Forum Diskusi dan Komunitas Online
Jenis-Jenis Kelainan Darah - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Jenis-Jenis Kelainan Darah (/Thread-Jenis-Jenis-Kelainan-Darah)



Jenis-Jenis Kelainan Darah - info.sehat - 29 June 2020

[Image: kelainan-darah.jpg]

Kelainan sel darah adalah suatu kondisi dimana ada masalah dengan sel darah merah, sel darah putih, atau sel sirkulasi yang lebih kecil yang disebut trombosit, yang sangat penting untuk pembentukan bekuan darah.

Darah Anda adalah jaringan hidup yang terbuat dari cairan dan padatan. Bagian cair, yang disebut plasma, terbuat dari air, garam dan protein. Lebih dari setengah darah Anda adalah plasma. Bagian padat dari darah Anda mengandung sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Kelainan darah mempengaruhi satu atau lebih bagian darah dan mencegah darah Anda melakukan tugasnya. Mereka dapat menjadi akut atau kronis. Banyak kelainan darah yang diturunkan. Penyebab lain termasuk penyakit lain, efek samping obat-obatan, dan kurangnya nutrisi tertentu dalam makanan Anda.

Gejala kelainan darah bervariasi tergantung pada jenis kelainan sel darah. Terdapat banyak jenis kelainan sel darah yang dapat sangat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut penjelasan mengenai kelainan darah berdasarkan sel darah:

Kelainan sel darah merah
Gangguan sel darah merah mempengaruhi sel darah merah di tubuh Anda. Hal ini adalah sel-sel dalam darah Anda yang membawa oksigen dari paru-paru Anda ke seluruh tubuh Anda. Ada berbagai gangguan, yang dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa.
  • Anemia
Anemia adalah salah satu jenis kelainan sel darah merah. Kekurangan zat besi mineral dalam darah Anda biasanya menyebabkan gangguan ini terjadi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk menghasilkan protein hemoglobin, yang membantu sel darah merah (RBC) membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda. Terdapat banyak jenis anemia, yaitu:

- Anemia defisiensi besi
Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi. Anda mungkin merasa lelah dan sesak napas karena sel darah merah tidak membawa cukup oksigen ke paru-paru. Suplementasi zat besi biasanya menyembuhkan anemia jenis ini.

- Anemia pernicious 
Kondisi autoimun di mana tubuh Anda tidak dapat menyerap vitamin B-12 dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini mengakibatkan jumlah sel darah merah yang rendah, sehingga disebut "merusak," yang berarti berbahaya. Suntikan B-12 biasanya menyembuhkan anemia jenis ini.

- Anemia aplastik
Merupakan kondisi langka tetapi serius dimana sumsum tulang Anda berhenti membuat cukup sel darah baru. Itu bisa terjadi secara tiba-tiba atau lambat, dan pada usia berapa pun.  Ini dapat membuat Anda merasa lelah dan tidak mampu melawan infeksi atau pendarahan yang tidak terkendali.

- Anemia hemolitik autoimun (AHA)
Kondisi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada yang bisa digantikan oleh tubuh Anda. Kondisi ini mengakibatkan Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah.

- Anemia sel sabit
Jenis anemia yang mengambil namanya dari bentuk sabit yang tidak biasa dari sel darah merah yang terkena. Sel darah merah berbentuk sabit tidak dapat membawa oksigen sebanyak mungkin ke jaringan Anda seperti halnya sel darah merah normal. Mereka mungkin juga menjadi tersangkut di pembuluh darah Anda, menghalangi aliran darah ke organ Anda.
  • Talasemia
Thalassemia adalah sekelompok kelainan darah bawaan. Gangguan ini disebabkan oleh mutasi genetik yang mencegah produksi hemoglobin normal. Ketika sel darah merah tidak memiliki hemoglobin yang cukup, oksigen tidak mencapai seluruh bagian tubuh. Organ-organ kemudian tidak berfungsi dengan baik.
  • Polisitemia vera
Polycythemia adalah kanker darah yang disebabkan oleh mutasi gen. Jika Anda memiliki polycythemia, sumsum tulang Anda membuat terlalu banyak sel darah merah. Hal ini menyebabkan darah Anda menebal dan mengalir lebih lambat, sehingga Anda berisiko mengalami pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Kelainan sel darah putih
Sel darah putih (leukosit) membantu mempertahankan tubuh Anda terhadap infeksi dan zat asing. Kelainan sel darah putih dapat mempengaruhi respons imun tubuh Anda dan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Gangguan ini dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak.
  • Limfoma
Limfoma adalah kanker darah yang terjadi di sistem limfatik tubuh. Sel darah putih Anda berubah dan tumbuh di luar kendali.
  • Leukemia
Leukemia adalah kanker darah di mana sel-sel darah putih ganas berkembang biak di dalam sumsum tulang tubuh Anda.  Leukemia dapat bersifat akut atau kronis.   
  • Sindrom Myelodysplastic (MDS)
Myelodysplastic syndrome (MDS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sel-sel darah putih di sumsum tulang Anda. Tubuh memproduksi terlalu banyak sel yang tidak matang, yang disebut ledakan. Ledakan berlipat ganda dan mengeluarkan sel-sel dewasa dan sehat.

Kelainan trombosit
Trombosit darah adalah responden pertama ketika Anda mengalami luka atau cedera lainnya. Mereka berkumpul di lokasi cedera, menciptakan sumbat sementara untuk menghentikan kehilangan darah. Gangguan trombosit terutama bersifat genetik, artinya mereka diturunkan. Beberapa kelainan ini meliputi:
  • Penyakit Von Willebrand
Penyakit Von Willebrand adalah kelainan pewarisan bawaan yang paling umum. Kondisi ini ni disebabkan oleh kekurangan protein yang membantu pembekuan darah Anda.
  • Hemofilia
Hemofilia merupakan kelainan pembekuan darah yang terjadi hampir selalu pada pria.  Komplikasi hemofilia yang paling serius adalah pendarahan yang berlebihan dan berkepanjangan. Pendarahan ini bisa terjadi di dalam atau di luar tubuh Anda.

Penyakit kelainan darah merupakan penyakit serius yang perlu untuk ditangani secepatnya. Rencana perawatan Anda tergantung pada penyebab penyakit Anda, usia Anda, dan status kesehatan Anda secara keseluruhan. Dokter Anda mungkin menggunakan kombinasi perawatan untuk membantu memperbaiki kelainan sel darah Anda.