Forum Diskusi dan Komunitas Online
Mengenal Stadium Kanker dan Faktor-Faktor yang Menentukannya - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Mengenal Stadium Kanker dan Faktor-Faktor yang Menentukannya (/Thread-Mengenal-Stadium-Kanker-dan-Faktor-Faktor-yang-Menentukannya)



Mengenal Stadium Kanker dan Faktor-Faktor yang Menentukannya - info.sehat - 19 August 2020

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kanker dikategorikan ke dalam berbagap tahapan yang disebut dengan stadium kanker. Stadium ini biasanya menentukan tingkat keparahan dari kondisi kanker, mulai dari lokasi kanker serta luas penyebarannya. Stadium ini jugalah yang akan menentukan upaya pengobatan yang tepat dari dokter. 

Pada dasarnya, stadium kanker bisa membantu dokter dan pihak rumah sakit dalam mengenali kondisi kanker pasien secara keseluruhan. Dokter akan memantau perkembangan sel kanker dan menentukan metode pengobatan yang paling tepat. Selain itu, mengetahui stadium pada kanker juga bisa menentukan lamanya proses pemulihan.

Terdapat lima stadium yang bisa ditemukan pada penderita penyakit kanker, yaitu:
• Stadium 0, saat sel kanker baru saja muncul dan belum berkembang.
• Stadium I, saat sel kanker masih berukuran kecil dan hanya terdapat pada satu area, belum menyebar ke area lainnya. Stadium ini juga disebut dengan stadium awal.
• Stadium II dan III, saat sel kanker mulai semakin membesar dan menjalar ke jaringan lain di sekitarnya.
• Stadium IV, saat sel kanker sudah sangat membesar dan tidak hanya menyerang jaringan di sekitarnya, tetapi juga organ tubuh lainnya.
Faktor yang menentukan stadium kanker
Kanker terdiri atas sejumlah stadium, mulai dari stadium 0 hingga stadium IV. Stadium ini ditentukan oleh besarnya sel kanker dan luasnya penyebaran sel kanker tersebut. Akan tetapi, selain itu, masih ada beberapa faktor lain yang menentukan penentuan stadium kanker. Faktor-faktor tersebut antara lain:
• Tumor
Untuk menentukan stadium pada kanker, dokter perlu mengetahui kondisi tumor dalam tubuh Anda. Dokter akan mengidentifikasi lokasi tumor dan besaran tumor dengan pengukuran standar dalam cm. Penambahan cm pada ukuran tumor akan menunjukkan tingkat stadium pada kanker.
• Nilai kelas
Nilai kelas merupakan upaya penentuan stadium kanker yang menggambarkan seberapa banyak sel kanker yang terlihat seperti sel sehat. Penghitungan ini dilakukan menggunakan mikroskop.
Terdapat dua pengelompokan nilai kelas berdasarkan penghitungan ini, yaitu saat sel kanker tanpa sangat serupa dengan sel tubuh yang sehat, atau saat sel kanker tampak sangat berbeda dengan sel tubuh sehat. Penggolongan ini dapat membantu dokter untuk mendeteksi seberapa cepat kanker akan menyebar.
• Penanda tumor
Penanda tumor adalah zat yang ditemukan pada permukaan sel kanker, darah, urin, atau jaringan tubuh penderita kanker. Dengan mengenali penanda ini, dokter akan lebih mudah untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan sel kanker akan menyebar. Dalam beberapa kasus, penanda tumor bisa membantu untuk mendeteksi upaya pengobatan dengan lebih cepat.
Metode diagnosa stadium kanker
Pasien penderita kanker akan diminta untuk menjalani pemeriksaan sebelum dokter bisa mendiagnosa stadiumnya. Biasanya, diagnosa akan melibatkan tes darah atau tes laboratorium lainnya.
Selain itu, berdasarkan lokasi tumbuhnya sel kanker, dokter akan meminta pasien untuk melanjutakn pemeriksaan lanjutan dengan tes pencitraan. Tes pencitraan untuk mendeteksi kanker biasanya terdiri atas:
• MRI, tes pencitraan dengan memanfaatkan gelombang magnetik yang kuat untuk menggambarkan area dalam tubuh secara mendetail.
• CT Scan, tes pencitraan menggunakan sinar X yang diambil dari berbagai sudut berbeda untuk memberikan lebih banyak informasi.
• Ultrasonografi, tes dengan memanfaatkan frekuensi gelombang suara untuk membuat gambar dari bagian dalam tubuh.
Melalui konsultasi dengan dokter, Anda akan mengetahui metode diagnosa yang paling tepat untuk mendeteksi stadium kanker yang diderita. Setelah itu, dokter akan menentukan upaya penanganan yang paling tepat untuk Anda.