Forum Diskusi dan Komunitas Online
Cara Alami Menghilangkan Bau Pada Sepatu Dan Kaki - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Cara Alami Menghilangkan Bau Pada Sepatu Dan Kaki (/Thread-Cara-Alami-Menghilangkan-Bau-Pada-Sepatu-Dan-Kaki)



Cara Alami Menghilangkan Bau Pada Sepatu Dan Kaki - info.sehat - 13 April 2020

Sepatu atau kaki bau merupakan masalah bagi banyak orang terlepas dari kebiasaan higienis atau aktivitas fisik mereka. Anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara menghilangkan bau pada sepatu dan juga kaki dengan cepat menggunakan cara alami.

Terdapat banyak produk di luar yang mengatakan mampu menghilangkan bau sepatu dan juga kaki, tetapi nyatanya beberapa produk tersebut tidak berfungsi seperti yang dikatakan. Oleh karena itu, kami akan berbagi tips cara menghilangkan bau kaki serta cara mudah menghilangkan bau sepatu.

Jika Anda memiliki kaki berkeringat dan bau, Anda dapat mencoba tips alami berikut untuk mengurangi intensitas bau kaki Anda:

1. Menjaga kaki tetap bersih dengan mencuci setiap hari menggunakan sabun dan air. Merendam kaki juga dapat membantu melonggarkan lapisan tanah yang keras dan sel-sel mati yang menempel pada kaki Anda.
2. Mengeringkan kaki Anda setelah dicuci sama pentingnya dengan rutinitas pembersihan. Karena kaki lembab adalah tempat berkembang biaknya bakteri dan penyakit.
3. Langkah penting lainnya untuk menjaga kebersihan kaki Anda adalah dengan mengenakan kaus kaki segar, bersih, dan kering setiap hari. Faktanya, orang yang banyak berkeringat harus melangkah lebih jauh dan mengganti kaus kaki mereka lebih dari sekali sehari.
4. Jangan memakai alas kaki yang sama selama beberapa hari berturut-turut.
5. Kenakan sepatu yang memiliki cukup ruang untuk sirkulasi udara di dalamnya.  Bahan alas kaki Anda juga memainkan peran penting dalam menjaga kaki Anda tetap berventilasi dengan baik.
6. Memotong, membersihkan, dan mengikir kuku Anda secara teratur merupakan langkah mendasar dari kebersihan podiatrik dasar.
7. Trik lain yang aman dan mudah untuk mengurangi bau kaki adalah bedak bayi. Bedak bayi dapat membantu menyerap keringat dan kelembaban dari kaki Anda dan, sebagai hasilnya, menggagalkan pertumbuhan bakteri penghasil bau.

Memiliki kaki yang jauh dari bau tidak sedap, tentu saja penting. Namun, Anda juga harus memastikan alas kaki seperti sepatu atau sandal Anda jauh dari bau tidak sedap.

Terdapat beberapa cara menghilangkan bau sepatu menggunakan bahan alami yang ada di di rumah Anda. Selain mudah ditemukan, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan tersebut ketika dibutuhkan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda gunakan:

● Kantong teh
Kantong teh hitam biasa berfungsi sangat baik untuk menghilangkan bau dari sepatu Anda. Tanin yang terdapat di dalam teh hitam dapat membunuh bakteri dan mampu menghilangkan bau.
1. Untuk menggunakannya, Anda cukup rebus kantong teh hitam selama sekitar dua menit dan kemudian keluarkan dari air dan biarkan dingin.
2. Setelah dingin, letakkan kantong teh di sepatu Anda selama sekitar satu jam.
3. Keluarkan kantong teh dan kemudian keluarkan cairan yang tersisa di dalam sepatu dengan lap kering.

● Cat litter berbasis silika
Cat litter berbasis silika sangat membantu dalam mengeluarkan bau dari sepatu, karena silika adalah pewangi yang juga berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari sepatu Anda. Ambil cat litter secukupnya dan taburkan ke sepatu Anda di malam hari. Biarkan semalaman dan buang cat litter keesokan paginya.

● Masukan sepatu ke dalam freezer
Anda dapat letakkan sepatu Anda ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup. Lalu biarkan dalam freezer semalaman, hal ini berfungsi dalam membantu membunuh bakteri pada sepatu Anda.

Terdapat banyak cara menghilangkan untuk menghilangkan bau pada sepatu, dari cara alami sampai produk yang dapat Anda beli di toko. Namun Anda juga harus memahami, bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga sepatu dari bau tidak sedap adalah dengan menjaga kaki tetap bersih.