Dapat digunakan dalam pengobatan konjungtivis alergi, gigitan serangga, dan gangguan alergi kulit lainnya.
Lebih kecil kemungkinan menyebabkan sedasi dibandingkan dengan antihistamin lama.
Bisa diminum dua kali sehari.
Dapat diberikan setiap hari secara teratur ketika allergen paling umum (seperti selama  musim semi atau musim panas).
Obat gatal cetirizine telah dibuktikan aman untuk anak-anak di atas 6 bulan. Namun, Anda harus tetap mengonsultasikan hal tersebut pada dokter anak.
Tidak diperlukan penyesuaian dosis pada penyakit hati.

Kerugian atau efek samping
Jika Anda berusia antara 18 hingga 60 tahun, tidak minum obat lain atau tidak memiliki kondisi medis lain, efek samping yang lebih umum dapat terjadi, seperti:
Sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit perut, kelelahan, mengantuk, atau batuk. Efek samping lainnya jarang sekali terjadi. 
Umumnya tidak menyebabkan kantuk, meskipun lebih mungkin terjadi pada dosis yang lebih tinggi. Perhatian harus dilakukan sebelum mengemudi atau mengoperasikan mesin sampai efek penuh dan cetirizine diketahui.
Dosis cetirizine harus dikurangi pada orang dengan penyakit ginjal dan hati-hati bila digunakan pada penderita kejang.

Respon dan efektivitas
Jika Anda mengonsumsi obat ini, efeknya akan bertahan setidaknya 24 jam setelah mengonsumsi cetirizine dosis tunggal. Tidak ada toleransi yang ditemukan terhadap efek antihistamin cetirizine. Setelah dihentikan, kulit akan memulihkan reaktivitas normalnya terhadap histamin dalam tiga hari.
Makanan yang Anda konsumsi tampaknya tidak akan berpengaruh pada penyerapan cetirizine secara keseluruhan. Namun, hal ini dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat puncak cetirizine dalam darah.
Interaksi
Obat-obatan yang berinteraksi dengan cetirizine dapat menurunkan efektivitasnya, mempengaruhi seberapa lama kerjanya, meningkatkan efek samping, atau memiliki efek yang lebih kecil saat dikonsumsi dengan cetirizine. Interaksi antara dua obat tidak selalu berarti Anda harus berhenti minum salah satu obat, pun dapat juga sebaliknya.