Forum Diskusi dan Komunitas Online
Gatal Karena Eksim? Ini Cara Mengobati Eksim Cara Alami! - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Gatal Karena Eksim? Ini Cara Mengobati Eksim Cara Alami! (/Thread-Gatal-Karena-Eksim-Ini-Cara-Mengobati-Eksim-Cara-Alami)



Gatal Karena Eksim? Ini Cara Mengobati Eksim Cara Alami! - info.sehat - 8 September 2020

[Image: cara-mengobati-eksim.jpg]


Bagi Anda yang hidup dengan eksim atau ada anggota keluarga yang juga menderita eksim, tentu sudah tahu bagaimana rasanya mencari cara untuk mengatasi rasa gatal yang berlebih dan kemerahan. Anda pun mungkin telah mencoba berbagai produk untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Namun, apakah Anda sudah mencoba cara mengobati eksim secara alami? 
Selain obat-obatan, ada banyak pilihan yang dapat Anda coab di rumah untuk membantu mengatasi gejala yang muncul akibat eksim. Beberapa solusi alami berikut kami harapkan dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan melindungi menggunakan pelindung alami untuk kulit Anda.
1.      Oatmeal
Oatmeal koloid (bedak oatmeal) terbuat dari oat yang digiling halus. Oat dapat membantu menenangkan dan melembutkan kulit yang meradang. Oatmeal koloid tersedia dalam bentuk krim atau bubuk yang bisa Anda cari di pasaran. Cara menyiapkan mandi dengan oatmeal ini, sebagai berikut:
·        Alirkan air hangat ke dalam bak mandi yang bersih, pastikan itu hangat, karena jika air panas dapat memperburuk kulit yang meradang akibat eksim dan menarik kelembaban dari kulit Anda.
·        Tambahkan sekitar 1 cangkir oatmeal koloid, jumlahnya dapat bervariasi berdasarkan ukuran bak mandi Anda, di bawah keran yang mengalir untuk memabntunya langsung tercampur dengan air mandi.
·        Setelah air telah mencapai pada level yang tepat, air akan menjadi seperti susu dan terasa seperti sutra (lembut) di kulit Anda.
·        Lalu rendam tubuh selama 10-15 menit untuk membantu melembutkan kulit kasar dan menghilangkan rasa gatal.
·        Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan pelembab hipoalrgenik yang memiliki kandungan minyak yang tinggi.
 
2.      Minyak kelapa
Minyak kelapa yang diekstak dari buah kelapa dapat Anda gunakan sebagai pelembab alami dan cara mengobati eksim yang sering digunakan para penderita. Kemampuan antibakteria pada minyak kelapa dapat mengurangi bakteri Staph pada kulit dan membantu mencegah infeksi.
Hal ini sangat penting bagi penderita eksim karena bercak kulit yang meradang bisa pecah dan mengeluarkan cairan sehingga memungkinakan bakteri masuk. Saat mengaplikasikan apda kulit Anda, pilih minyak kelapa yang murni atau minyak kelapa yang diproses tanpa bahan kimia.
3.      Minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari yang diekstrak dari biji bunga matahari, telah menunjukkan bahwa hal tersebut dapat melindungi lapisan luar kulit yang membantu menjaga kelembaban dan bakteri keluar. Selain itu, minyak bunga matahari pun dapat melembabkan kulit dan meredakan gatal serta peradangan. Minyak bunga matahari dapat Anda oleskan, tanpa diencerkan, langsung ke kulit, dan sebaiknya setelah mandi saat kulit masih lembab.
4.      Gel lidah buaya
Gel lidah buaya berasal dari tanaman lidah buaya. Orang-orang telah menggunakan gel lidah buaya untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk meredakan eksim. Lidah buaya sendiri mengandung antibakteri, antimikroba, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat menyembuhkan luka.
Efek antibaketi dan antimikroba dapat mencegah infeksi pada kulit, yang lebih mungkin terjadi ketika seseorang memiliki kulit yang kering dan pecah-pecah. Sifat penyembuhan luka lidah buaya dapat menenangkan kulit yang rusak dan mempercepat penyembuhan. Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan gek lidah buaya pada eksim tersebut.
Namun, jika Anda beli lidah buaya pastikan yang tidak mengandung pengawet, alcohol, pewangi dan pewarna.
5.      Mandi
Mandi adalah bagian terpenting dalam cara mengobati eksim dan perawatan untuk mengurangi gejalanya. Ketika seseorang mengalami eksim, maka kulitnya membutuhkan kelembaban ekstra karena lapisan luarnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Meskipun mandi menjadi salah satu cara, namun hindari juga mandi terlalu sering. Bagi orang dewasa dengan eksim, ada baiknya untuk:
·        Mandi setidaknya sekali sehari
·        Gunakan air hangat
·        Batasi mandi hingga 10-15 menit
·        Hindari menggosok tubuh
·        Gunakan pembersih yang lembut sebagai pengganti sabun
·        Cobalah berbagai jenis rendaman obat, seperti oatmeal, soda kue, ataupun cuka.
Mandi air panas yang terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami dan kelembaban dari kulit. Jadi, mandi sebentar dan jaga suhu agar tetap hangat, bukan panas.
Meskipun tidak ada acara mengobati eksim yang benar-benar dapat menghilangkan eksim, namun, dengan mengatasi gejalanya secara alami diharapkan dapat meringankan gejala yang muncul. Jika eksim bertambah parah atau tidak merespon perawatan alami ini, ada baiknya untuk menemui dokter dan lakukan perawatan.