Forum Diskusi dan Komunitas Online
Inilah Gejala dan Cara Menangani Alexithymia - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Inilah Gejala dan Cara Menangani Alexithymia (/Thread-Inilah-Gejala-dan-Cara-Menangani-Alexithymia)



Inilah Gejala dan Cara Menangani Alexithymia - info.sehat - 2 October 2020

Pernahkah Anda mendengar alexithymia? Apa itu alexithymia? Alexithymia adalah sebutan dalam dunia psikologis untuk menjelaskan kondisi ketika seseorang kebingungan terhadap perasaan mereka. Lebih gampangnya, alexithymia menyebabkan seseorang menjadi datar secara emosi. Alexithymia sendiri tidak digolongkan sebagai gangguan mental. Seseorang dapat mengalami alexithymia bersamaan dengan adanya gangguan mental maupun tidak. Berikut penjelasan lebih detail mengenai alexithymia.
 
Gejala alexithymia
Ketika mengalami alexithymia, akan muncul terlihat beberapa gejala. Hal itu dapat dijadikan tanda apakah seseorang mengalami alexithymia atau tidak. Namun jika ingin penjelasan yang lebih akurat dan pasti, Anda dapat menemui psikolog. Berikut ini beberapa gejala alexithymia.
Kesulitan memahami dan mengidentifikasi jenis emosi yang muncul
Terbatasnya kemampuan untuk mengomunikasikan perasaannya terhadap orang lain
Tidak ekspresif dan kesulitan merespon humor
Sering merasa kurang puas terhadap hidupnya
Memiliki sifat kaku dan terlalu logis
Kemampuan buruk dalam menangani stes
Tidak bisa membaca ekspresi orang lain
Kurang peka dan kesulitan merespon emosi orang lain
Cara Menangani alexithymia
Alexithymia dapat mengganggu fungsi sosial dan bermasyarakat Anda. Hal tersebut dikarenakan Anda akan kesulitan berinteraksi dengan orang lain sebab kebingungan ketika harus menunjukkan emosi. Oleh karena itu, alexithymia memang harus ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.
Mencari tahu akar permasalahan
Untuk bisa mengobati alexithymia, Anda harus menemukan terlebih dahulu akar permasalahannya. Jika memang karena gangguan mental, pastikan jenis gangguan mental yang terjadi bersamaan dengan alexithymia. Dengan identifikasi yang tepat, maka penanganan bisa disesuaikan dan menjadi lebih efektif. 
Meminta bantuan psikolog
Meski Anda berusaha untuk melatih analisis emosi dengan mandiri, namun ada perlunya untuk meminta bantuan psikolog. Anda tidak bisa menentukan kondisi diri sendiri dengan analisis seadanya. Jika memang ingin sembuh, psikolog dapat dijadikan jembatan penolong sebab bisa memberikan informasi dan penanganan dengan lebih akurat mengenai alexithymia yang dialami.
Menggunakan terapi tertentu 
Dalam dunia psikologi, alexithymia akan ditangani dengan terapi tertentu. Terdapat 3 jenis terapi yang biasanya digunakan yaitu terapi kelompok, terapi berbicara, dan terapi kognitif. Ketiganya dilakukan untuk merangsang kemampuan menjelaskan emosi baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.
Penyebab alexithymia
Penyebab alexithmia belum diketahui secara pasti. Akan tetapi terdapat 3 hal yang seringkali disebut sebagai pemicu terjadinya alexithymia. Berikut penjelasan lengkapnya.
Faktor genetik
Faktor genetika atau keturunan bisa menjadi penyebab terjadinya alexithymia. Meski tidak 100%, namun Anda mungkin terkena alexithymia apabila terdapat famili yang mengalami alexithymia.
Faktor lingkungan
Lingkungan yang buruk juga bisa membuat seseorang mengalami alexithymia. Lingkungan tersebut terdiri dari keluarga, sosial, dan ekonomi. Lingkungan yang buruk akan membuat seseorang depresi sehingga muncul alexithymia.
Faktor kerusakan otak
Bagian otak bernama  anterior insula bertugas untuk mengatur kemampuan seseorang dalam hal empati dan emosi. Terjadinya kerusakan pada anterior insula dapat memicu alexithymia pada seseorang.
Kondisi mental terkait alexithymia
Alexithymia biasanya menjadi penanda bahwa Anda mengalami gangguan mental. Beberapa jenis gangguan mental yang terkait dengan alexithymia adalah PTSD, spektrum autisme, depresi, dan skizofrenia. Meski demikian, tidak semua orang yang mengalami alexithymia pasti divonis dengan gangguan mental yang telah disebutkan sebelumnya.

Memahami alexithymia dapat membantu Anda atau orang sekitar yang mengalami hal ini. Anda tidak lagi akan merasa aneh ketika ada yang mengalami alexithymia. Bahkan, dengan mengetahui gejala dari alexithymia, maka bisa diusahakan untuk mendapat bantuan tenaga ahli dengan lebih cepat. Selain itu, alexithymia bisa menjadi salah satu indikasi bahwa terdapat gangguan mental entah ringan atau berat pada penderitanya. Jika alexithymia tidak ditangani dengan benar, maka dapat memperburuk kondisi mental seseorang.