Forum Diskusi dan Komunitas Online
Beli Obat di Apotek BPJS, Bagaimana Caranya? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Beli Obat di Apotek BPJS, Bagaimana Caranya? (/Thread-Beli-Obat-di-Apotek-BPJS-Bagaimana-Caranya)



Beli Obat di Apotek BPJS, Bagaimana Caranya? - info.sehat - 2 October 2020

[Image: cara-mudah-membeli-obat-di-apotek-bpjs-s...061897.jpg]

Di era digital yang semakin berkembang seperti sekarang ini, hampir semua perusahaan melakukan perubahan dengan melakukan berbagai kegiatan secara online. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, di mana kita tidak bisa kelaur rumah jika tidak terlalu penting.
Lalu bagaimana jika ingin berobat atau membeli obat? Tenang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan fitur pembelian obat secara online. Pun hal tersebut dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan. Yaitu beli obat di apotek bpjs online. Apakah apotek online BPJS itu?
Beli obat di apotek online BPJS
BPPS Kesehatan belum lama ini meluncurkan atau memperkenalkan fitur baru dari mereka, yaitu apotek online yang bisa digunakan oleh para peserta BPJS Kesehatan dari jarak jauh. Hal ini tercetus karena banyaknya keluhan warga dan peserta yang ingin memanfaatkan berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Namun, ketersediaan obat di apotek-apotek rekanan yang kadang tidak lengkap atau habis membuat mereka tidak jadi menggunakan layanan tersebut.
Oleh karena itulah, BPJS Kesehatan dengan serius dan telah dipersiapkan secara matang untuk meluncurkan produk bernama Apotek Online BPJS. Dengan adanya apotek online ini diharapkan dapat memberikan informasi ketersediaan obat secara real time dan informasinya pun akan terus di up date.
Selain itu banyak sekali keuntungan yang bisa didapat jika Anda menggunakan layanan ini, misalnya saja seperti:
·      Mempercepat proses penagihan klaim obat luar paket
·      Dapat mencegah potensi fraud saat pasien berbelanja obat
·      Mempercepat pembaharuan perubahan harga obat
·      Mendukung proses Vedika atau verifikasi digital klaim
·      Data utilisasi obat luar paket yang lebih akurat
·      Pelaporan keluhan ketersediaan obat langsung atau tidak dimasukkan secara manual
·      Peserta BPJS Kesehatan dapat mengambil obat di apotek mana saja, selama apotek tersebut bekerjasama dengan BPJS Kesehatan
·      Riwayat pelayanan atau pembelian obat setiap peserta JKN secara realtime
·      Pelaporan keluhan ketersediaan obat secara online
 
Lalu bagaimana caranya?
Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa beli obat di apotek BPJS online, caranya adalah sebagai berikut:
1.      Pendaftaran resep. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan resep yang Anda miliki. Pada apotek BPJS Kesehatan ini Anda diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu resep.
2.      Daftar resep masuk. Proses ini Anda memasukkan daftar resep tadi, lalu setelah semua data obat masuk, maka apotek online BPJS akan melakukan proses validasi obat berdasarkan kode obat dan jenisnya. Jumlah obat akan menentukan jumlah hari dan biaya tagihan.
3.      Resep diverifikasi. Nah, resep yang telah diverifikasi tidak dapat dimasukkan kembali oleh peserta. Kecuali jika Anda menghapus satu jenis obat untuk menambahkan obat lainnya. hal tersebut pun dapat Anda lakukan sebelum apoteker belum melakukan verifiksai pada obat Anda.
4.      Waktu pengambilan obat. Selanjutnya Anda akan diberikan waktu untuk pengambilan obat. Jumlah tagihan yang harus Anda bayar akan dihitung berdasarkan jumlah obat, harga dan faktor lainnya.
Bagaimana, mudah bukan beli obat di apotek BPJS Kesehatan secara online. Dengan adanya apotek online dari BPJS Kesehatan ini tentu sangat memudahkan bagi peserta yang ingin berobat namun tidak khawatir akan ketersediaan obat, karena stok obat yang kosong atau tersedia akan diperbaharui secara langsung. Nah, bagi Anda yang ingi mencoba membeli obat menggunakan layanan ini, jangan lupa untuk mengikuti cara-caranya dengan benar ya.