Forum Diskusi dan Komunitas Online
Skincare untuk Remaja, Apa Saja yang Diperlukan? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Skincare untuk Remaja, Apa Saja yang Diperlukan? (/Thread-Skincare-untuk-Remaja-Apa-Saja-yang-Diperlukan)



Skincare untuk Remaja, Apa Saja yang Diperlukan? - info.sehat - 19 November 2020

[Image: skincare-untuk-remaja.jpg]


Karena masih dalam masa pertumbuhan dan hormon yang bekerja, tidak sedikit remaja yang memiliki jerawat di wajahnya. Untuk itu, banyak dari mereka yang menggunakan skincare untuk remaja guna mengatasi masalah tersebut.
Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang salah memilih kosmetik. Alih-alih ingin mengatasi masalah yang terjadi apda kulit wajah, justru malah membuat jerawat semakin parah. Berikut ada beberapa produk yang disarankan untuk digunakan remaja sebagai skincare dasar mereka.
Rutinitas skincare untuk remaja
Beberapa produk yang disarankan untuk digunakan sebagai rutinitas skincare untuk remaja ini berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih baik, dan jika ada masalah jerawat dapat teratasi tanpa menimbulkan efek samping yang lebih parah.
·        Pembersih. Hal utama yang remaja lakukan adalah menggunakan pembersih wajah. Pada usia berapapun, pembersih merupakan langkah awal dan sederhana untuk membuat kulit tetap sehat dan bersih. Bagi remaja disarankan untuk memilih sabun cuci muka yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak, atau sesuatu seperti asam salisit yang dapat menangkis jerawat.
·        Serum. Kulit remaja membutuhkan perlindungan lingkungan sperti layaknya wajah orang dewasa, yang berarti antioksidan adalah kuncinya. Namun, serum bukanah hal yang wajib untuk para remaja. Namun jika Anda memang ingin menggunakannya, pilih serum dengan bahan yang lembut dan ringan. Pilih ynag menonjolkan dalam mengurangi bekas jerawat dan menjaga kulit dari sinar UV dan polutan.
·        Retinoid. Beberapa dokter wajah menyarankan untuk memasukkan retinoid dalam again rutinitas siapapun, termasuk para remaja. Karena turunan vitamin A ini juga bisa sangat efektif untuk remaja. Menggunakan bahan-bahan seperti retinoid pada kulit muda sebenarnya dapat bekerja dengan baik daripada ketika Anda menggunakan dengan kulit yang lebih tua karena produksi kolagen sedang dalam masa puncaknya. Retinol juga dapat mengatasi jerawat. Jadi, pertimbangkanlah untuk menggunakan retinoid dalam rutinitas Anda.
·        Pelembab. Menjadi salah satu hal yang penting dalam skincare untuk remaja. Pilih pelembap yang bebas minyak kemungkinan akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda.
·        Tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 setiap pagi sebagai langkah terakhir rutinitas Anda untuk perlindungan sinar matahari.
Cara mengatasi kulit remaja yang rawan noda
Untuk mengatasi kulit remaja yang rawan noda, carilah produk yang berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak alami kulit. Karena kulit masih muda, sebaiknya pilih produk yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi alami kulit daripada produk keras yang mengandung bahan kimia yang dapat menghilangkan pelindung kulit.
Rutinitas perawatan skincare apda remaja yang buruk, tentu saja akan menambah noda pada wajah yang semakin banyak dan berkelanjutan. Jadi, ada baiknya untuk menggunalan kebiasaan menggunakan skincare untuk mengataasi masalh tersebut.
Kenali juga kulit Anda
Ada empat tipe utama kulit seseorang, seperti normal, kering, berminyak dan kombinasi.
1.      Perawatan kulit normal
 Jika Anda memiliki kulit normal, hanya perlu mencuci wajah dua hingga tiga kali dalam sehari, dengan pembersih lembut atau sabun biasa dan air untuk menghilangkan kotoran dan keringat. Kurlit normal memiliki warna kulit yang rata dan halus, tekstur lembut dan tidak ada noda yang terlihat sama sekali. Pori-pori pun hampir tidak terlihat dan permukaan kulit tidak berminyak atau kering.
2.      Perawatan kulit kering
Kulit kering tampak kusam, kasar, bersisik, dan gatal, biasanya dengan pori-pori yang hampir tidak terlihat. Kulit kering biasanya disebabkan oleh pelepasan sel yang tidka normal dari lapisan luar kulit. Jika Anda memiliki kulit kering, basuk wajah Anda setiap hari dengan pembersih ringan. Hal ini akan membantu mencegah kulit Anda menjadi lebih kering. Lembapkan dengan cream non-pewangi, non-alkohol setelah dicuci.
3.      Perawatan kulit berminyak
Kulit berminyak merupakan kulit yang rawan berjerawat dengan pori-pori terbuka, corak berkilau, komedo, dan jerawat. Karena hormon mempengaruhi produksi minyak, apa pun yang mempengaruhi kadar hormon Anda dapat mempengaruhi kulit.
Jika Anda berjerawat janngan pernah memencet yang dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk jerawat. Gunakan kosmetik dan produk wajah lainnya yang nonkomedogenik, artinya tidak menyumbat pori-pori. Jauhkan rambut dari wajah, dan cuci ambut setiap hari untuk mengurangi minyak.
4.      Perawatan kulit kombinasi
Dengan kulit normal/kombinasi, Anda mungkin memiliki “T-zone” berminyak (dahi, hidung, dan dagu) dan kulit kering di bagian lainnya. pori-pori di wajah Anda besar, dan kulit cenderung memiliki komedo. Kondisi kulit ini biasa jadi terlalu kering atau terlalu berminyak. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, basuk wajah Anda dua hingga tiga kali sehari dengan sabun biasa dan air untuk menghilangkan minyak .
 
Skincare untuk remaja dapat Anda gunakan, namun dengan aturan dan pilihan produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini. Dengan begitu, penggunaan skincare pun akan memperlihatkan hasil yang positif, daripada salah dalam memilih produk. Jangan lupa juga untuk selalu merawat kesehatan wajah dengan selalu mencuci wajah setelah seharian.