Forum Diskusi dan Komunitas Online
5 Penyebab Jenggot Gatal dan Cara Mengatasinya - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: 5 Penyebab Jenggot Gatal dan Cara Mengatasinya (/Thread-5-Penyebab-Jenggot-Gatal-dan-Cara-Mengatasinya)



5 Penyebab Jenggot Gatal dan Cara Mengatasinya - info.sehat - 21 October 2020

[Image: jenggot-gatal.jpg]

Memiliki jenggot memang harus dirawat dan dijaga dengan baik agar tidak gatal. Jenggot gatal mungkin sudah umum terjadi, namun jika rasa gatal yang dirasakan sudah tak tertahankan, mungkin disebabkan oleh kondisi tertentu yang mungkin saja serius.
Jenggot yang gatal ini seringkali mengganggu aktivitas karena terasa tidak nyaman, Anda ingin terus menerus menggaruknya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Jenggot Gatal dan Cara Mengatasinya
Sebelum membahas bagaimana mengatasi jenggot yang terasa sangat gatal, perlu dicari tahu dulu apa penyebabnya.
Berikut beberapa penyebab jenggot terasa gatal dan cara mengatasinya.
  • Kulit Kering
Kulit kering memang dapat menyebabkan jenggot terasa gatal. Kulit kering ini bisa disebabkan oleh cuaca atau udara yang kering, mencuci wajah terlalu sering dengan air hangat, atau pun menggunakan sabun pencuci muka serta produk perawatan wajah yang cukup keras. Jika rasa gatal disebabkan karena kondisi kulit kering ini, bisa diatasi atau diobati dengan menggunakan krim asam laktat dan urea.
  • Rambut Tumbuh ke Dalam
Rambut jenggot yang tumbuh ke dalam biasanya juga akan menimbulkan rasa gatal. Hal ini disebabkan oleh cara mencukur jenggot yang salah.
Sangat tidak disarankan untuk mencukur jenggot dengan gerakan bolak balik, terlalu ditekan, dan menggunakan pisau cukur yang tumpul tidaklah tepat.
Menghindari rambut tumbuh ke dalam ini, bisa dengan menerapkan cara mencukur rambut yang benar. Yaitu dengan satu arah, mulai dari area di sekitar telinga lalu turun ke pipi, dan terus ke dagu. Gerakannya pun sebaiknya dengan menyeret pendek-pendek dan satu arah dengan pertumbuhan rambut,. Gunakan krim cukur serta bilas pisau cukur setiap kali mengulang cukuran.
  • Folikulitis
Folikulitis adalah kondisi rambut yang tumbuh ke dalam dan menjadi peradangan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh penggunaan pisau cukur yang tumpul, atau bisa juga disebabkan oleh infeksi virus, bakteri maupun jamur. Ciri-ciri jenggot gatal akibat folikulitis ini akan berwarna merah serta terasa sakit dan nyeri di area yang iritasi.
Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan obat berupa asam glikolat (Neostrata). Jika disebabkan oleh infeksi bakteri bisa menggunakan obat dengan kandungan mupirocin untuk mengatasinya.
Atau bisa dengan mencegah agar rambut tidak tumbuh ke dalam dan menyebabkan peradangan dengan menggunakan pisau cukur yang bersih dan tajam serta menerapkan cara bercukur yang tepat.
  • Eksim Seboroik
Eksim seboroik ini juga merupakan peradangan yang dapat membuat kulit menjadi kering, mengelupas, gatal, dan memerah. Meski biasanya eksim seboroik ini terjadi di kulit kepala, namun bisa juga menyerang rambut jenggot, terlebih jika memiliki kulit berminyak.
Eksim seboroik ini bisa diatasi dengan hidrokortison, desonide, atau clobetasol.
  • Infeksi Jamur Kulit
Jenggot gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur di kulit wajah sejenis jamur dermatofit atau tinea barbae. Kulit di area infeksi akan menjadi merah, berkerak di sekitar mulut, pipi, maupun di bawah dagu, hingga meradang. Infeksi jamur kulit ini mirip dengan kurap di kulit kepala.
Untuk mengatasi gatal akibat infeksi jamur ini, biasanya diobati dengan salep atau krim antijamur seperti ketoconazole. Bisa juga dengan obat minum dari dokter untuk mengatasi infeksi jamur, seperti terbinafine atau itraconazole.

Tips Merawat Jenggot
Jenggot perlu dirawat agar tetap rapi dan tidak menjadi gatal. Berikut beberapa tips merawat jenggot dengan benar.
  • Jaga kebersihan wajah dan rutin mencuci jenggot agar tidak terjadi penumpukan kotoran dan bakteri. Gunakan sabun pembersih yang tepat
  • Menggunakan kondisioner di area jenggot agar tekstur rambutnya lebih halus dan tidak mudah iritasi. Gunakanlah kondisioner yang mengandung minyak argan atau jojoba untuk merawat rambut Anda.
  • Hindari menggunakan bahan kimia yang¬† keras atau kandungan alkohol dalam produk perawatan kulit Anda.

Jenggot gatal sebenarnya bukan masalah serius yang perlu Anda khawatirkan. Namun, ada beberapa kasus yang menyebabkan brewok menjadi gatal bahkan terasa tidak tertahankan. Bisa jadi itu adalah indikasi kondisi medis tertentu. Jika menggunakan obat untuk mengatasi rasa gatal, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.